Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Apresiasi Prosa Fiksi dengan Pendekatan Student Centered Learning Berorientasi Kearifan Lokal pada Mahasiswa Perbatasan Indonesia
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.5461
Keywords:
Pengembangan, apresiasi prosa fiksi, kearifan lokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kepraktisan dan kelayakan E-modul berbasis kearifan lokal. Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan research and development menggunakan model 4-D analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Lokasi penelitian dilakukan universitas timor. Sampel penelitian mahasiswa semester III program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas timor. instrumen pengumpulan data dibedakan menjadi dua. Pertama, instrumen utama, berbentuk prototipe e-modul yang dikembangkan dan RPS mata kuliah Apresiasi Prosa Fiksi yang dilengkapi dengan rubrik penilaian. Kedua, instrumen pendukung, berbentuk angket yang digunakan pada tahap analisis kebutuhan, validasi ahli, serta uji coba produk yang telah diproduksi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mencatat poin-poin hasil angket dari ahli, dan mahasiswa, analisis data numeral berbentuk hasil validasi praktisi, dan uji coba produk yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji dari 2 ahli aspek materi isi 76% layak, aspek materi 80% layak, dan aspek desain dan tampilan 76% layak. Sedangkan sedangkan uji pada mahasiswa aspek minat 93,33% sangat layak. Aspek penggunaan 94,11% sangat layak. Aspek kemudahan 94,11% sangat layak. Aspek manfaat 93,75% sangat layak. Aspek evaluasi 94,11% sangat layak. Dari uraian tersebut disimpulkan bahwa pengembangan e-modul mata kuliah apresiasi prosa fiksi dengan pendekatan student centered learning berorientasi kearifan lokal sangat praktis dan layak.
Downloads
References
Ahmad, Haidlor Ali. (2010). ―Kearifan Lokal Sebagai Landasan Pembangunan Bangsa‖ dalam Harmoni: Jurnal Multikultural dan Multireligius Volume IX No. 34 Tahun 2010.
Asriati, Nuraini. (2012). ―Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah‖ dalam Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Volume 3 No. 2 Tahun 2012.
Fajarini, Ulfah. (2014). ―Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter‖ dalam Sosio DOI: https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Didaktika: Social Science Education Journal Volume 1 No. 2 Tahun 2014.
Kusumawardhani, Anggaraeni dan Faturochman. (2004). ―Nasionalisme‖ dalam Buletin Psikologi Volume 12 No. 2 Tahun 2004.Lea et al. (2003). Higher Education Students Attitudes To Student-Centred Learning: Beyond Educational Bulimia?. London: Taylor and Francis.
Musanna, Al. (2011). ―Rasionalitas dan Aktualitas Kearifan Lokal Sebagai Basis Pendidikan Karakter‖ dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 17 No. 6 Tahun 2011. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.51
O’Neil, dan Mcmahon. (2005). Student-Centred Learning: What Does It Mean For Students And Lecturers. Dublin: AISHE.
Partiwi, Sri Gunani dkk. (2023). Panduan Implementasi Pembelajaran Berpusat Pada Mahasiswa. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020—2024.
Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 63 Tahun 2020 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020—2024.
Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Rahayu, Imaniah Kusuma; Uman Rejo; dan Giri Indra Kharisma. (2022). ―Revitalisasi Cerita Rakyat Masyarakat Timor Sebagai Penguatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Era Tatanan Kehidupan Baru‖ dalam Jurnal Sastra Indonesia Volume 11 No. 1 Tahun 2022. DOI: https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.51457
Rasiban, Linna Meilina. (2013). ―Penerapan Student Centered Learning (SCL) Melalui Metode Mnemonik dengan Teknik Asosiasi Pada Mata Kuliah Kanji Dasar‖ dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Volume 13 No. 2 Tahun 2013. DOI: https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.290
Rejo, Uman. (2021). ―Problematika Pembelajaran Sejarah Sastra di Kampus Wilayah Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia-Republik Demokratik Timor Leste‖ dalam Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Volume 4 No. 3 Tahun 2021. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i3.133
Rejo, Uman. (2023). ―Desain Pembelajaran Teori Sastra di Kampus Wilayah Perbatasan NKRI-RDTL Menggunakan Model Project and Problem Based Learning Berbasis Pendidikan Karakter‖ dalam Jurnal Hasta Wiyata Volume 6 No. 1 Tahun 2023. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2023.006.01.05
Sibarani, Robert. (2012). Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan.
Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan (ATL).
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Yuliana, E. Dewi (2010). ―Pentingnya Pendidikan Karakter Bangsa Guna Merevitalisasi
Ketahanan Bangsa‖ dalam Buletin Udayana Mengabdi Volume 9 No. 2 Tahun 2010.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.