Penggunaan Media Flash Player untuk Meningkatkan Keterampilan Berpidato Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai
Abstract
Penelitian ini adalah tindakan kelas (Action Research Classroom) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media flash player dalam meningkatkan keterampilan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan media flash layer dalam meningkatkan keterampilan berpidato siswa yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes hasil belajar berpidato pada siswa di setiap akhir siklus, data tentang proses belajar mengajar diambil melalui lembar observasi. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskripti kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Data hasil analisis kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 59,66 dengan standar deviasi 11,32 dan pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 72,24 dengan standar deviasi 12,20 dengan skor maksimal 100. Sedangkan secara kualitatif terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu ditandai dengan meningkatnya kehadiran siswa, keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, semakin banyak siswa yang memperhatikan penjelasan guru, semakin banyak siswa yang mengajukan pertanyaan dan semakin banyaknya siswa yang mampu memecahkan masalah, semakin berkurangnya siswa yang meminta bimbingan dan meminta dijelaskan tentang suatu konsep serta semakin berkurangnya siswa yang memperhatikan hal-hal diluar jam pelajaran.
Downloads
References
Adidharmodjo, Gunawan Wibisono. 1989. Renda-Renda Bahasa. Bandung: Perceratakan Offset Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 1997. Metode Penelitian untuk ilmu-ilmu prilaku. Jakarta: Bumi Aksara.
Djago, Tarigan, dkk. 1997. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud.
Emzier. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hastuti, Sri, dkk. 1985. Kemampuan Berbahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar VI Kotamadya Surabaya. Jakarta: Depdiknas.
Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Maidar, Arsjad, G. dan Mukti. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Munirah. 2010. Model dan Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Makassar: Unismuh Makassar.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Copyright (c) 2021 Muhammad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.