Isu-isu Calon Presiden 2024 dalam Teks Berita Online
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4816
Keywords:
Analisis Wacana Kritis, Isu Calon Presiden 2024, Dimensi TeksAbstract
Wacana isu capres 2024 merupakan wacana yang dibentuk oleh praktik kekuasaan yang menyiratkan tujuan-tujuan tertentu. Oleh karena itu, wacana media yang memberitakan isu capres 2024 merupakan isu atau masalah yang mengandung bahasa atau ungkapan kritis. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui tujuan atau maksud dari isu capres yang memberitakan tokoh-tokoh populer yang memiliki pengaruh besar terhadap perubahan sosial dan kemajuan negara di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis teks berita mengenai calon presiden dengan menggunakan dimensi teks model Teun A. van Dijk berupa struktur makro, super struktur, dan struktur mikro yang dimodifikasi dengan model Jufri. Jenis metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif yang menggambarkan aspek-aspek dimensi teks dari struktur wacana, data yang digunakan adalah teks tertulis pada media berita online CNN Indonesia, Jawapos.com, dan Kompas.com. Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran dan penafsiran dari aspek-aspek dimensi teks yang berupa struktur makro, super struktur, dan struktur mikro yang kemudian dijelaskan dalam bentuk tindakan atau aksi yang memiliki tujuan tertentu. Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi teoritis dan memberikan gambaran konseptual yang dapat menginspirasi para peneliti atau mahasiswa yang berfokus pada kajian analisis wacana kritis dan dapat diimplementasikan dalam mata kuliah wacana kritis.
Downloads
References
Badara, A. (2012). Analisis Wacana teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Cetakan ke 3, Jakarta: Kencana.
Darma, Y. A. (2009). Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.
Eriyanto. (2001). Analisis wacana pengantar analisis teks media. Cet ke-1. Cet 2015. Yogyakarta: LKiS.
Haryadi, Mukti., & Hamdani, Agus. (2024). Analisis wacana kritis Van Dijk pemberitaan peringatan darurat dan kekerasan aparat Kompas.com. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2). 2580-4766. http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v9i2.30103
Haryatmoko. (2019). Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana Kritis) landasan teori metodologi dan penerapan. edisi 1 cet 3. Depok: Rajawali Pers.
Jorgensen, Marianne W & Louise J. Philips. (2007). Analisis wacana Teori & Metode. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jufri, Jufri (2017). Wacana Kritis. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Julaeha, A. S., Suherman, E., & Julianto, C. D. (2021). Analisis Wacana Kritis Model "Teun A Van Dijk" Terhadap Teks Wacana Berita Daring Cnn Indonesia. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah, 10(3), 168-176.
Lumah, D. Y., & Sulistyawati, R. (2022). Analisis Wacana Kritis Teun A Van Dijk dalam Pernyataan Menteri Agama tentang Aturan Pengeras Suara Masjid. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 177-189. DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.10276
Ramadhan, S. G., & Assidik, G. K. (2022). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Djik pada Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional 2020. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 22-39. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1507
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Van Dijk, T. A. (1980). Studi interdisipliner tentang struktur global dalam wacana, interaksi, dan kognisi. Struktur makroErlbaum, Hillsdale, NJ.
Winingsih, W., Anshori, D., & Nurhadi, J. (2022). Analisis wacana kritis model Van Dijk terhadap isu pelemahan KPK dalam pemberitaan Narasi Newsroom. LITERA, 21(1), 94-103. DOI: https://doi.org/10.21831/ltr.v21i1.40811
Yanti, N. P. D. E., Putrayasa, I. B., & Artika, I. W. (2019). Analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk pada teks pidato klaim kemenangan pilpres 2019. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 356-362.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.