Analisis Kejiwaan Tokoh Nuning dalam Naskah Drama Nuning Bacok Karya Andy Sri Wahyudi (Kajian Psikologi Sastra)

  • Farida Nur Safitri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Suntoko Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wienike Dinar Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Naskah Drama, Psikologi Sastra, Kejiwaan, Struktur Kepribadian, Mekanisme Pertahanan dan Konflik

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkapkan kejiwaan tokoh Nuning dalam naskah drama Nuning Bacok karya Andy Sri Wahyudi dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Kajian ini dibagi menjadi dua pokok pembahasan yaitu; 1) Struktur kepribadian, dan 2) Mekanisme pertahanan dan konflik. Dua pokok pembahasan tersebut digunakan untuk mengungkapkan kejiwaan dari tokoh Nuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah naskah drama Nuning Bacok karya Andy Sri Wahyudi yang diterbitkan dalam buku antologi drama yang berjudul Dramaturgi Rasa 10 Lakon Lelakon 2020 pada tahun 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian kepustakaan dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Baca-Catat. Hasil penelitian dibagi menjadi dua pokok pembahasan yaitu yang petama adalah pembahasan struktur kepribadian tokoh Nuning dan  ditemukan tiga struktur yaitu; 1) Id, 2) Ego, dan 3) Superego. Pokok pembahasan yang kedua adalah mekanisme pertahanan dan konflik yang terjadi dalam diri tokoh Nuning. Dalam naskah drama Nuning Bacok ditemukan lima mekanisme pertahanan dan konflik yang ada dalam diri tokoh Nuning yaitu; 1) Represi, 2) Sublimasi, 3) Rasionalisasi (Rationalization), 4) Reaksi Formasi (Reaction Formation), dan  5) Agresi dan Apatis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abe, Muhammad, dkk. (2020). Dramaturgi Rasa 10 Lakon Lelakon 2020. Yogyakarta. Kalabuku.

Ahmadi, Anas. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya. Unesa University Press.

Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Endraswara, Suwardi. (2014). Metode Pembelajaran Drama Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. Jakarta. CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Melati, T. S., Warisma, P., & Ismayani, M. (2019). Analisis Konflik Tokoh dalam Novel Rindu Karya Tere Liye Berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(2), 229-238.

Minderop, Albertine. (2011). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Piliang, W. S. H. (2016). Mekanisme Pertahanan Diri Tokoh Sentral dalam Antologi Cerpen “Cerita Pendek Tentang Cerita Cinta Pendek” Karya Djenar Maesa Ayu (Kajian Psikologi Sastra). PEKA, 4(2), 164-170.

Riantiarno, N. (2011). Kitab Teater Tanya Jwab Seputar Seni Pertunjukkan. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Susantono, Nurul P. (2016). Produksi Drama Musikal dari Ide ke Panggung. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Wulandari, A. (2013). Perwatakan Tokoh Utama dalam Novel Cintrong Paju-Pat Karya Suparto Brata (Sebuah Kajian Psikologi Sastra)”. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zaenuri, A. (2008). Estetika Ketidaksadaran: Konsep Seni Menurut Psikoanalisis Sigmund Freud. Imajinasi, 4(2).

Published
30-10-2021
How to Cite
Safitri, F. N., Suntoko, & Pratiwi, W. D. (2021). Analisis Kejiwaan Tokoh Nuning dalam Naskah Drama Nuning Bacok Karya Andy Sri Wahyudi (Kajian Psikologi Sastra). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 650-662. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1353
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)