Kesesuaian Level Soal Membaca Pemahaman dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII dengan Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6979

Authors

  • Maria Grace Putri Ayu Sare Universitas Negeri Yogyakarta
  • Siti Nurbaya Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ari Kusmiatun Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

Soal Pemahaman Membaca, Taksonomi Barret, Revisi Taksonomi Bloom, kurikulum Merdeka.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian level soal pemahaman bacaan dalam buku bahasa Indonesia kelas VIII dengan tujuan pembelajaran Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain analisis isi. Sumber data berupa buku Bahasa Indonesia kelas VIII, terbitan Kemendikbud 2021. Data berupa 60 soal pemahaman bacaan, yang terdapat dalam tujuh jenis teks (teks sastra dan nonsastra). Teknik pengumpulan dilakukan dengan analisis isi dan dokumentasi. Kebaruan penelitian ini terletak pada penggunaan dua kerangka taksonomi. Taksonomi Barret dan Revisi Taksonomi Bloom digunakan untuk menganalisis level soal pemahaman bacaan secara komprehensif, dalam konteks implementasi Kurikulum Merdeka, yang belum dilakukan dalam penelitian sebelumnya. Instrumen penelitian menggunakan teori Taksonomi Barret dengan lima tingkatan yaitu literal, reorganisasi, inferensial, evaluasi, dan apresiasi, serta Revisi Taksonomi Bloom dengan enam level kognitif C1-C6. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukan bahwa distribusi soal dalam buku bahasa Indonesia kelas VIII bervariasi, serta mencerminkan orientasi pada pengembangan HOTS. Berdasarkan Taksonomi Barret, soal didominasi oleh level inferensial (40%), diikuti reorganisasi (21,67%), literal (16,67%), evaluasi (13,33%), dan apresiasi (8,33%). Sementara itu, berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom, soal didominasi oleh level (C4) 33,33%, diikuti (C2) 21,70%, (C5) 18,33%, (C1) 15%, (C3) 10%, dan  (C6) 1,67%. Distribusi ini menunjukkan adanya upaya peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yang selaras dengan tujuan pembelajaran Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Buku teks telah sesuai dengan tujuan pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penyajian soal-soal HOTS. Namun, komposisi soal HOTS masih belum merata dalam setiap bab. Disarankan agar penyusun buku teks menyajikan proporsi soal yang lebih merata dan bervariatif dalam setiap bab, untuk mengoptimalkan pengembangan kemampuan literasi dan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing, a Bridged Edition. In Pearson Education. New York: David McKay Company.

Arlansyah, A., Puspita, H., & Saputra, E. (2023). Reading Questions in “English for Nusantara” Textbook by Using Revised Bloom’s Taxonomy. Journal of English Education and Teaching (JEET), 7(2), 361–375.

Goharu, Desy Sari Goharu & Prasetyo, T. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Gunawan, I. . & P. A. R. (2012). Taksonomi Bloom - Revisi Ranah Kognitif: Keangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(2), 98–117. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50

Gusfitri, M. L. E. D. (2021). Bahasa Indonesia SMP KELAS VIII. In Jurnal Keperawatan Malang (Vol. 1, Nomor 1). Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/Bahasa-Indonesia-BS-KLS-VIII.pdf

Himawan, Riswanda., Rahayu, Triwati., Alfian, M. A., & Hermawan, M. A. (2022). Analysis of the Quality of Assesmen Questions of Standardized Regional Assesment (ASPD) of Junior High School Reading Literacy : A Review Based on Barret’s Taxonomy Cognitive Levels. Jurnal Paedagogy, 9(1), 2025. https://doi.org/i:https://doi.org/10.33394/jp.v12i1.13693 DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v12i1.13693

Himawan, R. (2023). Analisis Level Kritis Taksonomi Barret Pada Soal Pemantapan Asesmen Daerah Literasi Membaca Siswa SMP Daerah Istimewa Yogyakarta. Reduplikasi: Jurnal Penelitian Pendidikan …, 47–61. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi/article/view/1962

Himawan, R., & Suyata, P. (2023). Analisis Sebaran Level Kognitif HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom pada Soal Penilaian Harian Materi Teks Pidato Persuasif di SMPN 1 Bambanglipuro Bantul. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 89. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.14208 DOI: https://doi.org/10.30651/st.v16i1.14208

Jensen, J. L., McDaniel, M. A., Kummer, T. A., Godoy, P. D. D. M., & Clair, B. S. (2020). Testing effect on high-level cognitive skills. CBE Life Sciences Education, 19(3), 1–13. https://doi.org/10.1187/cbe.19-10-0193 DOI: https://doi.org/10.1187/cbe.19-10-0193

Kholiq, A. (2020). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Lamongan. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 175–186. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3216 DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3216

Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 26–32. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632 DOI: https://doi.org/10.9790/7388-0701052632

Liriwati et al,. (2024). Pendidikan literasi. Kalimantan Selatan: PT. Literatus Digitus Indonesia.

Mahsun. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Mardiana, M., & Suyata, P. (2017). Evaluating the philosophical foundation of 2013 Curriculum. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 175–188. https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.13336 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.13336

Martatiyana, D. R., Derlis, A., Aviarizki, H. W., Jurdil, R. R., Andayani, T., & Hidayat, O. S. (2023). Analisis Komparasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Kurikulum 2013. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 96. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.11600 DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.11600

Myres, S. & Harris-Brent, L. (2004). Teacher’s Guide Manual for Formulating Readin Comprehension Questions. Kingston, Jamaica: Government of Jamaica & USAID.

Nisa, S. Z., Enawar, & Latifah, N. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret pada Siswa Kelas 4 SDN Karangharja 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7893–7899.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301 DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Nurbaya, S., & Rahayu, D. H. (2019). Model bahan ajar membaca pemahaman berbasis teks dengan pendekatan content language integrited learning. Humanika, 18(2), 103–116. https://doi.org/10.21831/hum.v18i2.29238 DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v18i2.29238

Parmini, N. P., Ida Bagus Rai Putra, Mukhamdanah, Ida Ayu Putu Aridawati, & I Wayan Sudiartha. (2023). 21st Century Skills and Information Literacy in Indonesian Language and Literature Education Study Program. Mimbar Ilmu, 28(1), 83–95. https://doi.org/10.23887/mi.v28i1.59441 DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v28i1.59441

Sabir, A., Mayong, M., & Usman, U. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Berdasarkan Dimensi Kognitif. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 117. https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i3.23971 DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i3.23971

Siddiq, F., Scherer, R., & Tondeur, J. (2016). Teacher’s emphasis on developing students’ digital information and communication skills (TEDDICS): A new construct in 21 century education. Computers and Education, 1(14), 92–93. https://doi.org/4. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.10.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.10.006

Surtantini, R. (2019). Reading Comprehension Question Levels in Grade X English Students’ Book in Light of the Issues of Curriculum Policy in Indonesia. PAROLE: Journal of Linguistics and Education, 9(1), 44. https://doi.org/10.14710/parole.v9i1.44-52 DOI: https://doi.org/10.14710/parole.v9i1.44-52

Suvina, Nurina, & Ramly. (2021). Analisis Pertanyaan Hots Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK / MAK Kelas X Terbitan Erlangga Abstract : Analysis of HOTS Questions on Indonesian Language Subject Textbooks at. 2(1), 39–45. DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i1.19292

Wahyuni, K. B. (2021). The Levels Of Questions Used In The English Textbook Entitled “Stop Bullying Now”For The Xi Grade Of Senior High School. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris undiksha, 9(2), 191. DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v9i2.34393

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2025). Analisis Nilai pada Lagu" Sandaran Hati" Karya Letto. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 89-93.https://doi.org/10.23887/jpbi.v9i2.34393 DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i1.1326

Wardani, I. S., & Fiorintina, E. (2023). Building Critical Thinking Skills of 21st Century Students through Problem Based Learning Model. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(3), 461–470. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i3.58789 DOI: https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i3.58789

Wulansari, K., & Mulyati, Y. (2023). Level Kognitif Soal Dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas X Terbitan Kemendikbudristek Berdasarkan Taksonomi Anderson Dan Krathwohl. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 9–14. https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i1.7071 DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i1.7071

Yuniarti, N., Arifin, M., & Utomo, P. (2019). Analisis Pertanyaan Bacaan Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Jenjang Smp. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 33–41. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7344 DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7344

Zainil, Y., Rosa, R. N., & F. (2021). An Analysis of Reading Comprehension Questions in Kenyan English Textbooks. Technology, Knowledge and Learning, 26(2), 429–441. https://doi.org/10.1007/s10758-021-09502-9 DOI: https://doi.org/10.1007/s10758-021-09502-9

Published

2025-10-17

How to Cite

Maria Grace Putri Ayu Sare, Nurbaya , S., & Kusmiatun, A. (2025). Kesesuaian Level Soal Membaca Pemahaman dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas VIII dengan Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(4), 4237–4253. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i4.6979

Issue

Section

Articles

Categories