Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok di SDN Kalibaru 07

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6411

Authors

  • Feby Hafizhoh Widad Universitas Islam 45 Bekasi
  • Rini Endah Sugiharti Universitas Islam 45 Bekasi
  • Kori Sundari Universitas Islam 45 Bekasi

Keywords:

Model PJBL, Ide Pokok, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui adanya pengaruh kemampuan menentukan ide pokok sesudah diberi suatu perlakuan yakni membuat berdasarkan model Project Based Learning siswa kelas IV SDN Kalibaru 07. Kegiatan pembelajaran berbasis proyek mendorong siswa agar aktif guna mencari informasi, memberikan saran, dan menganalisis masalah atau pertanyaan secara objektif. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan memanfaatkan rancangan The Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group, yang menjadi salah satu bentuk dari eksperimen quasi-experimental design. Studi ini melibatkan dua kelas, setiap kelasnya berjumlah 31 siswa. Subjek penelitian ialah siswa kelas IV di SDN Kalibaru 07. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas pada kelompok kontrol yaitu 0,072 > 0,05 dan kelompok eksperimen sebesar 0,060 > 0,05. Uji homogenitas yakni 0,070 > 0,05. Kemudian uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test yang membuktikan yakni didapatkan nilai signifikansi yaitu 0,027 < 0,05. Hal ini menunjukkan yakni H0 ditolak serta H1 diterima. Maka bisa ditarik simpulan yakni model Project Based Learning efektif mengenai kemampuan menentukan ide pokok pada siswa kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Aulia, D., Dermansyah, & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri 31 Payakumbuh. Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Angka Di Raudhatul Athfal Al Muttaqin Kabupaten Agam, 1–45.

Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 453–455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.786

Ekawati, N., Dantes, N., & Marhaeni, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis 4C Terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas IV SD Gugus III Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 41–51.

Fadiyah Andirasdini, I., & Fuadiyah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Baseed Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. Biodik, 10(2), 156–161. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33827

Fatmawarni, & Haryani, P. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar Analisa Ratio Keuangan pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 1(1), 24–47. https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2028

Fauzi, M. R. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Pemahman Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi Dengan Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Metode Concentrated Language Encounter. Journal of Elementary Education, 03(04), 147–161.

Fitria, W. (2019). Reading Interest and Reading Comprehension : A Correlational Study. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(1), 95. https://doi.org/10.30983/educative.v4i1.1333

Istiqoh, N. (2021). Peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model Think Pair Share dikelas VII A MTs pesantren pembangunan majenang kabupaten cilacap tahun pelajaran 2018/2019. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.2246

Mardiyanti, L., Maula, L. H., Amalia, A. R., Heryadi, D., & Ramadani, I. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 3(2), 6387–6397. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Pratiwi, D. W., Rukayah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman dalam menentukan ide pokok pada siswa kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(2), 40–46. https://doi.org/10.20961/ddi.v10i2.64598

Putri, I. N. R., Yulianto, A., & Kusumaningrum, S. (2023). Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3318

Rahmawati, M., & Roshayanti, F. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf (Studi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar). Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 165–171. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.443

Rini Endah Sugiharti, T. P. D. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading Composition) Dalam. VI(1), 41–49.

Safitri, A., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 426–430. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.522

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7.

Published

2025-07-16

How to Cite

Hafizhoh Widad, F., Endah Sugiharti, R., & Sundari, K. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok di SDN Kalibaru 07. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3118–3127. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6411

Issue

Section

Articles

Categories