Analisis Peran Tutor dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Pusat Pelayanan Bahasa Universitas Kristen Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5718
Keywords:
peran tutor, pembelajaran bahasa Inggris, personality, evaluasi kelas, Pusat Pelayanan Bahasa UKIAbstract
Kehadiran tutor dalam proses belajar mengajar memiliki peran yang sama pentingnya dengan guru. Perbedaannya terletak pada lingkup kerja, di mana tutor lebih banyak berperan di tempat kursus, sedangkan guru di sekolah. Menjadi seorang tutor bukanlah tugas yang mudah, karena dibutuhkan kreativitas dan inovasi dalam mengajar agar pembelajaran lebih menyenangkan. Selain itu, peserta didik memerlukan dorongan dan motivasi agar mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan peran tutor dalam metode dan proses pembelajaran bahasa Inggris di PPB UKI guna meningkatkan efektivitas pembelajaran, (2) memaparkan pengaruh personality dan disiplin tutor terhadap pembelajaran bahasa Inggris, serta (3) menjelaskan evaluasi kelas sebagai faktor peningkat efektivitas pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimental sederhana dengan desain survei yang ditambah dengan observasi dan dokumentasi. Tahapan penelitian meliputi penyusunan pendahuluan, kajian literatur, perumusan metode, penyusunan instrumen, pengumpulan data, analisis data, dan pemaparan hasil penelitian. Data diperoleh melalui survei yang disebarkan kepada 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran tutor untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran sangatlah penting, personality dan disiplin para tutor terhadap pembelajaran bahasa Inggris mempengaruhi para peserta didik dan evaluasi kelas yang dilakukan di PPB UKI terbukti meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris di PPB UKI. Secara keseluruhan, para tutor mampu memberikan pelayanan yang memuaskan serta kontribusi positif dalam pembelajaran bahasa Inggris. Adapun hasil luaran yang ditargetkan adalah masuk ke dalam jurnal pendidikan nasional terakreditasi.
Downloads
References
Aulia & Hadiapurwa. (2023). Pengaruh Pendidikan Non-Formal Bimbel (Bimbingan Belajar) Terhadap Minat Literasi Anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini. Vol.5. No.1 2023: 192-196. DOI: https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2049
Agustina. (2009). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor. Jurnal Akuntansi 1 (1) Mei 2009: 40-69. Universitas Kristen Maranatha Bandung
Budiman, dkk. (2023). Enhancing English Language Proficiency: Strategies for Improving Student Skills. Journal of Scientific Research, Education and Technology. Vol. 2 No 3 2023: 1118-1123. DOI: https://doi.org/10.58526/jsret.v2i3.205
Chimezie, N. (2018). Connecting Character to Conduct: Helping Students Take the Right Decision. International Journal of Education and Research, 6(2), 27–38.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu
Pendekatan Teoretis Psikologis). Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching. Pearson Education Limited.
Jaidi, dkk. (2021). Analisis Peran Guru pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Al-Ummah, Cibadak. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5 (2). 757-766. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1702
Jailani, Syahran. (2018). Perkembangan Bahasa Anak dan Implikasinya dalam Pembelajaran. DOI: https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i1.36
Innovatio: Journal for Religious-Innovation Studies Vol. XVIII, No. 1, January-June 2018, p. 15-26 Website: https://innovatio.pasca.uinjambi.ac.id ISSN 1412-4378 (print) ISSN 2541-2167 (online)
Kamil, Mustofa. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi).
Bandung. Alfabeta
Karimuddin, dkk. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini
McKay, P. (2006). Assessing Young Language Learners. Cambridge: Cambridge DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511733093
University Press
Nasution, dkk. (2024). Peran Evaluasi Program Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Guru dan Pembelajaran.
Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024 halaman 24717
file:///C:/Users/User/Downloads/809.+ARTIKEL+EEP+24717-24725%20(1).pdf
Nursalim, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.
Niken, Indrianie. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1 (1). 126-132. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2567
Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Pratama, Ferdian. (2016). Peran Tutor dalam Memotivasi Belajar Klien Reguler di UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal Surabaya. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 5 (2). 1-9.
Rahman, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-unsur Pendidikan. Jurnal Urwatul Wusqa, 2(1), 1-8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul. DOI: https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.261
Samosir, Chairudin. (2006). Buku Saku Tutor Pendidikan Keaksaraan. Medan: BP- PLSP.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Selviani, Dewi & Tanjung, Riani. (2016). Pengembangan Ceklis Observasi dalam mata pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar. COMPETITIVE, Vol 11.No.1, Juli
ISSN : 0216-2539 file:///C:/Users/User/Downloads/272-Article%20Text-
-2-10-20180809%20(1).pdf
Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardono, Edy. (1994). Teori Peran (Konsep, Derivasi dan Implikasinya). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugono, Dedy. (2008). Pengindonesiaan Kata dan Bahasa Asing. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Surakhmad, Winarno. (1994). Metode Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.
Renaldo dkk. (2023). Disiplin dalam Pendidikan. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup
Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003: Sistem Pendidikan Nasional
Yusniati, dkk. (2020). Peran Tutor untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Mandiri. Departemen Pendidikan Luar Sekolah FIP UPI. 1-
Waters & Bullis. (2023). Augmenting Bloom for Education in the Cognitive Domain. NDU Press.
https://ndupress.ndu.edu/Media/News/News-Article
Widodo, dkk. (2022). Peran Tutor dalam Pembelajaran Virtual pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB Cerme Gresik. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Non- Formal, 8 (3). 2207-2222. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2207-2222.2022
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.