Pendayagunaan Bilingualisme Masyarakat Wirausaha di Pasar Bunder Sragen serta Implikasinya pada Keterampilan Berbicara

https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4881

Authors

  • Anita Putri Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Atiqa Sabardila Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

bilingualisme, wirausaha, keterampilan berbicara

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bilingualisme pada masyarakat wirausaha di pasar Bunder Sragen, serta menganalisis implikasi adanya bilingualism pada keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan di salah satu pasar wilayah Sragen yaitu pasar Bunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu, 1) observasi, pada penelitian ini dilakukan dengan pengamatan di wilayah pasar bunder , 2) wawancara dengan teknik simak catat pada masyarakat bilingual. Sumber data primer yang dikumpulkan langsung oleh peneliti yaitu dialog dari masyarakat wirausaha di pasar bunder yang bilingual. Sedangkan sumber data sekunder dilakukan dengan cara studi Pustaka guna memperkuat temuan peneliti. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) terdapat tiga jenis tingkat bilingualitas yaitu koordinatif merupakan tingkat bilingualitas sejajar atau berimbang, bilingualitas majemuk yaitu penggunaan Bahasa yang tidak sama baiknya, dan sub-ordinatif yaitu bilingualisme bersifat kompleks, 2) bilingualisme memiliki dampak signifikan pada keterampilan berbicara masyarakat wirausaha bahwa kemampuan berkomunikasi lebih dari satu bahasa dapat memperluas jaringan bisnis, meningkatkan efektivitas negosiasi, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprila Diniarti, D., & Haeruddin, H. (2021). Campur Kode Di Lingkungan Masyarakat Pancor Sanggeng, Kabupaten Lombok Timur. Berajah Journal, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.47353/bj.v1i1.6 DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v1i1.6

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik : Perkenalan awal. Jakarta : Rineka Cipta

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Darmawati, A. Z., Yuliana, R., & Tisnasari, S. (2021). Developing Bilingual Pop-Up Book Media on the Material About Ayam Jago Baru Fairy Tales for Students’ Speaking Skills. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 16. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8044 DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8044

Diana, A., Saputry, D., Izhar, I., & Safitrian, E. (2024). Kedwibahasaan pada Masyarakat Desa Kacamarga. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 7(2), 416–432. https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i2.8139 DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i2.8139

Eva Anggria, Joko Hariadi, M. T. H. (2022). Analisis Kedwibahasaan Masyarakat Desa Cinta Raja Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Samudra Bahasa, 5(5).

Febrianto, A., Rakhmawati, A., & Saddhono, K. (2022). Dimensi Masalah Sosiolinguistik. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 308–311. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.916 DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.916

Huda, Z. N., Nurfadillah, S., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh Implementasi Kedwibahasaan terhadap Kemampuan Kognitif dalam Keterampilan Menulis. Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 160–170. DOI: https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.820

Istiqomah, W. N., Purwanto, B. E., & Nirmala, A. A. (2022). Bilingualisme Tuturan Pada Masyarakat Petunjungan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. PERISAI, 1(1).

Irawati Fajeri, F. A. S. (2024). Fenomena Bilingualisme di Kalangan Siswa SD: Dampak Terhadap Kemampuan Berbahasa Volume : 1 Nomor : 3 Tahun 2024. Jupensal, 506–513.

Kartikasari, R. D. (2019). Penggunaan Bilingualisme pada Masyarakat Yang Berwirausaha. Pena Literasi, 2(1), 47. https://doi.org/10.24853/pl.2.1.47-54 DOI: https://doi.org/10.24853/pl.2.1.211-219

Nasucha, Yakub. (2022). Modul Keterampilan Berbicara : Pembelajaran Teori dan Teknik. Surakarta : Yuma Pustaka.

Ningrum, M. A. (2017). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43 DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43

Nurhidayati, S., Supendi, D. A., & Humaira, H. W. (2021). Penggunaan Dwibahasa Pada Kanal Youtube Boy William. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 139. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i2.1916 DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i2.1916

Nurjanah, N., & Srihilmawati, R. (2023). Kedwibahasaan Kelompok Dewasa (Studi Deskriptif terhadap Masyarakat Blok Karang Asem, Desa Sindang Mekar, Perwakilan Kecamatan Duku Puntang, Kabupaten Cirebon). Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 106-114 DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.4093

Nursalam, Akhiruddin, & M. Ridwan. (2022). Representasi Gender dan Aspek Pendukung Kemampuan Bilingualisme Penutur Bahasa Makassar di Ambon. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 738–748. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1977 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1977

Oliveira, J. P. de, & Souza, A. C. S. de. (2023). Sociolinguistics: historical path of the constitution of sociolinguistics as a science. Themes Focused on Interdisciplinarity and Sustainable Development Worldwide V.1. https://doi.org/10.56238/tfisdwv1-062 DOI: https://doi.org/10.56238/tfisdwv1-062

Paramita, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2), 163-192. DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.75

Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Pustaka Belajar.

Primadasa, A., Pradana, R. G., Rahmayanti, Permata, S. C. F. P., Ramadhan, S., & Ervita, D. (2023). Kemampuan Multibahasa: Tinjauan Area Otak dan Pengaruh Lingkungan. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1177–1191.

Rahmawati, S., & Akib, T. (2023). Pengaruh Kepribadian Ekstrover dan Introver Terhadap Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 98-107. DOI: https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.869

Revin Delia Arisandi, Teguh Sofyan Firdiansyah, & Muhammad Yusron Aminullah Ismail. (2023). Perspektif Akulturasi Nilai Bilingualisme Bahasa di Situbondo. Jurnal Lentera Edukasi, 1(2 SE-Articles), 1–6. https://doi.org/10.70305/jle.v1i2.18 DOI: https://doi.org/10.70305/jle.v1i2.18

Sukirman. (2021). Beberapa Aspek dalam Kedwibahasaan (Suatu Tinjaun Sosiolinguistik). Jurnal Konsepsi, 9(4), 191–197. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi

Turnip, F., & Sari, Y. (2024). JIIC : Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol : 1 No : 8 , Oktober 2024 Transformasi Nilai Budaya Lokal The Role Of Bilingualism In The Preservation And Transformation Of Local Cultural Values Jiic : Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol : 1 No : 8 , Oktober 2024. 3785–3792.

Published

2025-02-05

How to Cite

Anita Putri Lestari, & Atiqa Sabardila. (2025). Pendayagunaan Bilingualisme Masyarakat Wirausaha di Pasar Bunder Sragen serta Implikasinya pada Keterampilan Berbicara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 905–915. https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4881

Issue

Section

Articles

Categories