Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Media Film Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palopo

  • Marlia Marlia Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: menulis cerpen, film

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo dalam menulis cerpen melalui media film. Dalam penelitian ini peneliti menempuh beberapa tahap penelitian, yaitu tahap pengumpulan data dan analisis data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penulis mengadakan penelitian pustaka dengan teknik catat yang relevan dengan masalah yang sedang diteliti. Selanjutnya, penulis menggunakan media film untuk menilai kemampuan menulis cerpen siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mampu memperoleh kategori kurang baik 0 (0%) dalam interval 0-59, kemudian siswa yang mampu memperoleh kategori cukup baik 10 (33,3%) dalam interval 60-69, dalam kategori baik yaitu 20 (66,7%) dalam interval 70-84 dan siswa yang memperoleh kategori sangat baik 0 (0%) dalam interval 85-100. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen melalui media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo berada dalam kategori baik (66,7%) dan siswa yang kurang mampu sebanyak 33,3%. Jumlah siswa yang mendapat nilai ≥ 75 hanya 56,7% saja, sehingga menunjukkan bahwa sampel pada penelitian ini belum memenuhi kriteria yang ditetapkan, atau berada pada kategori tidak mampu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, K.A. 2015. Penggunaan Film untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Gerokgak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, Volume 3 No. 1. Diakses, 13 Januari 2018.
Dharma, K.K. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.
Hidayat, A.A.A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Mastini. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 1 No. 1. Diakses, 10 Februari 2018.
Rachman, R.N. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penggunaan Media Audiovisual Tayangan Televisi “Cermin Kehidupan Trans 7”. Jurnal Diksatrasia, Volume 1 No. 1. Diakses, 1 Februari 2018.
Rianto. 2017. Efektivitas Penggunaan Metode Sugesti-Imajinasi melalui Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol. 1, No. 1. Diakses, 1 Februari 2018.
Saryono. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Nuha Medika.
Susanti, Apriliya. 2013. Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Jurnal PGSD Volume 01 Nomor 02. Diakses, 1 Februari 2018.
Suparman. 2018. Keefektifan Model Picture And Picture dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Volume 4 Nomor 2.
Tarigan, H.G. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umar, Seniwati. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi Copy the Master melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas IXa SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6. Diakses, 1 Februari 2018.
Yana, I.W.D.E.T. 2013. Penggunaan Media Film sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Payangan. Jurnal Universitas Mahasaraswati Gianyar. Diakses, 19 Februari 2018.
Published
27-11-2019
How to Cite
Marlia, M. (2019). Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Media Film Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2), 431-439. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.93
Section
Articles