Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Kelas X SMAN 1 Pangkep

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5551

Authors

  • Nur Azira Azis Universitas Negeri Makassar
  • Salam Salam Universitas Negeri Makassar
  • Nensilianti Nensilianti Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, literasi baca, literasi tulis, suara demokrasi, keterampilan kritis, pendidikan karakter

Abstract

Artikel ini membahas tentang pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Suara Demokrasi" dalam upaya meningkatkan keterampilan literasi baca dan tulis siswa kelas X. P5 bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa melalui pembelajaran yang berbasis pada nilai-nilai Pancasila, dengan fokus pada penguatan keterampilan literasi sebagai bagian integral dari pendidikan. Penelitian ini mengamati bagaimana kegiatan eksplorasi, penulisan esai, simulasi pemilu, dan presentasi kampanye dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca teks yang kompleks, menganalisis informasi, serta menulis esai dan materi persuasif. Selain itu, siswa juga lebih aktif dalam berdiskusi, berpikir kritis, dan menyusun argumen secara terstruktur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa P5 dengan tema "Suara Demokrasi" efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi baca dan tulis, serta memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep demokrasi dan hak suara. Oleh karena itu, penerapan P5 dapat menjadi salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas literasi di sekolah menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Bharati, D. A. L. (2019). Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 386-389).

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Hartatik, S. F., Astuti, E. S., & Ramadhani, A. A. (2022). Tantangan Penerapan Pembelajaran Literasi di Sekolah Sasaran Program Kampus Mengajar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5351-5354. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1175

Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 177-188. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10426

Jufri, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Baca Tulis di Sekolah. Jakarta.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Numerasi di Sekolah. Jakarta.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah. Jakarta.

Lubis, P., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan Literasi Di Era Digital Dan Cara Mengatasinya. Jurnal Media Infotama, 19(2), 487-496. DOI: https://doi.org/10.37676/jmi.v19i2.4399

Nurjannah, N. (2022). Tantangan pengembangan kurikulum dalam meningkatkan literasi digital serta pembentukan karakter peserta didik di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844-6854. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3328

Septiani, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421-435. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.14211

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2025). Analisis Nilai pada Lagu" Sandaran Hati" Karya Letto. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 89-93. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v5i1.1326

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121-128. DOI: https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.1368

Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 76-87.

Published

2025-03-15

How to Cite

Nur Azira Azis, Salam, S., & Nensilianti, N. (2025). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Kelas X SMAN 1 Pangkep. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(2), 1463–1468. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5551

Issue

Section

Articles

Categories