Pengaruh Penerapan Strategi DRTA terhadap Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar

  • Sri Rahayu Sri Rahayu Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca puisi siswa yang peneliti kaji di kelas V SD Negeri Bawakaraeng 1 kota Makassar bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh yang ditimbulkan pada kemampuan siswa dalam membaca puisi. Berdasarkan data yang diperoleh data secara umum kemampuan membaca puisi  pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Bawakaraeng 1 setelah menggunakan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat dilihat dari perolehan persentase yaitu sangat tinggi 83,33%, tinggi 3,33%, sedang 10%, rendah 3,33%, dan sangat rendah berada pada persentase 0,00%. Data tersebut menunjukkan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity memiliki pengaruh positif dalam menunjang kemampuan membaca puisi siswa. Jadi diharapkan pada pengajar bahasa Indonesia untuk menjadikan strategi DRTA sebagai salah satu rancangan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang bersifat abstrak untuk kemampuan membaca puisi khususnya di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Rafika Aditama
Agus Suprijono.2009 Cooperative Learning :Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Aisyah Siti,dkk. 2007. Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Akhir, Muhammad, and Supriadi Supriadi. “Interferensi Bahasa Bugis Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Lisan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar.” Konfiks: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia 4.1 (2017): 95-110.
Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Burns, P.C., Betty, D. Dan Ross, E.P. 1996. Teaching Reading in Today’s Elementary Schools. Chicago: Rand Mc. Nally College Publishing Company
Dalman, 2013.Keterampilan Membaca Cepat. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada
Depdiknas, 2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia I. Jakarta:Depdiknas
Farida Rahim.2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Hariani, Sri. 2013.Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Pacarkeling 1/82. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya
Hervey F. Silver, dkk. 2012. Strategi-Strategi Pengajaran. Jakarta: PT Indeks
Jamaluddin.2003. Problematik Pembelajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta : Adicita Karya Nusa
Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung:Yrama Widya
Kurniawan Arief Rakhman. 2013 Manager dan Supervisor. Buku Pintar, Yogyakarta
Situmorang.1983. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Ende Flores : Nusa Indah
Suardi.2012.Pengantar Pendidikan.Jakarta : Indeks
Sugiyono.2007. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta

Tarigan, H.G. 1991. Prinsip-prinsip Dasar Sastra.Bandung : Angkasa
Tarigan,H.G. 2008. Membaca : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung : Angkasa
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Seni.Jakarta : Erlangga
Wiesendanger, Katherine D. 2001. Strategies for Literacy Education. Columbus: Upper Saddle River
Published
27-11-2019
How to Cite
Sri Rahayu, S. R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi DRTA terhadap Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2), 425-430. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.87
Section
Articles