Penerapan Literature Card Role Play dan Storytelling Card Game dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pallangga

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5610

Authors

  • Husnul Khatimah Universitas Negeri Makassar
  • Ramly Ramly Universitas Negeri Makassar
  • Azis Azis Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Literature Card Role Play, Storytelling Card Game, Game-Based Learning, keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Literature Card Role Play dan Storytelling Card Game terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pallangga. Keterampilan berbicara merupakan aspek penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia, namun banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide secara lisan akibat rendahnya rasa percaya diri dan kurangnya metode pembelajaran yang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Repeated Measures untuk mengukur perkembangan keterampilan berbicara siswa setelah mendapatkan perlakuan dengan kedua model pembelajaran. Sampel terdiri dari 114 siswa. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berbicara sebanyak tiga kali dan dianalisis menggunakan uji statistik ANOVA Repeated Measures untuk melihat signifikansi pengaruh kedua metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Literature Card Role Play dan Storytelling Card Game memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa (p < 0,05). Literature Card Role Play lebih efektif dalam meningkatkan struktur berbicara dan organisasi ide siswa, sedangkan Storytelling Card Game lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas dan kelancaran berbicara. Uji perbandingan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua metode (p < 0,05), dengan Literature Card Role Play menunjukkan peningkatan skor keterampilan berbicara rata-rata 85,7%, sedangkan Storytelling Card Game 83,2%. Penelitian ini membuktikan bahwa metode Game-Based Learning berbasis kartu dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa secara signifikan. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, L. N., Sejarah, J. P., Sejarah, S.-J. P., Ilmu, F., & Politik, I. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Game Based Learning berbasis Media Board Game Ular Tangga terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI SMK NEGERI 6 Surabaya Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 15 , No . 3 Tahun 2024. 15(3).

Adipat, S., Laksana, K., Busayanon, K., Asawasowan, A., & Adipat, B. (2021). Engaging students in the learning process with game-based learning: The fundamental concepts. International Journal of Technology in Education, 4(3), 542-552. DOI: https://doi.org/10.46328/ijte.169

Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48-52. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118

Chadijah, S. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan , 4 (2), 161-174.

Haq, FD (2024). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Story Telling Pada Keterampilan Bercerita Siswa Kelas 5 Di Mi Matholiul Falah Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI) , 3 (3), 51-57.

Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan: Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 112-117. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.10

Maulina, C. R., Murtadho, F., & Purbarani, E. (2023). Pengaruh Model Game Based Learning (GBL) Berbantuan Media Study Smarter terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Selatan. ANUFA, 1(2), 163-170. DOI: https://doi.org/10.63629/anufa.v1i2.32

Nurhayati, N., Amiruddin, A., Juanda, J., & Elfira, E. (2022). Penerapan Metode Storytelling Menggunakan Media Hand Puppet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-Kanak. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1140–1145. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4618 DOI: https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4618

Rezky, Y., Kadir, A., Karmila, W., Achmad, S., Faisal, M., & Berbicara, K. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kota Makassar. Pinisi Journal Of Educaation, 3(1), 142–155.

Salman, N. I. M., Rabiah, S., & Mazhud, N. (2024). Penerapan Metode Storytelling dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMAN 3 Sinjai. Journal on Education, 6(2), 15045-15055.

Sarbini, R. N., & Fatmawati, A. (2017, October). Pengembangan Game Based Learning Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Mekanisme Role Playing. In Seminar Nasional dan Gelar Produk| SENASPRO (p. 337).

Wulandari, S. A., Safitri, S., Studi, P., Sejarah, P., Sriwijaya, U., & Api, B. L. (2024). Penerapan Metode Game Based Learning dalam Materi Sejarah Bandung Lautan Api di Kelas XI IPS Sma Negeri 4 Pagar Alam. 2(1), 34–41.

Published

2025-04-09

How to Cite

Husnul Khatimah, Ramly, R., & Azis, A. (2025). Penerapan Literature Card Role Play dan Storytelling Card Game dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pallangga. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1829–1843. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5610

Issue

Section

Articles

Categories

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2