Analisis Kesalahan Penulisan Judul pada Berita Online Karawangpost.Com dan Purwakartanews.Com
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesalahan penulisan judul pada berita online Karawangpost.com dan Purwakartanews.com. Tujuan penelitian mendeskripsikan perbandingan hasil analisis kesalahan berbahasa yang ditemukan pada penulisan judul berita online Karawangpost.com dan Purwakartanews.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah berita online Karawangpost.com dan Purwakartanews.com, data yang ditemukan pada berita online tersebut terdapat kesalahan penulisan judul berupa kesalahan berbahasa pada Ejaan (PUEBI), penggunaan kata perangkai dan kalimat tidak baku. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, studi pustaka, dan klasifikasi data pada 40 data dari 21 judul berita online Karawangpost.com dan 19 judul berita online Purwakartanews.com dalam rubrik nasional isu lalu lintas dan kriminal. Teknik analisis data menggunakan teknik agih sisip, teknik lesap dan baca markah. Hasil analisis penelitian menunjukkan perbandingan kesalahan penulisan judul berita online Karawangpost.com memiliki keseluruhan kesalahan dari Ejaan (PUEBI), Kata Perangkai, Kalimat Tidak Baku yaitu sejumlah 31 kesalahan sedangkan Purwakartanews.com memiliki 41 kesalahan.
Downloads
References
Arsanti, M. (2017). Kecenderungan Pemilihan Topik dan Analisis Kesalahan Penulisan Judul Esai Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Sebuah Kajian MKU Bahasa Indonesia). Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(1), 1–13.
Devianty, R. (2021). Penggunaan Kata Baku Dan Tidak Baku Dalam Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(2), 121–132. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/article/view/1136
Fitriani, A. Y. R., & Rahmawati, L. E. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Dan Huruf Miring Dalam Teks Berita Online Detiknews Dan Tribunnews. Bahastra, 40(1), 10–19. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.14695
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Warella, S. Y. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. In Yayasan Kita Menulis.
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepublish.
Hidayat, P., Sudiana, I. N., & Tantri, A. A. S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Berita Detik Finance dan Detik News. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 318–326. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.36926
Kadir, I. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Melalui Metode Drill Di Kelas IV SDN 1 Telaga Biru Kecamatan Popayato. Skripsi: Universitas Negeri Gorontalo.
Karim, A. A., & Faridah, S. (2022). Transformasi Cerita Rakyat Ronggeng Rawagede Ke Dalam Siniar Misteri Dibalik Ronggeng Karawang. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Karim, A. A., & Hartati, D. (2022). Peristiwa Literasi dalam Novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie dan Merakit Kapal Karya Shion Miura. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 949–966. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.515
Karim, A. A. (2022). Identitas Lokal dan Nilai Budaya Bali dalam Kumpulan Naskah Drama Anak Bulan Kuning Karya Anom Ranuara. Sastra Dan Anak Di Era Masyarakat 5.0 Menguatkan Karakter Nasional Berwawasan Global, 1, 15–28.
Latif, H. D. (2022). Media Sosial, Suatu Alternatif. Elex Media Komputindo.
Lestari, G. (2016). Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia di Tengah Kehidupan Sara. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(1), 31–37.
Manshur, A., & Hambali, I. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Indonesia Institut Agama Islam Darussalam Angkatan 2020. Jurnal PENEROKA, 2(2), 234–250.
Mondry. (2016). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Mudisthira, D., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2019). Kebakuan Kata dalam Menulis Teks Undangan Resmi. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.17980
Munawaroh, S., Karim, A. A., & Setiawan, H. (2022). Senyapan dan Selip Lidah dalam Acara Debat Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang 2020. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2306–2315. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2474
Noviyanti, D., Karim, A. A., Nurfadilah, A., Munawaroh, S., Aghnia, S. F., & Yuliani, Y. (2020). Meningkatan Daya Pemahaman Melalui Media Cerita Pendek Siswa Kelas VIII SMP Alam Karawang. PROCEEDINGS UNIVERSITAS PAMULANG, 1(2).
Nurfitriani, A. I., Karim, A. A., Hartati, D., & Pratiwi, W. D. (2022). Dokumentasi Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek #ProsaDiRumahAja. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1315–1322. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2143
Nurhasanah, N. (2014). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia. Forum Ilmiah, 11(1), 15–21.
Paramitha, G., & Karim, A. (2022). Analisis Framing Berita Penembakan Jurnalis AS di Ukraina pada CNNIndonesia.com dan Sindonesws.com. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 376–383. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6504844
Puspitasari, A. (2017). Menumbuhkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Pendidikan dan Pengajaran. Tamaddun, 16(2), 81–87.
Rahman, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Resmi Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Komponen Masyarakat Belajar. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(1), 15–26. https://doi.org/10.25157/wa.v8i1.4678
Ramadhania, A. D., Karim, A. A., Wardani, A. I., Ismawati, I., & Zackyan, B. C. (2022). Revitalisasi Sasakala Kaliwedi ke dalam Komik sebagai Upaya Konservasi Cerita Rakyat Karawang. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3531–3540. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2655
Ritonga, S. (2019). Implementasi Komunikasi Islam dalam Komunikasi Terapeutik bagi Penyembuhan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Di Kota Medan. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Sari, S., Andra, V., & Friantary, H. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Surat Kabar Radar Bengkulu Edisi April 2022. JPI: Jurnal Pustaka Indonesia, 2(3), 153–161. https://siducat.org/index.php/jpi/article/view/464
Satori, D., & Komariah, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.
Sihabuddin, S. I. (2019). Terampil Berbicara dan Menulis Untuk Mahasiswa, Guru, Dosen, dan Umum. Araska Publisher.
Subakti, H., Permadi, Y. A., Juliana, J., Syam, S., Komalasari, D., Sultoni, A., ... & Avicenna, A. (2021). Asas Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.
Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). SISTEM FONOLOGI BAHASA TAE (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60.
Supriyana, A., Azmin, G. G., Nureriyani, R., & Rahmawati, A. (2015). Pelatihan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Dan Kalimat Efektif Pada Penulisan Surat Resmi Bagi Guru Sekolah Dasar Di Jakarta Timur. Sarwahita, 12(1), 5–10. https://doi.org/10.21009/sarwahita.121.02
Verlinda, D., Salamah, S., & Hakim, L. N. (2019). Perubahan Ejaan Bahasa Indonesia Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung, 1(1), 119–130.
Copyright (c) 2023 Aca Suhendar, Dewi Herlina Sugiarti, Sinta Rosalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.