PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA NEGERI 3 WAJO

Authors

  • Hikmah Nur Fadillah
  • Ismail Universitas Negeri Makassar
  • Andi Mu’nisa Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1722

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem gerak kelas XI SMA Negeri 3 Wajo. Jenis penelitian ini adalah Quasi - Experiment  dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA Semester Genap  SMA Negeri 3 Wajo. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang memiliki karakteristik soal HOTS sebanyak 20 butir soal. Hasil uji statistik menunjukkan nilai rata-rata post-test pada kelas inkuiri berada dalam kategori baik yaitu 80,3704 sedangkan nilai rata-rata post-tes pada kelas konvensional berada dalam kategori cukup dengan nilai 54,40.  Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t Test menunjukkan bahwa nilai model pembelajaran inkuiri signifikan dengan taraf  0,0016 < α yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem gerak kelas XI SMA Negeri 3 Wajo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreni, A & Tegeh, I. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar , 3(1) : 98-106.

Awaliyah, Siti. 2018. Penyusunan Soal Hots Bagi Guru PPKN dan IPS Sekolah Menengah Pertama : Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 1(1) : 46-53.

Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. 2018. Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan : Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.
Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta : Depdiknas.
Iswari, A., Ernawati, S & Tamrin, A.G. 2017. The Comparison on Result of Learning between Using Conventional Learning Model and Team Accelerated Instruction Subject Drawing Building Construction In Class X TGB SMKN 2 Surakarta : Univestitas Sebelas Maret.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta : Kencana Predana Media Group.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Saraswati, Dinda. 2019. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap High Order Thinking Skill (HOTS) Dengan Bantuan Alat Peraga Materi Kalor Dan Perubahannya : Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sari, Fitria Ratna. 2017. Penerapan Model Pembelajaraan Inkuiri Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Thomas, G., & Thorne, A. (2009). How To Increase Higher Level Thinking. Metarie, LA: Center for Development and Learning, 2009, 1–17 diakses melalui:https://doi.org/http://www.cdl.org/resourcelibrary/articles/HOT.php?type=subject&id=18

Vlassi, M., & Karaliota, A. 2013. The Comparison Between Guided Inquiry and Traditional Teaching: Procedia - Social and Behavioral Sciences : 494- 497.

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Nur Fadillah, H., Ismail, & Mu’nisa, A. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA NEGERI 3 WAJO. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 197–205. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1722