Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Peserta Didik Fase C Kelas V Sekolah Dasar
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6524
Keywords:
Model Pembelajaran SAVI, Penguasaan Kosakata, Keterampilan MenulisAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap penguasaan kosakata dan keterampilan menulis. Model pembelajaran ini lebih menarik, menyenangkan, meningkatkan aktifitas dan kerjasama peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis desain nonequivalent control group design. Populasinya ialah seluruh peserta didik fase C kelas V di Kecamatan Pilangkenceng. Sampel menggunakan teknik probability sampling sehingga didapatkan total sampel sebanyak 132 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melui wawancara, test tulis, unjuk kerja dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Two Way ANAVA. Hasil penelitian berdasarkan analisis tests of between-subjects effects menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 pada faktor Model < dari taraf signifikansi 0.05. Maka, model pembelajaran SAVI berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis peserta didik. Peserta didik mudah mengenali, memahami makna, sehingga lebih mudah menggali ide, mengembangkan paragraf, serta menyusun tulisan yang koheren dan bermakna.
Downloads
References
Alfiani, D. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–15.
Ali, W. A., Syam, N., & Yulia, Y. (2023). Application of the Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Learning Model to Increase the Learning Activeness of Elementary School Students in Sidenreng Rappang Regency. Pinisi Journal of Education, 3(2), 109–120.
Ashari, A., Syam, N., & Pasinggi, Y. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VI Pada Materi Cara Makhluk Hidup Beradaptasi UPTD SPF SDN 184 Dare Ajue Kabupaten Soppeng. Maccayya, 2(1), 1–17.
Bulus, M. (2021). Sample Size Determination and Optimal Design of Randomized/Non-equivalent Pretest-posttest Control-group Designs. Adıyaman Üniversitesi Eğitim Bilimleri Dergisi, 11(1), 48–69. https://doi.org/10.17984/adyuebd.941434
Darmiati. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat Islam, 11(2), 1–30.
Dewati, B. (2020). Meningkatkan penguasaan kosakata bahasa inggris siswa dengan metode word square. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 31–35.
Endang, S. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa dalam Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek Melalui Penugasan di Aplikasi LMS. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1367–1376.
Erdoğan, V. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes. International Journal of Education and Research, 7(11), 113–124.
Fikri, M. (2017). Konsep Pendidikan Islam; Pendekatan Metode Pengajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 116. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.66
Fitriati, I. (2017). Penerapan Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) Matapelajaran TIK untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMPN 1 Madapangga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 7(2), 80–84.
Gil-Arias, A., Harvey, S., García-Herreros, F., González-Víllora, S., Práxedes, A., & Moreno, A. (2021). Effect of a hybrid teaching games for understanding/sport education unit on elementary students’ self-determined motivation in physical education. European Physical Education Review, 27(2), 366–383. https://doi.org/10.1177/1356336X20950174
Gunafin, M. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Kerja Melalui Penggunaan Media Word Bingo Pada Peserta Didik Tunarungu Kelas V Slb Negeri 3 Jakarta. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta.
Hartati, Dr., & Sismulyasih, N. (2017a). Development of SAVI (Somatic Auditory Visual and Intellectual) Learning Model with Audiovisual to Increase Writing Skill of Elementary Student. Proceedings of the 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017). https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.176
Hartati, Dr., & Sismulyasih, N. (2017b). Development of SAVI (Somatic Auditory Visual and Intellectual) Learning Model with Audiovisual to Increase Writing Skill of Elementary Student. Proceedings of the 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017). https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.176
Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, dan Metode yang Efektif. CV. Ananta Vidya.
Kusmayuda, I. G. N., Sudiana, I. W., & Widiana, I. W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berorientasi Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Tejakula. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).
Limat, Y., Sri Hariani, L., & Mardiana F, R. (2024). Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 9(1), 116–124. https://doi.org/10.21067/jrpe.v9i1.9944
Merinda, M., Zulela, Z., & Marini, A. (2019). Applying SAVI Approach To Improve Exposition Writing Skills In 5th Grade Students of Penabur Christian Elementary School 6. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1767
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165–177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah al-Kitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22. https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15
Nisa, Z., Azzahra, R. T., & Khotimah, S. K. (2023). Studi Analisis: Teori Pemrosesan Informasi dalam Pembelajaran PAI Berbasis HOTS. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(2), 541. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.525
Nurhasanah, Hopeman, T. A., & Jakfar, A. E. (2024a). Kajian Literatur Review: Penerapan Model Pembelajaran Savi sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 172–184. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.236
Nurhasanah, Hopeman, T. A., & Jakfar, A. E. (2024b). Kajian Literatur Review: Penerapan Model Pembelajaran Savi sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 172–184. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.236
Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49037
Putra, P. G. N., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Model Pembelajaran Quantum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 373–382. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.36069
Qodarsih, F. Y., Sunarso, A., & Utanto, Y. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV Dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Poster. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 413–425. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1191
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111.
Rahman, M. (2023). Sample Size Determination for Survey Research and Non-Probability Sampling Techniques: A Review and Set of Recommendations . Journal of Entrepreneurship, Business and Economics, 11(1), 42–62.
Ramadania, F., & Winda, N. (2017). The Development of Language Skills through Somatic, Auditory, Visually, Intellectually (SAVI) Learning Model. Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017). https://doi.org/10.2991/seadric-17.2017.73
Robiansyah, D., Rahmanudin, I., & Hanif, M. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Bahasa Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Iv Mi Salafiyah Kota Cirebon. Al-Fakkaar, 4(1), 18–34. https://doi.org/10.52166/alf.v4i1.3753
Sanulita, H., Lestari, S. A., & Syarmila, S. (2024). Keterampilan Berbahasa Reseptif: Teori dan Pengajarannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Siregar, H. H., Hadi, N., & Hilmi, D. (2021). Analisis Pembelajaran Berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) dalam Maharah Kalam. Shaut al Arabiyyah, 9(1), 32. https://doi.org/10.24252/saa.v9i1.20588
Stockard, J., Wood, T. W., Coughlin, C., & Rasplica Khoury, C. (2018). The Effectiveness of Direct Instruction Curricula: A Meta-Analysis of a Half Century of Research. Review of Educational Research, 88(4), 479–507. https://doi.org/10.3102/0034654317751919
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. CV. Alfabelta.
Suprihatin, D. , & Hariyadi, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1384–1393.
Syifa Kamilah Sophian, Rizka Rifaatul Hidayah, Alay Fia, Dini Safitri, & Ade Suryanda. (2025). Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, dan Intellectually) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.54259/diajar.v4i1.2751
Waruwu, Y. P. L., Nexandika, R., Wulandari, N., Waruwu, L. S., & Silalahi, T. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (Savi) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Seroja : Jurnal Pendidikan, 4(1), 23–30.
Wulandari, R. T., Pratama, D. P., & Andiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) pada Muatan Bahasa Indonesia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 340. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39407
Zahra, H., Punggeti, R. N., & Puniman, A. (2025). Peran Guru dalam Melatih Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Melalui Metode Bercerita Berbasis Joyfull Learning pada Siswa Kelas III di SDI Nurul Huda. POTENSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 47–54.
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Eka Kurniati, Gunarhadi, Septi Yulisetiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.