Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Media Film Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palopo
https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.93
Keywords:
menulis cerpen, filmAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo dalam menulis cerpen melalui media film. Dalam penelitian ini peneliti menempuh beberapa tahap penelitian, yaitu tahap pengumpulan data dan analisis data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penulis mengadakan penelitian pustaka dengan teknik catat yang relevan dengan masalah yang sedang diteliti. Selanjutnya, penulis menggunakan media film untuk menilai kemampuan menulis cerpen siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mampu memperoleh kategori kurang baik 0 (0%) dalam interval 0-59, kemudian siswa yang mampu memperoleh kategori cukup baik 10 (33,3%) dalam interval 60-69, dalam kategori baik yaitu 20 (66,7%) dalam interval 70-84 dan siswa yang memperoleh kategori sangat baik 0 (0%) dalam interval 85-100. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen melalui media film pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palopo berada dalam kategori baik (66,7%) dan siswa yang kurang mampu sebanyak 33,3%. Jumlah siswa yang mendapat nilai ≥ 75 hanya 56,7% saja, sehingga menunjukkan bahwa sampel pada penelitian ini belum memenuhi kriteria yang ditetapkan, atau berada pada kategori tidak mampu
Downloads
References
Dharma, K.K. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.
Hidayat, A.A.A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Mastini. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 1 No. 1. Diakses, 10 Februari 2018.
Rachman, R.N. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penggunaan Media Audiovisual Tayangan Televisi “Cermin Kehidupan Trans 7”. Jurnal Diksatrasia, Volume 1 No. 1. Diakses, 1 Februari 2018.
Rianto. 2017. Efektivitas Penggunaan Metode Sugesti-Imajinasi melalui Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol. 1, No. 1. Diakses, 1 Februari 2018.
Saryono. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Nuha Medika.
Susanti, Apriliya. 2013. Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Jurnal PGSD Volume 01 Nomor 02. Diakses, 1 Februari 2018.
Suparman. 2018. Keefektifan Model Picture And Picture dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Volume 4 Nomor 2.
Tarigan, H.G. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umar, Seniwati. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi Copy the Master melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas IXa SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6. Diakses, 1 Februari 2018.
Yana, I.W.D.E.T. 2013. Penggunaan Media Film sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Payangan. Jurnal Universitas Mahasaraswati Gianyar. Diakses, 19 Februari 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.