Hambatan Fonologis pada Remaja Tanpa Disleksia dalam Membaca Kata Kompleks: Perspektif Psikolinguistik

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6382

Authors

  • Fitria Anggraini Diwansyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Odien Rosidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dase Erwin Juansah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

hambatan fonologis, membaca kata kompleks, psikolinguistik, non-disleksia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan fonologis yang dialami oleh remaja berusia 13 tahun yang tidak didiagnosis menderita disleksia tetapi kesulitan membaca kata-kata kompleks (≥ lima suku kata). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi pembacaan, wawancara, dan tes fonologis dasar. Temuan mengungkapkan bahwa subjek mengalami kesulitan dalam segmentasi fonem, pengulangan suara yang kompleks, dan pemrosesan kata-kata panjang yang lambat. Tantangan-tantangan ini menunjukkan kelemahan dalam kesadaran fonologis dan memori fonologis jangka pendek, meskipun sifat disleksia khas seperti pembalikan huruf tidak diamati. Hasilnya mendukung pandangan psikolinguistik bahwa efisiensi pemrosesan fonologis sangat penting dalam membaca, bahkan di antara pembaca non-disleksia. Studi ini merekomendasikan intervensi fonologis lebih lanjut dan penggunaan penilaian fonologis tingkat mikro sebagai bagian dari strategi peningkatan literasi remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bobii, P., Stevanus, K., Luhur, C. K., & Tandiongan, F. (2023). Upaya Guru Pak Terhadap Penanganan Masalah Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 4(2), 242–258. https://doi.org/10.46348/car.v4i2.222

Chung, K. K. H., Ho, C. S. H., Chan, D. W., Tsang, S. M., & Lee, S. H. (2011). Cognitive skills and literacy performance of Chinese adolescents with and without dyslexia. Reading and Writing, 24(7), 835–859. https://doi.org/10.1007/s11145-010-9227-1

Fajri, I. (2025). Generasi Scroll: Fenomena Malas Membaca Generasi Muda. Retrieved June 16, 2025, from https://minijournalid.blogspot.com/2025/04/generasi-scroll-fenomena-malas-membaca.html.

Fariska, F. D., & Pratikno, A. S. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas I A UPTD SD Negeri Kamal 2 Kabupaten Bangkalan Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas I A UPTD SD Negeri Kamal 2 Kabupaten B, (November). https://doi.org/10.31970/gurutua.v7i2.202

Levelt, W. J. M. (1989). Speaking: From Intention to Articulation. London: MIT Press.

Megantara, K., & Abdul Wachid BS. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383–390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230

Nurhaq, H. M., Mulyati, Y., & Rahma, R. (2020). Kemampuan Kesadaran Fonologis Siswa Berkesulitan Membaca. Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.51190/jazirah.v1i1.9

Rista Angraeni. (2024). Faktor dan Cara Mengatasi Speech Delay terhadap Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 773–779. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3363

Siregar, A., Farras Arifany, A., Sampin, N., Evita Sari Nst, P., & Yuliza, V. (2023). Studi Kasus Siswa Yang Mengalami Keterlambatan Membaca Di Desa Karya 2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari 2023, 9 (2), 52-59, 9(2), 52–59. Retrieved from https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP

Snowling, M. J., & Hulme, C. (2012). Interventions for children’s language and literacy difficulties. International Journal of Language and Communication Disorders, 47(1), 27–34. https://doi.org/10.1111/j.1460-6984.2011.00081.x

Suhartini, S., Dwi Khusnah, W., Ningsih, S., Shiddiq, J., Saputra, N., Kuswoyo, H., … Purba, J. H. (2021). KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. (Andayani, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Vellutino, F. R., Fletcher, J. M., Snowling, M. J., & Scanlon, D. M. (2004). Specific reading disability (dyslexia): What have we learned in the past four decades? Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 45(1), 2–40. https://doi.org/10.1046/j.0021-9630.2003.00305.x

Wagner, R. K., & Torgesen, J. K. (1987). The nature of phonological processing and its causal role in the acquisition of reading skills. Psychological Bulletin, 101(2), 192.

Published

2025-07-09

How to Cite

Diwansyah, F. A., Rosidin, O., & Juansah, D. E. (2025). Hambatan Fonologis pada Remaja Tanpa Disleksia dalam Membaca Kata Kompleks: Perspektif Psikolinguistik . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(3), 3025–3034. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i3.6382

Issue

Section

Articles

Categories