Pengembangan Materi Ajar Teks Fabel Berbantuan Media ICT (Information and Communication Technology) Kelas VII UPT SMP Negeri 8 Medan

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7106

Authors

  • Dinda Rizky Ramadhani Universitas Negeri Medan
  • Elly Prihasti Wuriyani Universitas Negeri Medan
  • Mara Untung Ritonga Universitas Negeri Medan

Keywords:

Flipbook, Teks Fabel, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar teks fabel berbantuan media ICT dalam bentuk Flipbook bagi siswa kelas VII UPT SMP Negeri 8 Medan. Latar belakang penelitian didasari oleh kebutuhan akan bahan ajar yang kontekstual, menarik, serta sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2025/2026. Metode penelitian menggunakan model Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII, sedangkan objek penelitian berupa Flipbook interaktif berisi materi teks fabel. Data diperoleh melalui validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase kelayakan sebesar 92% (sangat layak), sedangkan validasi ahli media memperoleh skor 89% (sangat layak). Uji coba perorangan menghasilkan skor rata-rata 87%, uji coba kelompok kecil 90%, dan uji coba kelompok besar 91%, seluruhnya berada dalam kategori sangat baik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Flipbook efektif meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta pemahaman siswa terhadap materi teks fabel. Dengan demikian, Flipbook layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif yang sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka dan mendukung pembelajaran abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Kusmana, S., Mulyaningsih, I., Suryaman, M., & Septiaji, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Teks Fabel Bermuatan Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia (Development Of Fables Text Teaching Materials With Local Authenticity For Indonesian Language Learning). Sawerigading, 27(1), 55-65.

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Harahap, A. J. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Hosni, P. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA FABEL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS VII MTs PANCASILA (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Nisa, A. W., & Purwati, P. D. (2024). Penerapan E-Flipbook berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 234-246.

Normalita, A. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Karakter dalam Upaya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 01 Kalimas (Doctoral dissertation, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan).

Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan media digital berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694-705. DOI: https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589

Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum. Palapa, 8(1), 42-55. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692

Pratiwi, D. F. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI TEKS ANEKDOT BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HOTS SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara).

Sardiana, E., Marliani, C., & Al Fuad, Z. (2020). Analisis nilai karakter yang terkandung pada buku fabel anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Published

2025-10-18

How to Cite

Dinda Rizky Ramadhani, Elly Prihasti Wuriyani, & Mara Untung Ritonga. (2025). Pengembangan Materi Ajar Teks Fabel Berbantuan Media ICT (Information and Communication Technology) Kelas VII UPT SMP Negeri 8 Medan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4296–4304. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.7106

Issue

Section

Articles

Categories