Analisis Kejiwaan Tokoh Nuning dalam Naskah Drama Nuning Bacok Karya Andy Sri Wahyudi (Kajian Psikologi Sastra)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkapkan kejiwaan tokoh Nuning dalam naskah drama Nuning Bacok karya Andy Sri Wahyudi dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Kajian ini dibagi menjadi dua pokok pembahasan yaitu; 1) Struktur kepribadian, dan 2) Mekanisme pertahanan dan konflik. Dua pokok pembahasan tersebut digunakan untuk mengungkapkan kejiwaan dari tokoh Nuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah naskah drama Nuning Bacok karya Andy Sri Wahyudi yang diterbitkan dalam buku antologi drama yang berjudul Dramaturgi Rasa 10 Lakon Lelakon 2020 pada tahun 2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian kepustakaan dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Baca-Catat. Hasil penelitian dibagi menjadi dua pokok pembahasan yaitu yang petama adalah pembahasan struktur kepribadian tokoh Nuning dan ditemukan tiga struktur yaitu; 1) Id, 2) Ego, dan 3) Superego. Pokok pembahasan yang kedua adalah mekanisme pertahanan dan konflik yang terjadi dalam diri tokoh Nuning. Dalam naskah drama Nuning Bacok ditemukan lima mekanisme pertahanan dan konflik yang ada dalam diri tokoh Nuning yaitu; 1) Represi, 2) Sublimasi, 3) Rasionalisasi (Rationalization), 4) Reaksi Formasi (Reaction Formation), dan 5) Agresi dan Apatis.
Downloads
References
Abe, Muhammad, dkk. (2020). Dramaturgi Rasa 10 Lakon Lelakon 2020. Yogyakarta. Kalabuku.
Ahmadi, Anas. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya. Unesa University Press.
Alwisol. (2018). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Endraswara, Suwardi. (2014). Metode Pembelajaran Drama Apresiasi, Ekspresi, dan Pengkajian. Jakarta. CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Melati, T. S., Warisma, P., & Ismayani, M. (2019). Analisis Konflik Tokoh dalam Novel Rindu Karya Tere Liye Berdasarkan Pendekatan Psikologi Sastra. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(2), 229-238.
Minderop, Albertine. (2011). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Piliang, W. S. H. (2016). Mekanisme Pertahanan Diri Tokoh Sentral dalam Antologi Cerpen “Cerita Pendek Tentang Cerita Cinta Pendek” Karya Djenar Maesa Ayu (Kajian Psikologi Sastra). PEKA, 4(2), 164-170.
Riantiarno, N. (2011). Kitab Teater Tanya Jwab Seputar Seni Pertunjukkan. Jakarta. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Susantono, Nurul P. (2016). Produksi Drama Musikal dari Ide ke Panggung. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Wulandari, A. (2013). Perwatakan Tokoh Utama dalam Novel Cintrong Paju-Pat Karya Suparto Brata (Sebuah Kajian Psikologi Sastra)”. Universitas Negeri Yogyakarta.
Zaenuri, A. (2008). Estetika Ketidaksadaran: Konsep Seni Menurut Psikoanalisis Sigmund Freud. Imajinasi, 4(2).
Copyright (c) 2021 Farida Nur Safitri, Suntoko, Wienike Dinar Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.