Analisis Tindak Tutur Perlokusi dalam Iklan Tokopedia x BTS dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Materi Teks Iklan, Slogan, dan Poster di Sekolah Menengah Pertama

  • Dinda Ardiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sinta Rosalina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Slamet Triyadi Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Tindak tutur Perlokusi, Iklan, Tokopedia x BTS, Bahan Ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam iklan Tokopedia x BTS, (2) mendeskripsikan fungsi tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam iklan Tokopedia x BTS, (3) mendeskripsikan relevansi hasil analisis tindak tutur perlokusi dalam iklan Tokopedia x BTS sebagai bahan ajar materi teks iklan, slogan, dan poster di Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Peneliti memilih sebanyak sebelas iklan Tokopedia yang dipilih berdasarkan konteks dan tuturannya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data antara lain teknik dokumentasi; teknik simak; dan teknik catat. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini model analisis data interaktif. Hasil penelitian yang ditemukan sebagai berikut. Pertama, bentuk tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam penelitian ini adalah sebanyak lima jenis, yaitu (1) tindak tutur representatif sebanyak 49 tuturan, (2) tindak tutur  direktif sebanyak 16 tuturan, (3) tindak tutur ekspresif sebanyak 6 tuturan, (4) tindak tutur komisif sebanyak 4 tuturan, dan (5) tindak tutur deklaratif sebanyak 2 tuturan. Kedua, fungsi tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam penelitian ini terdapat empat jenis, yaitu (1) fungsi kompetitif sebanyak 12 tuturan, (2) fungsi konvival sebanyak 35 tuturan, (3) fungsi kolaboratif sebanyak 23 tuturan, dan (4) fungsi konfliktif sebanyak 2 tuturan. Ketiga, hasil analisis pada penelitian ini berelevansi sebagai bahan ajar materi teks iklan, slogan, dan poster di Sekolah Menengah Pertama berupa handout yang disesuaikan dengan kompetensi dasar 3.3 dan 4.3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen

E. kosasih. (2017). Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII, Kemendikbud, Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Budaya.

Hariningsih, Endang. (2013). Internet Advertising Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Interaktif. Vol. 1. No.2; 12-16.

Hermaji, Bowo. (2021). Teori Pragmatik, Edisi Revisi. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Jaya, I Made Laut Mertha. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.

Leech, Geoffrey. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Terjemahan M.D.D. Oka. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moriarty Sandra, Nancy Mitchell, & William Wells. (2011). Advertising. Jakarta: Kencana.

Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Suparman, S. (2021). Split pada Bahasa Bugis dan Bahasa Tae. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 167-174.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.

Published
29-11-2022
How to Cite
Ardiyanti, D., Rosalina, S., & Triyadi, S. (2022). Analisis Tindak Tutur Perlokusi dalam Iklan Tokopedia x BTS dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Materi Teks Iklan, Slogan, dan Poster di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 866-877. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2076
Section
Articles