Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Ilokusi Unggahan Twiter Gibran Rakabuming dalam Memperingati Hari Nasional: Study Cyberpragmatics

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6621

Authors

  • Essa Rohimah Sari Universitas Sebelas Maret
  • Kundharu Saddhono Universitas Sebelas Maret
  • Raheni Suhita Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Cyberpragmatic, Multimodal, Tindak tutur ilokusi, Twitter, Komunikasi digital

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi dalam unggahan multimodal berdasarkan perspektif cyberpragmatics. pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode analisis isi dengan kajian cyberpragmatic. Data penelitian berupa tindak tutur ilokusi unggahan multimodal. Sumber datanya adalah unggahan akun Twitter @Gibran Rakabuming Raka yang berjumlah 18 unggahan. Teknik samplingnya menggunakan purposive sampling yaitu memilih unggahan yang bertema Hardiknas dan mendapatkan sebanyak 4 unggahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis dokumen. Uji validitas menggunakan triangulasi teori yaitu teori multimodal, tindak tutur ilokusi, cyberpragmatic. Analisis data dilakukan dengan model analisis data mengalir yang dilakukan dengan melalui tahapan identifikasi data, klasifikasi data, dan interpretasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan 4 teks multimodal yang bertema Hardiknas memperingati Hari Batik, Hari Kesaktian Pancasila, Hari Pahlawan, HUT-78 RI yang masing masing terdapat tindak tutur ilokusi berbentuk asertif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklaratif serta memiliki fungsi menyatan, memberi informasi, mengekspresikan, mengajak, menyampaikan, menyatakan. Fungsi dominan yang ditemukan berupa bentuk ekspresif dan direktuf, karena unggahan multimodal Gibran cenderung memberi motivasi, mengajak, dan menyampaikan apresiasi kepada masyarakat. Dalam perspektif cyberpragmatic memperlihatkan bagimana elemen visual, konteks digital, serta gaya bahasa Gibran membentuk suatu dinamika komunikasi yang khas di media sosial.  

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdelghany, S., Nayef, H., & Fawzy, R. (2023). Metaphorical Representation in Egyptian and American Multimodal Coronavirus Memes: A Cyberpragmatic Analysis. International Journal of Arabic-English Studies, 23(2), 339–368. https://doi.org/10.33806/ijaes.v23i2.467 DOI: https://doi.org/10.33806/ijaes.v23i2.467

Alamán, A. P. (2023). Spatial deixis within political discourse on Twitter. In The Discursive Construction of Place in the Digital Age (pp. 169–209). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003335535-11 DOI: https://doi.org/10.4324/9781003335535-11

Ardiyanti, D., Rosalina, S., & Triyadi, S. (2022). Analisis Tindak Tutur Perlokusi dalam Iklan Tokopedia x BTS dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Materi Teks Iklan, Slogan, dan Poster di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 866–877. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2076 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2076

Artati, Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Pada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Jurnal Diksa:Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1). DOI: https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.9687

Dahlia, D. M. (2022). Tindak Tutur Ilokusi dalam novel Pastelizzie karya Indrayani Rusady. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 21–30. DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7775

Dr. R. Kunjana Rahardi, M. H. (2020). Fungsi Triadik Dari Konteks Situasional Ujaran Kebencian: Perspektif Cyberpragmatis (Fungsi-Fungsi Triadis Konteks Situasional Tuturan Kebencian: Perspektif Pragmatik Siber). Metalungia, 18, 97–110. DOI: https://doi.org/10.26499/metalingua.v18i1.494

Duncombe, C. (2019). The Politics of Twitter: Emotions and the Power of Social Media. International Political Sociology, 13(4), 409–429. https://doi.org/10.1093/ips/olz013 DOI: https://doi.org/10.1093/ips/olz013

Emilia Laras Permata, & Roni Nugraha. (2022). Tindak Tutur Ilokusi pada Podcast Najwa Shihab dan Maudy Ayunda serta Manfaatnya sebagai Modul Pidato Persuasif. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 860–865. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2281 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2281

Espejel, O., Concheiro, P., & Pujolà, J.-T. (2023). Digital Communication Landscapes on Language Learning Telecollaboration (pp. 46–68). https://doi.org/10.4018/978-1-6684-7080-0.ch003 DOI: https://doi.org/10.4018/978-1-6684-7080-0.ch003

Faroh, S., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis tindak tutur ilokusi dalam vlog Q&A pada kanal YouTube Sherly Annavita. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa Dan Sastra, 2(2), 57–67. DOI: https://doi.org/10.26499/und.v16i2.2793

Hamza, H. Q. (2022). American educational clickbait on Twitter: A cyberpragmatic study. Res Militaris, 12(2), 4630–4640.

Junita Sampe, Tadjuddin Maknun, & Ery Iswary. (2022). Tindak Tutur Bahasa Toraja pada Kolom Komentar Media Sosial Facebook Kareba Toraja. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 697–704. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1954 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1954

Kress, G., & van Leeuwen, T. (2020). Reading Images The Grammar of Visual Design (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003099857 DOI: https://doi.org/10.4324/9781003099857

Kusmanto, H., & Widodo, P. (2022). Positive politeness strategies during online learning: A cyberpragmatic study. Studies in English Language and Education, 9(3), 1170–1182. https://doi.org/10.24815/siele.v9i3.24021 DOI: https://doi.org/10.24815/siele.v9i3.24021

Lin, Y., & Chen, X. (2022). Also on humblebragging: Why many Chinese posters brag by complaining. Journal of Pragmatics, 201, 149–159. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2022.10.002 DOI: https://doi.org/10.1016/j.pragma.2022.10.002

Melani, D. A., & Utomo, A. P. Y. (2022). Tindak tutur ilokusi dalam unggahan Instagram edukatif: Kajian pragmatik. Ghancaran:Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v3i2.3528

Rahardi, R. K. (2023). Social–Societal Context Element Changes in Cyberpragmatics Perspective. Theory and Practice in Language Studies, 13(11), 2771–2779. https://doi.org/10.17507/tpls.1311.06 DOI: https://doi.org/10.17507/tpls.1311.06

Searle, J. R. (1969). Speech Acts. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139173438 DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781139173438

Setiyawati, A., Suparmin, & Wahyu Dini Septiari. (2023). Tindak Tutur Ilokusi dalam Podcast Merry Riana dengan Andre Taulany_Hasil Dari Sebuah Kerja Keras. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 771–779. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2662 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2662

Shaari, A. H. (2020). Accentuating Illocutionary Forces: Emoticons as Speech Act Realization Strategies in a Multicultural Online Communication Environment. 3L The Southeast Asian Journal of English Language Studies, 26(1), 135–155. https://doi.org/10.17576/3L-2020-2601-10 DOI: https://doi.org/10.17576/3L-2020-2601-10

Tsoumou, J. M. (2020). Analysing speech acts in politically related Facebook communication. Journal of Pragmatics, 167, 80–97. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2020.06.004 DOI: https://doi.org/10.1016/j.pragma.2020.06.004

Yeh, E., & Swinehart, N. (2020). Testing the Waters. CALICO Journal, 37(1), 66–84. https://doi.org/10.1558/cj.38529 DOI: https://doi.org/10.1558/cj.38529

Yus, F. (2018). The interface between pragmatics and internet-mediated communication (pp. 267–290). https://doi.org/10.1075/pbns.294.12yus DOI: https://doi.org/10.1075/pbns.294.12yus

Yus, F. (2019). Multimodality in Memes: A Cyberpragmatic Approach. In Analyzing Digital Discourse (pp. 105–131). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-92663-6_4 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-319-92663-6_4

Published

2025-08-02

How to Cite

Essa Rohimah Sari, Kundharu Saddhono, & Raheni Suhita. (2025). Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Ilokusi Unggahan Twiter Gibran Rakabuming dalam Memperingati Hari Nasional: Study Cyberpragmatics. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3461–3474. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6621

Issue

Section

Articles

Categories