Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama melalui Strategi Reviewing Film Berbasis Project Based Learning
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i2.5355
Keywords:
film, naskah drama, proyek, reviewing, temaAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI TKJ SMK Kampung Jawa Jakarta melalui strategi reviewing film berbasis Project Based Learning (PjBL). Selain itu, penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan ide cerita (mengembangkan kreativitas), meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis dialog yang sesuai dengan karakter (mengembangkan inovasi), dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun alur cerita yang logis dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan model spiral Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil pra siklus menunjukkan permasalahan pada keaktifan siswa (rata-rata 72%), kualitas modul ajar (nilai 67,5 dengan kategori "Cukup"), dan rendahnya keterampilan menulis naskah drama, terutama pada penokohan, latar, dan petunjuk teknis. Hasil penelitian menyatakan Peningkatan keterampilan menulis naskah drama melalui strategi reviewing film berbasis project based learning mengalami keberhasilan penelitian tindakan sesuai dengan karakteristik penelitian tindakan yaitu dengan indikator keberhasilan hasil, keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Indikator keberhasilan hasil yakni siswa meningkat nilai hasil belajarnya (artinya nilai siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 90). Pada tahap prasiklus nilai hasil belajar siswa rata-rata hanya 55,31 (predikat E dengan keterangan Kurang Sekali). Selanjutnya indikator keberhasilan proses juga berhasil yakni dengan melihat hasil observasi pengamatan model pembelajaran project based learning melalui sintaks-sintaksnya. Sedangkan untuk keberhasilan produk dilihat dari terjadinya peningkatan kualitas produk yang awalnya kualitas produk yang rendah kemudian setelah melakukan penelitian tindakan kualitas produk meningkat lebih baik dari sebelumnya sesuai kriteria tertentu.
Downloads
References
Achmad, Sri Wintala. (2016). Menulis Kreatif Itu Gampang. Yogyakarta: Araska.
Agintayani. (2022). Project Based Learning Berbantu Mindmapping dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, Vol 2 No 4. DOI: https://doi.org/10.51878/secondary.v2i4.1660
Alexander, Victoria D. (2010). Sosiologi Seni: Menjelajahi Bentuk-Bentuk Rupa dan Populer. Malden: Blackwell Publishing.
Ali Murtadlo & Zainal Aqib. (2022). Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Anggraini, P.R., Rohmatun, D.U., & Wirawati, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Reviewing a Film pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Kalasan. Jurnal Ilmiah Kependidikan: Vol 2 No 1. DOI: https://doi.org/10.54840/juwita.v2i1.119
Aristotle. (1997). The Poetics. Penguin Classics.
Asis Nojeng Amal Akbar Suparmin S. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Drama dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan di Kelas XI SMAN 9 Gowa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(2), 527-540. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1325
Assegaf, A., & Sontani, U.T. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PbL). Jurnal Pendidikan Mananjemen Perkantoran, Vol 1 No 1. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263
Atep Sujana & Wahyu Sopandi. (2020). Model-model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Implementasinya. Depok: Rajawali Pers.
Brace, Ian. (2008). Questionnaire Design: How to Plan, Structure and Write Survey Material for Effective Market Research. Kogan Page.
Cahyaningrum, Fitria, Andayani, Kundharu Sudhono. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Melalui Model Think Pair Share Dan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri Kebakkramat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 3 No 1. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.605
Chikita, G. P., Padmadewi, N. N., & Suarnajaya, I. W. (2013). The Effect of Project Based Learning and Students’ perceived Learning Discipline Toward The Writing Competency of The Eleventh Grade Students of SMAN 5 Mataram In The Academic Year 2012/2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, Vol 1 No 1.
Dalman. (2013). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Destiana, D. (2019). Keterampilan Berbahasa Menulis Karangan Deskripsi
Dewojati, Cahyaningrum. (2012). Drama: Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Jakarta: Javakarsa Media.
Didin Khaerudin, Suherli Kusmana & Iyay Robia Khaerudin. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Drama Berdasarkan Pengalaman Pengarang sebagai Bahan Ajar Drama di SMP/MTS. Jurnal Tuturan, Vol 8 No 2. DOI: https://doi.org/10.33603/jt.v8i2.2867
Doppelt, Y. (2005). Assessment of Project Based Learning in a Mechatronics Context. Journal of Thecnology Education, Vol 16 No 2. DOI: https://doi.org/10.21061/jte.v16i2.a.1
Elliot, John. (1992). The Action Research Reader. Victoria: Deakin University.
Ernest, T. S. (1999). Action Research Second Edition. London: Sage Publication.
Febrian, I. D., Wagiran, W., & Utami, S. P. T. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Satu Babak melalui Media Film Bisu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 5 Banjarharjo Kabupaten Brebes. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2), 191-202.
Fogarty, R. (1997). Problem- Based Learning & Other Curiculum Models for the Multiple Intelligences ClassRoom. New York: Sky light Traning and Publishing.
Freytag, G. (1894). Technique of the Drama: An Exposition of Dramatic Composition and Art. Forgotten Books.
Halim, Abdul. (2017). Panduan Penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran. Cirebon: CV. Andi Offset.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Holden, P. (2006). The Drama of Quality: Oscar Wilde to Tom Stoppard. Manchester University Press
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85–99. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.27
Irfan Muzni, A. & Karwono. (2020). Strategi Pembelajaran dalam Profesi Keguruan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Jaakkola, Maarit. (2018). Ulasan Vernakular sebagai Bentuk Konsumsi Bersama Video Ulasan yang dibuat oleh pengguna YouTube. Media Kultur: Jurnal Penelitian Media dan Komunikasi, 34-65, 10-30.
Jaakola M. (2020). Useful Creativity: Vernacular Reviewing on the Video-Sharing Platform Vimeo. Culture Unbound, 1-20. DOI: https://doi.org/10.3384/cu.2000.1525.20200420a
Karanth, Ullas. K., Nichols. J. D., & O’Connel. Allan F. (2011). Camera Traps in Animal Ecology: Methods and Analyses. New York: Springer.
Kemdikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran IPA SMP/MTS. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. (2022). Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
King, S. (2000). On Writing: A Memoir of the Craft. Scribner.
Komaidi, Didik. (2008). Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media.
Kristanti, Y., Subiki, S., & Handayani, R. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, Vol 5 No 2.
Kristensen, Nete Noorgaard & From, Unni. (2017). Dari Menara Gading ke Persona Lintas Media: Kritikus Budaya yang Heterogen di Media, Nete Nergaard Kristensen & Unni From (eds) Cultural Jounalism and Cultural Critique in The Media. Abingdon: Routledge, 94-112.
Kusumastuti, Miyarsih. (2016). Menulis Naskah Drama. Purwokerto: Bebook Publisher.
Lukács, G. (1971). The Theory of the Novel: A Historico-Philosophical Essay on the Forms of Great Epic Literature. Merlin Press.
Martin, C. (2010). The Dramaturgy of the Real on the World Stage. Palgrave Macmillan. DOI: https://doi.org/10.1057/9780230251311
Madya, Suwarsih. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Michael, J. Wallace. (1998). Action Research For Language Teacher. Inggris: Cambridge University Press.
Mulyani, I.S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan Metode Debat dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris pada Peserta Didik Kelas VII C SMPN 4 Cianjung. Jurnal Joepalt (Journal of English Pedagogy, Linguistics, Literature, and Teaching), Vol 6 No 1. DOI: https://doi.org/10.35194/jj.v6i1.255
Nasution, F. A. (2016). Hubungan Penguasaan Kohesi dan Koherensi dengan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Universitas Negeri Medan.
Ngalimun, Fauzani & A. Salaby. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Nur Fatmawati. (2019). Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Dan Pembelajaran, Vol 3.
Nur Niklah, Ngasbun Egar, Harjito U. (2018). Penggunaan Gambar Seri dalam Menulis Naskah Drama sebagai Objek Pengembangan Bahan Ajar untuk Siswa Kelas VIII MTs di Jepara. TEKS, 2(1), 29-35. https://doi.org/10.26877/teks.v2i1.2778 DOI: https://doi.org/10.26877/teks.v2i1.2778
Nurgiyantoro, Burhan. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. (1987). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE
Nurjamal, D. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung : Alfabeta.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol 1 No 1. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Nuryanto, Toto. (2017). Apresiasi Drama. Depok: Rajawali Pers.
NYC Departement of Education (2009). Project Based Learning: Inspiring Middle School Student to Engage in Deep and Active Learning. New York : Division of Teaching and Learning Office
Oktari, D., Purwadi A.J., Amrizal A. (2019). Kemampuan Menulis Naskah Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Vol 3 No 1. DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7341
Payne, Geoff., Payne Judy. (2004). Key Concepts and In Social Research. British Library Cataloguing in Publication Data. DOI: https://doi.org/10.4135/9781849209397
Pink, Sarah. (2013). Observation Methods. Sage Publications Ltd.
Pohan, A. E. (2020). Enhanching The Secondary Students Writing Skills Through Project Based Learning. Cahaya Pendidikan, Vol 6 No 1. DOI: https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2359
Purwati, Duwi. (2020). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Potensi Lokal (Panduan Menulis Naskah Drama dengan Mudah). Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Putra, Bintang Angkasa. (2012). Drama Teori dan Pementasan. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.
Rasna, I.W., Perayani, K. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol 11 No 1. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.741
Safitri, I. (2017). Efektivitas Model Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bintan Tahun Pelajaran 2015-2016. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.
Sakubun, M. N. H. D. (2019). Journal of Japanese Learning and Teaching
Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT. Raja Grafindo.
Saputra, Y. E., & Slamet, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Perekayasaan Sistem Kontrol Siswa Kelas Xii Ei 3 Smk N 3 Wonosari. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(3), 55-60.
Satoto, Soediro. (2012). Analisis Drama dan Teater Jilid 1. Yogyakarta: Ombak.
Shirky, Clay. (2008). Ini Dia Semua Orang: Kekuatan Pengorganisasian tanpa Organisasi. New York: Penguin Press.
Sholihaha, U. (2017). Project Based Learning (PjBL) to Improve Students Writing Capability. In Science, Engineering, Education, And Development Studies (Seeds): Conference Series, Vol 1 No 1. DOI: https://doi.org/10.20961/seeds.v1i1.20278
Siswono, Hardjodipuro. (1997). Action Research Sintesis Teoretik. Jakarta
Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi: Mix Methods. Bandung: Alfabeta.
Suroso. (2015). Drama: Teori dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: Elmatera.
Susanto, S., & Andik, A. (2020). Penerapan Project Base Learning Dalam Upaya Meningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Bahasa Jawa Siswa Kelas Ix E Smp Negeri I Gondang Mojokerto Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pedagogi: JurnalPenelitian Dan Pendidikan, 1(1), 57–66
Sutikno, M. Sobry. (2014). Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Sutirman. 2013. Media & Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tabelessy, N. (2019). Kreativitas Menulis Karangan Persuasi Siswa SMP. Jurnal Tahuri, 16(2), 35–46. DOI: https://doi.org/10.30598/tahurivol16issue2page35-46
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation.
Waluyo, Herman J. (2002). Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.
Wati, H. S., & Santosa, W. H. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Papan Cerita dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Kelas VII MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran. Caraka, 5(2), 29–36. DOI: https://doi.org/10.30738/caraka.v5i2.4830
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, Prasetyo Budi. 2006.Reliabilitas dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro Vol.3 No. 1, Juni 2006.
Wiesendanger, Katherine D. (2001). Strategies for Literacy Education. Ohio: Merril Prentice Hall.
Mimin. (2016). Cara Mudah Menyusun Naskah Drama. Makassar: CV Upaya Peraga Gading.
Harahap, S. H., Nur, S. F., & Retta, E. M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 336-339. DOI: https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1767
Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam pembelajaran biologi. In Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education) (Vol. 1, No. 1, pp. 453-462).
Saputra, Y. E., & Slamet, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Perekayasaan Sistem Kontrol Siswa Kelas Xii Ei 3 Smk N 3 Wonosari. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(3), 55-60.
Hastasasi, W., Harjatanaya, T. Y., Kristiani, A. D., Herutami, I., & Andiarti, A. (2022). Panduan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138. DOI: https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Zhang, L., & Ma, Y. (2023). A study of the impact of project-based learning on student learning effects: A meta-analysis study. Frontiers in psychology, 14, 1202728. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1202728
Sasson, I., Yehuda, I., & Malkinson, N. (2018). Fostering the skills of critical thinking and question-posing in a project-based learning environment. Thinking Skills and Creativity, 29, 203-212. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.08.001
Yousef, A. M. F., Chatti, M. A., & Schroeder, U. (2014). Video-based learning: A critical analysis of the research published in 2003-2013 and future visions. In eLmL 2014, The Sixth International Conference on Mobile, Hybrid, and On-line Learning (pp. 112-119).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.