Reduplikasi dalam Acara Catatan Demokrasi Tv One dan Manfaat pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
https://doi.org/10.30605/onoma.v11i1.4718
Keywords:
Reduplikasi, Acara Catatan Demokrasi, Manfaat pada Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan reduplikasi dalam acara Catatan Demokrasi pada stasiun Tv One yaitu, bentuk-bentuk dan makna reduplikasi. Objek penelitian ini adalah reduplikasi yang terdapat dalam acara Catatan Demokrasi sementara data diperoleh menggunakan teknik simak dan catat. Instrumen penelitian ini menggunakan fasilitas berupa Ponsel Samsung Galaxy A13 yang digunakan sebagai alat untuk menyaksikan acara Catatan Demokrasi dan pengguanaan kartu data untuk menstranskripsikan/ mencatat data-data penelitian. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dari acara Catatan Demokrasi yaitu, 1) redupliaksi seluruh sebanyak 66 data; 2) reduplikasi sebagian sebanyak 6 data; 3) reduplikasi yang berkombinasi dengan pembubuhan afiks sebanyak 7 data; dan 4) reduplikasi dengan perubahan fonem sebanyak 2 data. Sedangkan pada aspek makna diperoleh data yaitu, (1) pengulangan yang menyatakan ‘banyak’ terdiri dari 37 data; (2) pengulangan yang menyatakan makna ‘banyak’ terdiri dari 15 data; (3) pengulangan yang menyatakan bahwa ‘perbuatan tersebut pada bentuk dasar dilakukan dengan enaknya, santainya, atau senangnya’ terdiri dari 3 data; (4) pengulangan yang menyatakan ‘perubahan tersebut pada bentuk dasar dilakukan berulang-ulang’ terdiri dari 8 data; (5) pengulangan yang menyatakan makna ‘tingkat yang tertinggi yang dapat di capai’ terdiri dari 1 data; (6) pengulangan yang menyatakan intensitas perasaan terdiri dari 4 data; dan (7) pengulangan yang menyatakan makna kontekstual terdiri dari 13 data. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia, reduplikasi memiliki beberapa kaitan penting yang dapat membantu siswa memahami dan menggunakan bahasa dengan lebih efektif
Downloads
References
Ahmad, A., & Muslimah, M. 2021. Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS) (Vol. 1, No. 1).
Azahrah, F. R., Afrinaldi, R., & Fahrudin, F. 2021. Keterlaksanaan Pembelajaran Bola Voli Secara Daring Pada SMA Kelas X Se-Kecamatan Majalaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 531-538.
Hermawan, A., & Zahro, N. H. (2021). Kesalahan berbahasa tataran morfologi bahasa Indonesia dalam makalah mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia semester 2 (dua) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 5(3), 412-418. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i3.394
Nafilah, I., Rokhayati, R., & Agustin, Y. 2022. Aspek Reduplikasi dalam Novel Genduk Duku Karya YB Mangunwijaya. Deiksis, 14 (3), 233-245. DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v14i3.13269
Nofrita, M. 2020. Reduplikasi Dalam Acara Catatan Najwa Di Stasiun Televisi Narasi Tv Dan Implikasi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Rokania, 5(2), 246-257. DOI: https://doi.org/10.37728/jpr.v5i2.339
Nurbaina, N. 2021. Reduplikasi Bahasa Melayu Riau Di Desa Kota Medan Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Saragih, M. Y. 2019. Media Massa dan Jurnalisme: Kajian Pemaknaan antara Media Massa Cetak dan Jurnalistik. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 12. DOI: https://doi.org/10.37064/jpm.v6i1.4988
Suparman, S. (2024). Analisisi Lagu Iwan Fals Menggunakan Analisis Semiotik Roland Barthes. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(1), 21-32.
Simatupang, S. P., Sumiharti, S., & Wahyuni, U. (2021). Reduplikasi Dalam Novel Garis Waktu Karya Fiersa Besari (Kajian Morfologi). Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 232-238. DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v4i2.204
Supriyati, I. 2020. Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas viii mtsn 4 palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1), 104-116.
Utami, M., & Wirawan, G. (2024). Proses Morfologis pada Antologi Puisi Ranting Kering Karya Santoso Wuryandoko. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 627-641.
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.