Membangun Kesadaran Diri (Self-Awareness) Santri Melalui Strategi Menulis CERITA (Cerpen Ekspresif, Reflektif, dan Inspiratif untuk Tawa)

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7171

Authors

Keywords:

Kesadaran Diri, Santri, Humor Self-Deprecation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan kerangka kerja teoretis baru melalui Strategi Menulis CERITA (Cerpen Ekspresif, Reflektif, dan Inspiratif untuk Tawa) guna meningkatkan self-awareness santri. Metode yang digunakan adalah Kajian Konseptual dan Sintesis Teoretis (Conceptual Mapping), menganalisis hubungan antara potensi Terapi Naratif, mekanisme kognitif humor, dan pemanfaatan Generatif AI. Strategi CERITA secara khusus memanfaatkan humor self-deprecation (merendahkan diri sendiri) sebagai mekanisme kognitif adaptif yang secara implisit melatih self-awareness dan self-compassion. Selain itu, proses penulisan diperkuat dengan penggunaan Generatif AI untuk mendukung brainstorming dan eksplorasi ide naratif. Hasil sintesis teoretis ini adalah Strategi CERITA, sebuah kerangka pedagogis inovatif yang menggeser fokus dari sekadar keterampilan berbahasa menjadi alat pengembangan psikososial yang relevan di tengah tuntutan kehidupan pesantren, memberikan ruang bagi santri untuk re-authoring narasi diri secara inspiratif melalui tawa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Purwoko, B., & All Habsy, B. (2025). Efektivitas Pendekatan Konseling Naratif dalam Mengatasi Permasalahan Identitas Diri pada Remaja. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(2), 747–759. Retrieved from https://jurnalp4i.com/index.php/cendekia/article/download/5097/3848 DOI: https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i2.5097

Amalia, S. (2025). AI dalam Kepenulisan: Bagaimana Teknologi Dapat Membantu atau Justru Membatasi Kreativitas. IKOM FISIPOL UNESA. Retrieved from https://ikom.fisipol.unesa.ac.id/post/ai-dalam-kepenulisan-bagaimana-teknologi-dapat-membantu-atau-justru-membatasi-kreativitas

Cerpen Inspiratif. (2025). Cerpen Inspiratif: Kumpulan Cerpen Motivasi dan Refleksi. Retrieved from https://pbi.ftk.uin-alauddin.ac.id/artikel-1245-cerita-pendek-x201c-titik-terendah-x201d

Fajar, I., & Rasyidin, M. (2021). Humor sebagai Mekanisme Koping dan Pembentukan Karakter Positif dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 101–115. DOI: 10.21831/jpk.v11i3.39870

Gadsby, H. (2025). Nanette and Cognitive Restructuring. Retrieved from https://www.healthline.com/health/cognitive-restructuring

Goleman, D. (2018). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bloomsbury Publishing.

Hasanah, A., & Khairudin, M. (2020). Spiritualitas dan Self-Awareness dalam Pembentukan Perilaku Hidup Sehat Santri. Health Research Journal, 2(1), 12–25. Retrieved from https://ejournal.dpdppnikabprobolinggo.org/index.php/health-research-journal/article/view/81

Jaakkola, E. (2020). Designing conceptual articles: four approaches. AMS Review, 10(3), 187–198. DOI: 10.1007/s13173-020-00201-1 DOI: https://doi.org/10.1007/s13162-020-00161-0

Kholis, N. (2018). Penulisan Kreatif: Eksplorasi Diri, Ekspresi, dan Pemahaman Mendalam Emosi dan Pikiran. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 150–165. DOI: 10.21831/cp.v37i2.19080

Kulkarni, S., Li, Y., Lin, X., Geng, J., & Li, R. (2024). Augmenting Creative Writing with Generative AI Ideas. arXiv preprint arXiv:2312.00506. Retrieved from https://arxiv.org/abs/2312.00506

Kurnia, M., & Hadi, S. (2023). Integrasi Teori Bisosiasi Koestler dalam Analisis Fungsi Humor pada Cerpen Lokal. Jurnal Bahasa dan Seni, 14(1), 45–60. DOI: 10.24114/jbs.v14i1.40118

Ma'arif, S. (2018). Dampak Penulisan Kreatif dalam Pengembangan Kepribadian Individu. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 20–35. DOI: 10.29210/jpk.v5i1.2338

Miller, E. (2025). The Psychological Benefits of Self-Deprecating Humor. Neuroscience News. Retrieved from https://neurosciencenews.com/self-deprecating-humor-psychology-28552/

Nasution, D. D. (2023). Guru Sebagai Teladan: Analisis QS Al-Ahzab Ayat 21. JIGM: Jurnal Ilmu Guru Madrasah, 4(2), 101–112. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/33159 DOI: https://doi.org/10.69548/jigm.v2i1.14

Nishfi, S. L., & Handayani, A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Pondok Modern Selamat 2 Batang. Journal of Psychological Perspective, 3(1), 23–26. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/download/4067/1726 DOI: https://doi.org/10.47679/jopp.311132021

Pennebaker, J. W. (2022). Expressive Writing: The Science of Emotional Disclosure. Guilford Press. DOI: 10.1080/0898099032000085028

Pramana, A. W. (2024). Analisis Mekanisme Humor Adaptif dan Self-Compassion pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 24(1), 17–30. DOI: 10.14710/jp.24.1.17-30 DOI: https://doi.org/10.14710/jp.24.1.17-30

Purwadi, J., & Lestari, Y. (2022). Penerapan Konseling Naratif dalam Lingkup Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 4(2), 110–125. DOI: 10.32585/jppb.v4i2.2155

Putri, D. K., & Haris, A. (2019). Fungsi Pendidikan dan Kritik Sosial dalam Humor Cerpen Kontemporer. Jurnal Ilmu Sastra, 7(1), 88–102. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/42478/36517

Rosyid, A. A. (2019). Sastra di Pesantren. Dalam Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Tradisi Sastra (di) Pesantren. Retrieved from https://badanbahasa.kemendikdasmen.go.id/artikel-detail/4234/tradisi-sastra-di-pesantren 15

Setiawan, R. (2024). Dinamika Psikologi Santri dan Adaptasi di Lingkungan Pesantren. Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 8(1), 1–15. DOI: 10.24042/jkpk.v8i1.12024 DOI: https://doi.org/10.32764/dinamika.v8i1.3566

Sulaeman, T. (2023). Pembelajaran Menulis Kreatif Menggunakan Blog untuk Meningkatkan Motivasi Santri. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 50–65. Retrieved from https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/13600/pdf

Triatmaja, Y., & Wibowo, S. (2022). Expressive Writing dengan Pendekatan Penerimaan Emosi untuk Kesejahteraan Mental Remaja. Jurnal Psikologi Gadjah Mada, 23(2), 120–135. DOI: 10.22146/jps.v23i2.50200

Wicaksono, D. (2021). Konseling Naratif untuk Mengatasi Krisis Identitas Remaja. Jurnal Psikologi Remaja, 16(3), 198–209. DOI: 10.12928/jpr.v16i3.15190

Wulandari, E. (2021). Implementasi Konseling Naratif dalam Pembentukan Identitas Remaja. Jurnal Psikologi Sosial, 13(3), 125–136. DOI: 10.22146/jps.v13i3.50410

Yuliarti, S. (2025). Self-Deprecating Humor in Political Communication: A Literature Review. Jurnal Komunikasi, 18(1), 1–15. DOI: 10.20961/jkm.v18i1.106985

Zheng, Y., Huang, H., Tan, J., & Ma, X. (2025). The Effect of Generative AI on Creative Performance: A Meta-Analysis. arXiv preprint arXiv:2505.17241. Retrieved from https://arxiv.org/abs/2505.17241

Published

2025-11-30

How to Cite

Ahmad Nur Hamzah, Pratiwi, Y., & Suherjanto, I. (2025). Membangun Kesadaran Diri (Self-Awareness) Santri Melalui Strategi Menulis CERITA (Cerpen Ekspresif, Reflektif, dan Inspiratif untuk Tawa). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 5091–5098. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7171