Analisis Upaya Pelestarian Bahasa Daerah Suku Bolango Memanfaatkan Tekologi Kamus Digital Tiga Bahasa
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4906
Keywords:
Bahasa Daerah, Pelestarian Bahasa, Suku Bolango, Kualitatif, Kamus DigitalAbstract
Bahasa daerah merupakan bahasa etnis yang harus di lestarikan sebagai kearifan lokal yang menjadi pemersatu dalam etnis itu sendiri dan dapat menjadi ikon pariwisata daerah. Penelitian ini mengambil study kasus pada bahasa daerah suku bolango yang berlokasi di kabupaten bolaang mongondow selatan dan Daerah Tapa Gorontalo. Urgensi Penelitian ini adalah Penurunan jumlah penutur dan adanya invasi bahasa asing merupakan indikator utama tergesernya eksistensi bahasa dan sastra daerah, dimana era perkembangan media komunikasi moderen yang mengancam keberadaan dan pelestarian bahasa daerah sehingga mulai terancam punah. Tujuan Penelitian ini untuk Menganalisis Upaya Strategi Pelestarian Bahasa Daerah suku bolango dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dalam membangun Kamus Digital tiga Bahasa yaitu Bahasa Bolango, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Kualiatatif, dimana peneliti mencoba memahami, mengeksplorasi, dan berinteraksi dengan orang-orang yang terkait dengan fokus penelitian untuk mempelajari informasi dan data Terkait Pelestarian bahasa Bolango . Hasil perancangan kamus digital Bolango – Bahasa Indonesia – Inggris ini menjadi media penting dalam mendukung pelestarian bahasa Bolango. Kamus ini tidak hanya memfasilitasi pembelajaran dan konservasi bahasa, tetapi juga membuka jalan bagi generasi muda dan masyarakat internasional untuk mengenal dan menghargai kekayaan budaya dan bahasa lokal Bolango
Downloads
References
Aljamaliah, S. N. M., & Darmadi, D. M. (2021). Penggunaan Bahasa Daerah (Sunda) Di Kalangan Remaja Dalam Melestarikan Bahasa Nasional Untuk Membangun Jati Diri Bangsa. Sarasvati, 3(2), 123. https://doi.org/10.30742/sv.v3i2.1740 DOI: https://doi.org/10.30742/sv.v3i2.1740
Dewi Christa Kobis. (2023). Upaya Pelestarian Bahasa Dan Budaya Minahasa Melalui Digitalisasi Dan Penerjemahan Naskah. Sabana (Sosiologi, Antropologi, Dan Budaya Nusantara), 2(2), 66–77. https://doi.org/10.55123/sabana.v2i2.2395 DOI: https://doi.org/10.55123/sabana.v2i2.2395
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (M. S. Dr. Patta Rapanna, SE. (ed.)). Syakir Media Press. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn
Dunggio, R., Hinta, E., & Muslimin. (2023). Makna Simbol Verbal Dan Nonverbal Dalam Prosesi Adat Pernikahan Suku Bolango The Meaning of Verbal And Nonverbal Symbols In Processes Bolango Tribe Wedding Customs. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 4(2), 25–34. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjll
F Faridy, L Amelia, C. U.-. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Daerah Sebagai Bahasa Ibu Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v9i1.12544
Hairah, U., Achmad, R. Z., Tejawati, A., & Kamila, V. Z. (2023). Pemanfaatan E-Dictionary untuk Literasi Digital Pengenalan Bahasa Tidung. 1(June), 1–5. DOI: https://doi.org/10.53622/intekmas.v1i1.195
NA Alwi, N Halimah, M. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Digital (Kamus Digital) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas IV SD. Sastra Indonesia.
Naibaho, L., Nadeak, B., & Sormin, E. (2023). Pelestarian Bahasa Daerah Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia. 88. www.penerbitwidina.com
Rahardini, N. A., Niswah, A. A., Airlangga, U., & Ayu, N. (2022). Revitalization of Minority Languages In Indonesia Naskah. Jurnal Etnolingual, 6(2), 113–134. https://doi.org/10.20473/etno.v6i2.41287 DOI: https://doi.org/10.20473/etno.v6i2.35947
Teknologi, P., & Industri, K. (2023). Kosakata dan Lafal Kata Bahasa Indonesia Dalam Tindak Tutur Mahasiswa PTKI Medan. 00(00), 1–9. https://doi.org/10.19105/nuansa.v18i1.xxxx
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.