PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI SEMESTER VII UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO PADA MATA KULIAH ANALISIS DATA

Authors

  • eva sohriati
  • Nur Muhajirah Yunus
  • Sunarti cambaba universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Metode Demontrasi, Hasil Belajar

Abstract

Demonstrasi adalah cara pengelolaan pembelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, benda, atau cara kerja suatu produk teknologi yang sedang dipelajari. Demontrasi dapat dilakukan dengan menunjukkan benda baik yang sebenarnya, model, maupun tiruannya dan disertai dengan penjelasan lisan. Penelitian ini bertujuan untuk 1.Untuk mengetahui hasil belajar biologi mahasiswa semester VII Universitas Coktoaminoto Palopo yang diajar dengan penerapan metode konvensional, 2. Untuk mengetahui hasil belajar biologi mahasiswa semester VII Universitas Coktoaminoto Palopo yang diajar dengan penerapan Metode Demonstrasi 3. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Demonstrasi terhadap hasil belajar biologi mahasiswa semester VII Universitas Coktoaminoto Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VII pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh secara signifikan penerapan metode demonstrasi  terhadap hasil belajar mahasiswa, hal tersebut terlihat dari nilai kelas yang menggunakan penerapan metode konvensional rata rata 78.84 dan kelas yang menerapkan metode demonstrasi yaitu nilai rata rata 89.02.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-07

How to Cite

sohriati, eva, Yunus, N. M., & cambaba, S. (2020). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI SEMESTER VII UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO PADA MATA KULIAH ANALISIS DATA. Jurnal Biogenerasi, 5(1), 7–22. Retrieved from https://e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/175

Issue

Section

Articles