Pendayagunaan Bilingualisme Masyarakat Wirausaha di Pasar Bunder Sragen serta Implikasinya pada Keterampilan Berbicara
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4881
Keywords:
bilingualisme, wirausaha, keterampilan berbicaraAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bilingualisme pada masyarakat wirausaha di pasar Bunder Sragen, serta menganalisis implikasi adanya bilingualism pada keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan di salah satu pasar wilayah Sragen yaitu pasar Bunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu, 1) observasi, pada penelitian ini dilakukan dengan pengamatan di wilayah pasar bunder , 2) wawancara dengan teknik simak catat pada masyarakat bilingual. Sumber data primer yang dikumpulkan langsung oleh peneliti yaitu dialog dari masyarakat wirausaha di pasar bunder yang bilingual. Sedangkan sumber data sekunder dilakukan dengan cara studi Pustaka guna memperkuat temuan peneliti. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) terdapat tiga jenis tingkat bilingualitas yaitu koordinatif merupakan tingkat bilingualitas sejajar atau berimbang, bilingualitas majemuk yaitu penggunaan Bahasa yang tidak sama baiknya, dan sub-ordinatif yaitu bilingualisme bersifat kompleks, 2) bilingualisme memiliki dampak signifikan pada keterampilan berbicara masyarakat wirausaha bahwa kemampuan berkomunikasi lebih dari satu bahasa dapat memperluas jaringan bisnis, meningkatkan efektivitas negosiasi, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.
Downloads
References
Aprila Diniarti, D., & Haeruddin, H. (2021). Campur Kode Di Lingkungan Masyarakat Pancor Sanggeng, Kabupaten Lombok Timur. Berajah Journal, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.47353/bj.v1i1.6 DOI: https://doi.org/10.47353/bj.v1i1.6
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik : Perkenalan awal. Jakarta : Rineka Cipta
Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Darmawati, A. Z., Yuliana, R., & Tisnasari, S. (2021). Developing Bilingual Pop-Up Book Media on the Material About Ayam Jago Baru Fairy Tales for Students’ Speaking Skills. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 16. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8044 DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8044
Diana, A., Saputry, D., Izhar, I., & Safitrian, E. (2024). Kedwibahasaan pada Masyarakat Desa Kacamarga. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 7(2), 416–432. https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i2.8139 DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v7i2.8139
Eva Anggria, Joko Hariadi, M. T. H. (2022). Analisis Kedwibahasaan Masyarakat Desa Cinta Raja Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Samudra Bahasa, 5(5).
Febrianto, A., Rakhmawati, A., & Saddhono, K. (2022). Dimensi Masalah Sosiolinguistik. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 5(2), 308–311. https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.916 DOI: https://doi.org/10.47647/jsh.v5i2.916
Huda, Z. N., Nurfadillah, S., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh Implementasi Kedwibahasaan terhadap Kemampuan Kognitif dalam Keterampilan Menulis. Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 160–170. DOI: https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.820
Istiqomah, W. N., Purwanto, B. E., & Nirmala, A. A. (2022). Bilingualisme Tuturan Pada Masyarakat Petunjungan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. PERISAI, 1(1).
Irawati Fajeri, F. A. S. (2024). Fenomena Bilingualisme di Kalangan Siswa SD: Dampak Terhadap Kemampuan Berbahasa Volume : 1 Nomor : 3 Tahun 2024. Jupensal, 506–513.
Kartikasari, R. D. (2019). Penggunaan Bilingualisme pada Masyarakat Yang Berwirausaha. Pena Literasi, 2(1), 47. https://doi.org/10.24853/pl.2.1.47-54 DOI: https://doi.org/10.24853/pl.2.1.211-219
Nasucha, Yakub. (2022). Modul Keterampilan Berbicara : Pembelajaran Teori dan Teknik. Surakarta : Yuma Pustaka.
Ningrum, M. A. (2017). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 39. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43 DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43
Nurhidayati, S., Supendi, D. A., & Humaira, H. W. (2021). Penggunaan Dwibahasa Pada Kanal Youtube Boy William. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 139. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i2.1916 DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i2.1916
Nurjanah, N., & Srihilmawati, R. (2023). Kedwibahasaan Kelompok Dewasa (Studi Deskriptif terhadap Masyarakat Blok Karang Asem, Desa Sindang Mekar, Perwakilan Kecamatan Duku Puntang, Kabupaten Cirebon). Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 106-114 DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.4093
Nursalam, Akhiruddin, & M. Ridwan. (2022). Representasi Gender dan Aspek Pendukung Kemampuan Bilingualisme Penutur Bahasa Makassar di Ambon. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 738–748. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1977 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1977
Oliveira, J. P. de, & Souza, A. C. S. de. (2023). Sociolinguistics: historical path of the constitution of sociolinguistics as a science. Themes Focused on Interdisciplinarity and Sustainable Development Worldwide V.1. https://doi.org/10.56238/tfisdwv1-062 DOI: https://doi.org/10.56238/tfisdwv1-062
Paramita, N. P. (2017). Implementasi Pendekatan Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2), 163-192. DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.75
Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Pustaka Belajar.
Primadasa, A., Pradana, R. G., Rahmayanti, Permata, S. C. F. P., Ramadhan, S., & Ervita, D. (2023). Kemampuan Multibahasa: Tinjauan Area Otak dan Pengaruh Lingkungan. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1177–1191.
Rahmawati, S., & Akib, T. (2023). Pengaruh Kepribadian Ekstrover dan Introver Terhadap Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 98-107. DOI: https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i3.869
Revin Delia Arisandi, Teguh Sofyan Firdiansyah, & Muhammad Yusron Aminullah Ismail. (2023). Perspektif Akulturasi Nilai Bilingualisme Bahasa di Situbondo. Jurnal Lentera Edukasi, 1(2 SE-Articles), 1–6. https://doi.org/10.70305/jle.v1i2.18 DOI: https://doi.org/10.70305/jle.v1i2.18
Sukirman. (2021). Beberapa Aspek dalam Kedwibahasaan (Suatu Tinjaun Sosiolinguistik). Jurnal Konsepsi, 9(4), 191–197. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi
Turnip, F., & Sari, Y. (2024). JIIC : Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol : 1 No : 8 , Oktober 2024 Transformasi Nilai Budaya Lokal The Role Of Bilingualism In The Preservation And Transformation Of Local Cultural Values Jiic : Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol : 1 No : 8 , Oktober 2024. 3785–3792.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.