Penggunaan Media Flash Player untuk Meningkatkan Keterampilan Berpidato Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai

  • Muhammad Dahlan Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: keterampilan berpidato, media flash player

Abstract

Penelitian ini adalah tindakan kelas (Action Research Classroom) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media flash player dalam meningkatkan keterampilan berpidato siswa kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan media flash layer dalam meningkatkan keterampilan berpidato siswa yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes hasil belajar berpidato pada siswa di setiap akhir siklus, data tentang proses belajar mengajar diambil melalui lembar observasi. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskripti kuantitatif dan deskriptif kualitatif.

Data hasil analisis kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 59,66 dengan standar deviasi 11,32 dan pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 72,24 dengan standar deviasi 12,20 dengan skor maksimal 100. Sedangkan secara kualitatif terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu ditandai dengan meningkatnya kehadiran siswa, keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, semakin banyak siswa yang memperhatikan penjelasan guru, semakin banyak siswa yang mengajukan pertanyaan dan semakin banyaknya siswa yang mampu memecahkan masalah, semakin berkurangnya siswa yang meminta  bimbingan dan meminta dijelaskan tentang suatu konsep serta semakin berkurangnya siswa yang memperhatikan hal-hal diluar jam pelajaran.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adidharmodjo, Gunawan Wibisono. 1989. Renda-Renda Bahasa. Bandung: Perceratakan Offset Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 1997. Metode Penelitian untuk ilmu-ilmu prilaku. Jakarta: Bumi Aksara.

Djago, Tarigan, dkk. 1997. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud.

Emzier. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hastuti, Sri, dkk. 1985. Kemampuan Berbahasa Indonesia Murid Sekolah Dasar VI Kotamadya Surabaya. Jakarta: Depdiknas.

Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Maidar, Arsjad, G. dan Mukti. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Munirah. 2010. Model dan Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Makassar: Unismuh Makassar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1979. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Published
15-10-2021
How to Cite
Muhammad Dahlan. (2021). Penggunaan Media Flash Player untuk Meningkatkan Keterampilan Berpidato Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 367-374. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1207
Section
Articles