RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI GOOGLE CLASSROOM

  • ridha yulyani wardhi
Keywords: google classroom, respon mahasiswa, pembelajaran online

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif quantitatif. Peneliti menggunakan angket untuk menggali informasi dari para responden terkait penggunaan aplikasi google classroom pada pembelajaran berbasis online. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Kelas A Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun Ajaran 2019/2020. Jumlah mahasiswa semester IV adalah 29 orang yang terdiri atas satu kelas. Teknik pegambilan sampel yang dilakukan dalam penlitian ini adalah dengan teknik total sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat 12 responden (42.86%) yang merespon sangat positif, 14 responden (50%) merespon yang merespon positif dan 2 responden (7.14%) yang merespon cukup terhadap penggunaan aplikasi google classroom. Sementara itu, skor rata-rata jawaban mahasiswa adalah 77.29 dan diklasifikasikan kedalam kategori positif. Dari Skor rata-rata tersebut, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi google classroom pada pembelajaran online untuk mata kuliah Biologi mendapat respon yang baik dari para mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Gunawan, F.I. & Sunarman, S.G., (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Peserta didik SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Hakim, A.B., (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1)
Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah. Cirebon: SMA Negeri 1 Losari.
Rozak Dan Azkia M. Albantani. 2018. “Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google classroom”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5(1), 83-102.
Filippova, Tatyana. 2015. “Priority Fields of E-Learning Development in Russia”. Procedia - Social and Behavioral Sciences 206 (November). Elsevier B.V.:348–53. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.063.
Rochman, Fathur. 2014. “Binus Online Learning, Kuliah Tanpa Harus Ke Kampus”. Kompas.com.2014.http://edukasi.kompas.com/read/2014/10/02/14094781/Binus.Online.Learnin g.Kuliah.Tanpa.Harus.ke.Kampus.
Hammi, Zedha. (2017). Implementasi Google classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang.
Published
18-09-2020
How to Cite
yulyani wardhi, ridha. (2020). RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI GOOGLE CLASSROOM. Jurnal Biogenerasi, 5(2), 38 - 49. Retrieved from https://e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/353