Inovasi Pembelajaran Etnobotani melalui E-Modul: Studi Analisis Persepsi Mahasiswa pada Keanekaragaman Tumbuhan dalam Prosesi Pernikahan Adat Bugis

Authors

  • Ahmad Yani Universitas Terbuka
  • Leonard Raden Hutasoid Universitas Terbuka
  • Mutmainnah Almawaddah Universitas Terbuka
  • Syamsu Rijal Universitas Puangrimaggalatung

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4537

Keywords:

Etnobotani, e-modul, prosesi adat Bugis, teknologi digital, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap pengembangan e-modul berbasis etnobotani, dengan fokus pada keanekaragaman tumbuhan yang digunakan dalam prosesi pernikahan adat Bugis. Melalui metode survei deskriptif, 57 mahasiswa program studi pendidikan biologi padasalah satu Univesitas Swasta di Wajo Sulawesi Selatan dilibatkan untuk memberikan pandangan mereka terkait pembelajaran berbasis teknologi ini. Hasil survei menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa (100%) pernah menyaksikan prosesi pernikahan adat Bugis, dan mereka menyadari pentingnya penggunaan tumbuhan dalam acara tersebut. Sebagian besar responden (90%) tertarik dengan pembelajaran berbasis e-modul, terutama yang mengintegrasikan teknologi digital seperti ilustrasi interaktif, video pendek, dan Augmented Reality (AR), yang dinilai sangat membantu dalam memahami materi keanekaragaman tumbuhan. Selain itu, 95% mahasiswa menilai bahwa teknologi digital sangat berperan dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap etnobotani, terutama dengan adanya fitur-fitur yang memperkaya visualisasi materi. Saran yang diberikan mahasiswa mencakup kejelasan konten, relevansi materi, dan aktivitas partisipatif dalam e-modul untuk meningkatkan pengalaman belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis etnobotani tidak hanya membantu memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap materi biologi, tetapi juga berperan penting dalam pelestarian budaya lokal melalui teknologi digital, khususnya terkait prosesi pernikahan adat Bugis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, D., Candramila, W., & Mardiyyaningsih, A. N. (2024). Pengembangan E-Module Pertumbuhan dan Perkembangan Diperkaya Informasi Hubungan Sanitasi Lingkungan dengan Stunting di Desa Jungkat Kabupaten Mempawah. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 12(1), 185-201.
Azzahra, W., Diana, S., Nuraeni, E., Yusni, D., & Andriyatno, I. (2024). Integration of Augmented Reality (AR) in Biology Education: A Systematic Literature Review. The Eurasia Proceedings of Educational and Social Sciences, 61-70.
Firmansyah, T. (2020). Pendidikan Sains Berbasis Teknologi Digital: Peluang dan Tantangan di Indonesia. Indonesian Journal of Science and Technology, 15(3), 130-145.
Flores-Silva, A., Cuevas-Guzmán, R., & Baptista, G. (2024). Ethnobotany as a Tool to Teach Science in Rural Schools: A Case Study in Western Mexico. Journal of Ethnobiology, 02780771241261233.
Hasanah, N. (2021). Inovasi Pembelajaran melalui E-Modul dalam Pendidikan Tinggi: Studi Kasus. Journal of Higher Education, 22(3), 135-150.
Kurniawan, A. (2020). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Dampak dan Tantangan. Journal of Modern Education, 13(4), 200-213.
Kosmas E., Rafael, R., Tupen. (2023). Local wisdom as an environmental conservation endeavor in selalejo village and east selalejo village, mauponggo district, nagekeo regency. International journal of research-granthaalayah, doi: 10.29121/granthaalayah.v11.i9.2023.5327
Mulyadi, M. (2022). Teori Belajar Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran (Inquiry). Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 7(2), 174-174.
Putri, S. (2022). Digital Innovation in Education: The Role of Augmented Reality in Enhancing Learning Engagement. Journal of Educational Research, 18(4), 102-116.
Rahmat, T. (2021). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Berbasis E-Modul. Journal of Educational Technology, 15(3), 89-102.
Salamah S., Suwarto, Suwarto., Pardi, Pardi. (2023). 1. Identification of Plant Species Diversity at SMAN 1 Nguter as Source of Learning Based on Local Potential. Jurnal Biologi Tropis, doi: 10.29303/jbt.v23i2.4433
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahyuni, A. (2020). Etnobotani dalam Prosesi Adat Pernikahan di Indonesia. Indonesian Journal of Culture, 12(1), 45-56.
Yazidi, R., & Rijal, K. (2024). Science Learning in the Context of'Indigenous Knowledge'for Sustainable Development. International Journal of Ethnoscience and Technology in Education, 1(1), 28-41.

Downloads

Published

2024-09-10

How to Cite

Yani, A. ., Raden Hutasoid, L. ., Almawaddah, M. ., & Rijal, S. . (2024). Inovasi Pembelajaran Etnobotani melalui E-Modul: Studi Analisis Persepsi Mahasiswa pada Keanekaragaman Tumbuhan dalam Prosesi Pernikahan Adat Bugis. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 227–232. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4537