The Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Stuktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Stuktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1702

Keywords:

Hasil Belajar, Kooperatif, Model Pembelajaran, Tipe Kepala Bernomor Struktur

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur. Pendekatan penelitian adalah Deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan prosedur kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek yang diteliti ialah peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 2 Wewewa Timur yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam pembelajaran IPA, baik pada aktivitas guru dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA. Skor pencapaian rerata prasiklus sebesar 60,3 dan kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebesar 74. Pada siklus I diperoleh skor pencapaian rerata hasil belajar IPA sebesar 75,5 berada pada kategori cukup dan pada siklus II diperoleh skor rerata 83,3 telah mencapai KKM yang telah ditentukan dan berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Struktur dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Wewewa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Vidriana Bano, UNIVERSITAS KRISTEN WIRA WACANA SUMBA

Pendidikan Biologi

References

Asriaty. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia Siswa Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 4 Parepare. Jurnal Pemeikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 77.
Azhar. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Dapat Meningkatkan hasl belajar materi sejarah Sebagai Ilmu Perstiwa, Kisah dan Seni Pada Siswa Kelas X-IIS SMAN 1 Kejuruan Muda. Junal Media Inovasi Edukasi, 03(11), 615.
Dahniar. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Berstruktur Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas VI SDN 029 Sungai Pinang Kabupaten Kampar. Jurnal Fajar (Pendidikan dan Pengajaran), 2(6), 957–962. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6537
Faridah, Hardianto, & Nurrahmawati. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Structed Numbered Heads (SNH) terhadap hasil belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Rambah Samo, 2(1), 1.
Febryanti, & Ahmad, H. (2019). Pengaruh Model Kepala Bernomor Struktur Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Irha, M. F., Kamaruddin, T., & Harun, M. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(1), 120–130.
Khamri, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Siswa pada Materi Kerjasama Negara-Negara Asia Tenggara di Kelas VI SDN. No.013/XI Sumur Anyir Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(1), 9.
Maharani, B. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Bagi Kelas VIII SMP Negeri 43 Surabaya. Hearder halaman genap, 01(01), 216.
Rafiqah, & Adawiyah, S. R. (2018). EFektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 110. Diambil dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika%0AISSN
Rahayu, S., Asran, M., & Halidjah, S. (2016). Penerapan teknik kepala bernomor dalam pembelajaran ips terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar.
Sholihah, I. (2020). Peningkatan Ketrampilan Berbicara Dalam Menanggapi Pembacaan Cerpen Melalui Model Pembelajaran Kepala Bernomor Struktur Pada Peserta Didik Di MTsN 4 Jombang. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 149–155.
Sofiah, R. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa SMPN 3 Kota Tanggerang Selatan. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

DAI KOI, Y., & Bano, V. O. (2022). The Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Stuktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Stuktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 225–230. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1702