Analisis Peran Tutor dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Pusat Pelayanan Bahasa Universitas Kristen Indonesia

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5718

Authors

  • Febri Sinulingga Universitas Kristen Indonesia
  • Mike Wijaya Saragih Universitas Kristen Indonesia
  • Arta Erna Wati Oktafia Purba Universitas Kristen Indonesia

Keywords:

peran tutor, pembelajaran bahasa Inggris, personality, evaluasi kelas, Pusat Pelayanan Bahasa UKI

Abstract

Kehadiran tutor dalam proses belajar mengajar memiliki peran yang sama pentingnya dengan guru. Perbedaannya terletak pada lingkup kerja, di mana tutor lebih banyak berperan di tempat kursus, sedangkan guru di sekolah. Menjadi seorang tutor bukanlah tugas yang mudah, karena dibutuhkan kreativitas dan inovasi dalam mengajar agar pembelajaran lebih menyenangkan. Selain itu, peserta didik memerlukan dorongan dan motivasi agar mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan peran tutor dalam metode dan proses pembelajaran bahasa Inggris di PPB UKI guna meningkatkan efektivitas pembelajaran, (2) memaparkan pengaruh personality dan disiplin tutor terhadap pembelajaran bahasa Inggris, serta (3) menjelaskan evaluasi kelas sebagai faktor peningkat efektivitas pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimental sederhana dengan desain survei yang ditambah dengan observasi dan dokumentasi.  Tahapan penelitian meliputi penyusunan pendahuluan, kajian literatur, perumusan metode, penyusunan instrumen, pengumpulan data, analisis data, dan pemaparan hasil penelitian. Data diperoleh melalui survei yang disebarkan kepada 150 responden.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran tutor untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran sangatlah penting, personality dan disiplin para tutor terhadap pembelajaran bahasa Inggris mempengaruhi para peserta didik dan evaluasi kelas yang dilakukan di PPB UKI terbukti meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris di PPB UKI. Secara keseluruhan, para tutor mampu memberikan pelayanan yang memuaskan serta kontribusi positif dalam pembelajaran bahasa Inggris. Adapun hasil luaran yang ditargetkan adalah masuk ke dalam jurnal pendidikan nasional terakreditasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia & Hadiapurwa. (2023). Pengaruh Pendidikan Non-Formal Bimbel (Bimbingan Belajar) Terhadap Minat Literasi Anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini. Vol.5. No.1 2023: 192-196. DOI: https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2049

Agustina. (2009). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor. Jurnal Akuntansi 1 (1) Mei 2009: 40-69. Universitas Kristen Maranatha Bandung

Budiman, dkk. (2023). Enhancing English Language Proficiency: Strategies for Improving Student Skills. Journal of Scientific Research, Education and Technology. Vol. 2 No 3 2023: 1118-1123. DOI: https://doi.org/10.58526/jsret.v2i3.205

Chimezie, N. (2018). Connecting Character to Conduct: Helping Students Take the Right Decision. International Journal of Education and Research, 6(2), 27–38.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu

Pendekatan Teoretis Psikologis). Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching. Pearson Education Limited.

Jaidi, dkk. (2021). Analisis Peran Guru pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Al-Ummah, Cibadak. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5 (2). 757-766. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1702

Jailani, Syahran. (2018). Perkembangan Bahasa Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran. DOI: https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i1.36

Innovatio: Journal for Religious-Innovation Studies Vol. XVIII, No. 1, January-June 2018, p. 15-26 Website: https://innovatio.pasca.uinjambi.ac.id ISSN 1412-4378 (print) ISSN 2541-2167 (online)

Kamil, Mustofa. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi).

Bandung. Alfabeta

Karimuddin, dkk. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

McKay, P. (2006). Assessing Young Language Learners. Cambridge: Cambridge DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511733093

University Press

Nasution, dkk. (2024). Peran Evaluasi Program Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Guru dan Pembelajaran.

Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024 halaman 24717

file:///C:/Users/User/Downloads/809.+ARTIKEL+EEP+24717-24725%20(1).pdf

Nursalim, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Niken, Indrianie. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1 (1). 126-132. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2567

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Pratama, Ferdian. (2016). Peran Tutor dalam Memotivasi Belajar Klien Reguler di UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal Surabaya. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 5 (2). 1-9.

Rahman, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-unsur Pendidikan. Jurnal Urwatul Wusqa, 2(1), 1-8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul. DOI: https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.261

Samosir, Chairudin. (2006). Buku Saku Tutor Pendidikan Keaksaraan. Medan: BP- PLSP.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Selviani, Dewi & Tanjung, Riani. (2016). Pengembangan Ceklis Observasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar. COMPETITIVE, Vol 11.No.1, Juli

ISSN : 0216-2539 file:///C:/Users/User/Downloads/272-Article%20Text-

-2-10-20180809%20(1).pdf

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardono, Edy. (1994). Teori Peran (Konsep, Derivasi dan Implikasinya). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugono, Dedy. (2008). Pengindonesiaan Kata dan Bahasa Asing. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Surakhmad, Winarno. (1994). Metode Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Renaldo dkk. (2023). Disiplin dalam Pendidikan. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003: Sistem Pendidikan Nasional

Yusniati, dkk. (2020). Peran Tutor untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Mandiri. Departemen Pendidikan Luar Sekolah FIP UPI. 1-

Waters & Bullis. (2023). Augmenting Bloom for Education in the Cognitive Domain. NDU Press.

https://ndupress.ndu.edu/Media/News/News-Article

Widodo, dkk. (2022). Peran Tutor dalam Pembelajaran Virtual pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB Cerme Gresik. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Non- Formal, 8 (3). 2207-2222. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2207-2222.2022

Published

2025-05-02

How to Cite

Sinulingga, F., Saragih, M. W., & Oktafia Purba, A. E. W. (2025). Analisis Peran Tutor dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Pusat Pelayanan Bahasa Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 2052–2069. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5718

Issue

Section

Articles

Categories