PERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Main Article Content

Mutmainna Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap implementasi Kurikulum Merdeka yang dikaji dari tiga aspek, yaitu implementasi konsep merdeka belajar, struktur kurikulum merdeka, dan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dalam bentuk google form yang disebar ke 64 orang siswa kelas X di UPT SMAN 9 Jeneponto. Berdasarkan hasil analisis angket diperoleh hasil persepsi siswa pada aspek implementasi konsep merdeka belajar yaitu berada pada kategori Sangat Baik dengan persentase rata-rata sebesar 82%, aspek struktur kurikulum merdeka dengan kategori Baik yaitu sebesar 66%, dan aspek proyek penguatan profil pelajar pancasila  dengan kategori Baik yaitu sebesar 73%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Ekawati, M. (2024). PERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA . Jurnal Biogenerasi, 9(1), 657 - 663. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3400
Section
Articles

References

Adiyanta, F. S. (2019). Hukum dan studi penelitian empiris: Penggunaan metode survey sebagai instrumen penelitian hukum empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4), 697-709.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Fahira, W. R. (2022). Persepsi siswa kelas X terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran IPS di SMA 1 Bukit Sundi. Jurnal Eduscience, 9(3), 902-909.Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan tantangan implementasi kurikulum merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education, 5(4), 17308-17313.
Ismailia, F. H. (2023). Persepsi Siswa terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka pada Kelas X di SMA Plus Assalaam Bandung. (Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/113752/
Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan tantangan implementasi kurikulum merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education, 5(4), 17308-17313.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.