The Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Stuktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Stuktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1702Keywords:
Hasil Belajar, Kooperatif, Model Pembelajaran, Tipe Kepala Bernomor StrukturAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur. Pendekatan penelitian adalah Deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan prosedur kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek yang diteliti ialah peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 2 Wewewa Timur yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam pembelajaran IPA, baik pada aktivitas guru dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA. Skor pencapaian rerata prasiklus sebesar 60,3 dan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebesar 74. Pada siklus I diperoleh skor pencapaian rerata hasil belajar IPA sebesar 75,5 berada pada kategori cukup dan pada siklus II diperoleh skor rerata 83,3 telah mencapai KKM yang telah ditentukan dan berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Wewewa Timur.
Downloads
References
Azhar. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Dapat Meningkatkan hasl belajar materi sejarah Sebagai Ilmu Perstiwa, Kisah dan Seni Pada Siswa Kelas X-IIS SMAN 1 Kejuruan Muda. Junal Media Inovasi Edukasi, 03(11), 615.
Dahniar. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Berstruktur Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas VI SDN 029 Sungai Pinang Kabupaten Kampar. Jurnal Fajar (Pendidikan dan Pengajaran), 2(6), 957–962. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6537
Faridah, Hardianto, & Nurrahmawati. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Structed Numbered Heads (SNH) terhadap hasil belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo, 2(1), 1.
Febryanti, & Ahmad, H. (2019). Pengaruh Model Kepala Bernomor Struktur Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Irha, M. F., Kamaruddin, T., & Harun, M. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(1), 120–130.
Khamri, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa pada Materi Kerjasama Negara-Negara Asia Tenggara di Kelas VI SDN. No.013/XI Sumur Anyir Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(1), 9.
Maharani, B. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Bagi Kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya. Hearder halaman genap, 01(01), 216.
Rafiqah, & Adawiyah, S. R. (2018). EFektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 110. Diambil dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika%0AISSN
Rahayu, S., Asran, M., & Halidjah, S. (2016). Penerapan teknik kepala bernomor dalam pembelajaran ips terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar.
Sholihah, I. (2020). Peningkatan Ketrampilan Berbicara Dalam Menanggapi Pembacaan Cerpen Melalui Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur Pada Peserta Didik Di MTsN 4 Jombang. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 149–155.
Sofiah, R. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa SMPN 3 Kota Tanggerang Selatan. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.