Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunaka Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas VIII.B MTs 1 Mare

  • Rosdiana Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) pada siswa Kelas VIII.B MTs Negeri 1 Mare. Melalui pendekatan CTL (contextual teaching and learning), peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dapat dilihat secara proses maupun secara produk.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B MTs Negeri 1 Mare yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keterampilan menulis teks eksplanasi siswa dilihat dari batas pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 75 dan menjadi bahan pertimbangan pelaksanaan siklus selanjutnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eskplanasi pada siswa kelas VIII.B MTs Negeri 1 Mare, baik secara proses maupun secara produk. Peningkatan proses ditunjukkan dari sikap siswa, aktivitas siswa, dan suasana pembelajaran, yaitu siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, siswa berani mengungkapkan pendapat saat berdiskusi, siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam kelompok serta siswa dapat mengikuti dan memahami langkah-langkah pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dengan baik. Peningkatan produk dapat dilihat dari hasil karya siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa 70,6 dengan keterangan siswa tuntas sebanyak 5 siswa atau 20% siswa. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 84,35 dengan keterangan siswa tuntas sebanyak 17 siswa atau 85% siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/ MTs. Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Published
27-11-2019
How to Cite
Rosdiana. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunaka Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas VIII.B MTs 1 Mare. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2), 416-424. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.84
Section
Articles