Penerapan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Biologi Materi Pembelahan Sel Kelas XII SMA Negeri Kangae

Authors

  • Maria YasintaSa Universitas Nusa Nipa
  • Yohanes Nong Bunga Universitas Nusa Nipa
  • Yohanes Boli Tematan Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6672

Keywords:

Augmented Reality (AR), Assemblr Edu, Learning Media, Cell Division

Abstract

Pada era digital 4.0 teknologi memainkan peran penting dalam dunia pendidikan, berbagai informasi mudah diakses melalui smartphone. teknologi AI dapat diterapkan sebagai media penunjang pembelajaran di kelas agar tujuan pembelajaran tetap bermutu.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknologi Augmented Reality berbasis Assemblr Edu terhadap hasil belajar dan respon peserta didik pada materi pembelahan sel di kelas XII SMA Negeri Kangae. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain Nonquivalent Control Group. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas XII MIA dan XII IIS, dengan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel, yakni kelas XII-MIA sebagai kelas kontrol dan XII-IIS sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif dengan instrumen berupa 23 soal pilihan ganda yang mencakup pre-test dan post-test. Analisis hasil belajar menggunakan rumus Normalized Gain (N-Gain) dan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada materi pembelahan sel berada dalam kategori rendah dan kurang efektif, sehingga metode ini dinilai kurang tepat diterapkan untuk kelas XII SMA Negeri Kangae T.A 2024/2025. Namun, respon peserta didik terhadap penggunaan media ini sangat positif dan menarik. Oleh karena itu, Augmented Reality berbasis Assemblr Edu dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang interaktif dan inovatif, khususnya dalam memvisualisasikan konsep abstrak seperti pembelahan sel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Lindgren, R., Morphew, J. W., Kang, J., Planey, J., & Mestre, J. P. (2022). Learning and transfer effects of embodied simulations targeting crosscutting concepts in science. Journal of Educational Psychology, 114(3), 462–481. https://doi.org/10.1037/edu0000697

Lino Padang, F. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.38-46

Mansour, N., Aras, C., Staarman, J. K., & Alotaibi, S. B. M. (2025). Embodied learning of science concepts through augmented reality technology. Education and Information Technologies, 30(6), 8245–8275. https://doi.org/10.1007/s10639-024-13120-0

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/view/13267

Nengsih, N., Eka, A. E. S., & Sunandar, A. (2023). Development of augmented reality learning media based on assemblr studio web in ecosystem material. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i2.25251

Permana, T. I., Husamah, H., Nurhamdani, M. I., Zaskia, A., Savitri, A., & Salsabila, D. A. (2024). Augmented reality in biology education: A systematic literature review. Research and Development in Education (RaDEn), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/raden.v4i1.32636

Pratiwi, H., Elisa, M., Ariyani, M., & Harahap, M. (n.d.). LITERASI DIGITAL SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

Sugiyono, Dr. P. (2017). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Wahyuni, E., Maulida, M., Hamama, S. F., Samsuar, S., & Zamzami, Z. (2024). Penerapan Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality (ar) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelahan Sel. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i2.4941

Wiweka, I. K. A. Y., Widiana, I. W., & Bayu, G. W. (2024). Transforming Science Learning with Augmented Reality: The Impact of Assemblr Edu on Cognitive Dissonance and Thinking Skills. Jurnal Edutech Undiksha, 12(2), 399–408. https://doi.org/10.23887/jeu.v12i2.91225

Wu, H.-K., Lee, S. W.-Y., Chang, H.-Y., & Liang, J.-C. (2013). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers & Education, 62, 41–49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.024

Zulfa, N. A., & Mujazi, M. (2022). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap konsentrasi belajar siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 574. https://doi.org/10.29210/30032126000

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

YasintaSa, M., Nong Bunga, Y., & Boli Tematan, Y. (2025). Penerapan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Biologi Materi Pembelahan Sel Kelas XII SMA Negeri Kangae. Jurnal Biogenerasi, 10(2), 1631–1638. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i2.6672