STUDI PENDAHULUAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWTOON.COM

Main Article Content

Husna
Muhammad Arafah
Ahmad Yani
Syamsu Rijal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis powtoon.com yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan dan lebih menarik dan menyenangkan. Studi pendahuluan dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian survey, dengan teknik wawancara dan penyebaran angket dalam bentuk google form kepada siswa sekolah menengah atas (SMA) di kecamatan yaitu Tempe. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA UPT SMA Negeri 1 Wajo. Penentuan jumlah sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa 100% siswa menyatakan bahwa multimedia interaktif berbasis powtoon.com penting untuk dikembangkan dan diterapkan dalam proses pembelajaran, 80,6% guru masih belum pernah menggunakan multimedia interaktif dimana masih menggunakan media sederhana. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran nyata mengenai perlunya pengembangan multimedia interaktif berbasis powtoon.com.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Husna, Arafah, M., Yani, A., & Rijal, S. (2022). STUDI PENDAHULUAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWTOON.COM . Jurnal Biogenerasi, 7(2), 68 - 74. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1784
Section
Articles

References

Arda, Sahrul S., & Darsikin. (2015). PengembanganMedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. e-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69-77.
Budiman Haris. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, (8), 75-83
Baharuddin & Daulay, I. (2017). The Development of Computer-Based Learning Media at a Vocational High School. International Journal of GEOMATE12 (30), 96-101.
Puspita, S., A., & Setiawan, A. (2018). The Development of Internet-Based Economic Learning Media using Moodle Approach. International Journal of Active Learning 3(2), 100- 109.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, 2007. Jakarta.
Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015). Making existing production systems Industry 4.0-ready. Production Engineering, 9(1), 143-148.
Kaniawati, I. (2017). Pengaruh Simulasi Komputer terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep ImpulsMomentum Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Sains 1(1), 24-26.
Novianto, L. A., Sudana, I. N. D., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. JKTP 1(3), 256-263.
Syahdiani, Kardi S., Sanjaya I. G. M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 727-741.
Wira, S., K., O., Wirya I N., & Parmiti D., P. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Seririt. e- Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha 3(1).