PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ANIMALIA DI SMA NEGERI 2 LUWU

Main Article Content

Sukmawati syam
Fitrah Al Anshori
Dila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul berbasis discovery learning pada materi animalia di SMA Negeri 2 Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang mengacuh pada desain penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Luwu yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon dan tes hasil belajar. Data penelitian diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Uji kevalidan dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian validator ahli media dengan persentase 81,5% dan validator ahli materi dengan persentase 77,07%. (2) Uji kepraktisan dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon guru dan setelah penggunaan e-modul sebesar 82,69% dan respon siswa sebesar 82,85%. (3) uji keefektifan dengan nilai 84,67% (sangat efektif).  Kriteria ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis Discovery Learning valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada materi animalia.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
syam, S., Al Anshori, F., & Dila. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ANIMALIA DI SMA NEGERI 2 LUWU. Jurnal Biogenerasi, 8(2), 452 - 457. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i2.2285
Section
Articles

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arsal, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, hal. 434-442.
Atika Nur Hidayanti, Alben Ambarita, Dwi Yulianti. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran AIR Berorientasi Pada Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika. Skripsi. Universitas Lampung. (https://inomatika.unmuhbabel.ac.id) Diakses 24 September 2022.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media, LLC.
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 4 Kendal pada Kompetensi Dasar Kopling dan Transmisi Manual. Skripsi. Srmarang: Fakultas Teknik-Universitas Negeri Semarang.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Teori dan Praktik Berbagai Model dan
Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: Kakata Group.
Nidya, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Model Inkuiri pada Materi Plantae dan Animalia untuk SMA Kelas X. Tesis. Padang: FMIPA-Universitas Negeri Padang.
Nimah, Maftukhatun dkk. (2017). Kepraktisan dan Keefektifan LKPD berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 9(3).
Purwanto., Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan komunikasi Pendidikan.