Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Kesopanan dalam Konteks Akademik: Kajian Karakter di Universitas Muhammadiyah Makassar

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4666

Authors

  • Nunung Anugrawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ummi Khaerati Syam Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Kesopanan, strategi kesopanan, konteks akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi kesopanan dalam interaksi antara dosen dan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar. Secara khusus, penelitian ini ingin mengungkap bagaimana aspek pendidikan, budaya, dan pendidikan karakter memengaruhi cara dosen dan mahasiswa menerapkan kesopanan dalam komunikasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dasar dengan metode wawancara mendalam untuk mengumpulkan data dari para partisipan tentang pengalaman, persepsi, dan pemahaman mereka terkait kesopanan dalam komunikasi. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari tujuh dosen dari Universitas Muhammadiyah Makassar dengan latar belakang pendidikan dan budaya yang beragam. Selain itu, informan mahasiswa berasal dari Jurusan Bahasa Inggris, yang diajar oleh dosen-dosen tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam yang semi-terstruktur, yang juga terbuka untuk memungkinkan para partisipan berbagi pandangan mereka secara lebih luas tentang kesopanan. Data dianalisis menggunakan proses reduksi data, display data, dan interpretasi. Dalam proses reduksi, data yang diperoleh dari wawancara disederhanakan, dikategorikan, dan disaring untuk menemukan tema-tema utama. Kemudian, data disajikan dalam bentuk display yang mempermudah analisis mendalam. Terakhir, dilakukan interpretasi untuk menemukan makna di balik data dan menyimpulkan faktor-faktor yang memengaruhi strategi kesopanan yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian mengungkapkan beberapa faktor yang memengaruhi strategi kesopanan dalam lingkungan akademik: (1) latar belakang pribadi: ini mencakup faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan kepribadian. Di antara faktor-faktor tersebut, usia merupakan faktor paling signifikan, karena strategi kesopanan bervariasi tergantung pada apakah mahasiswa berkomunikasi dengan dosen yang lebih tua atau lebih muda; (2) jarak sosial: faktor kedua adalah jarak sosial. Semakin dekat hubungan mahasiswa dengan dosen, semakin tidak formal komunikasi yang terjadi; (3) status sosial: dosen memegang peran kekuasaan yang lebih tinggi di kelas, yang memengaruhi penerapan strategi kesopanan; dan (4) konteks atau situasi: faktor terakhir yang memengaruhi strategi kesopanan adalah konteks atau situasi di mana komunikasi terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, P. 1976. “Women and Politeness: a New Perspective on Language and Society”, Reviews in Anthropology 240-49. DOI: https://doi.org/10.1080/00988157.1976.9977235

Brown, Penelope and Stephen J. Levinson. 1987. Politeness: Some Universals in Language Usage. Cambridge: Cambridge University Press. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511813085

Chen, CFE. 2001. Making E-mail Requests to Professors: Taiwanese vs. American Students, Paper presented at the Annual Meeting of the American Association for Applied Linguistics”, St. Louis, MS.

Chojimah, Nurul. 2015. Refusal and Politeness Strategies in Relation to Social Status: A Case of Face-threatening Act among Indonesian University Students. Theory and Practice in Language Studies. Vol 5. No.5. pp. 906-918. DOI: https://doi.org/10.17507/tpls.0505.04

Christie, Christine. 2007. Linguistic Politeness: Theories and Applications. USA: Edinburgh University Press

Eshghinejad, S., & Moini, M. R. 2016. Politeness Strategies Used in Text Messaging : Pragmatic Competence in an Asymmetrical Power Relation of Teacher – Student, https://doi.org/10.1177/2158244016632288 DOI: https://doi.org/10.1177/2158244016632288

Fitrah., Hidayat. D. N. 2018. Politeness: Cultural Dimensions of Linguistic Choice. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 5(1), 26-34. doi:10.15408/ijee.v5i1.2041 DOI: https://doi.org/10.15408/ijee.v4i2.2041

Galbenski, Paul R. 1992. An investigation of politeness in the Secondary classroom. A Thesis submitted to Department of Speech Communication and Dramatic Arts. Central Michigan University

Gizir, Sidika & Hasan Simsek. 2005. Communication in an academic context. The International Journal of Higher Education Research, vol. 50, pp. 197–221. DOI 10.1007/s10734-004-6349-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s10734-004-6349-x

Grice, H. P. 1989. Studies in the ways of words. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Gu,Y, 1990. Politeness phenomena in modern Chinese. Journal of Pragmatics, 14,237-257. DOI: https://doi.org/10.1016/0378-2166(90)90082-O

Harris, Mary Carol C.1997. International Students' Use of Politeness Strategies and Compliance-Gaining in a United States University Classroom: A Qualitative Case Study. A Dissertation Submitted to The Department of Speech Communication in the Graduate School Southern Illinois University

Leech, Geoffrey 1983. Principles of Pragmatics.NewYork: Longman Inc.

Leech, Geoffrey. 2014. The Pragmatics of Politeness. Oxford: Oxford University Press DOI: https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195341386.001.0001

Mahmud, M. 2010. Grammatical Expression of Bugis Politeness. Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra. Vol. 5, No. 1, pp. 1693-4725. DOI: https://doi.org/10.18860/ling.v5i1.618

Mahmud, M. 2011. Rituals of Politeness in Bugis Society, Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, vol. 18.

Mahmud, M. 2013. The roles of social status, age, gender, familiarity, and situation in being polite for bugis society. Asian Social Science, 9(5), 58–72. https://doi.org/10.5539/ass.v9n5p58 DOI: https://doi.org/10.5539/ass.v9n5p58

Mahmud, M. 2017. Communicative Styles of English Students at the State University of Makassar. GEMA Online" Journal of Language Studies, 17(1), 223-238. http://doi.org/10.17576/gema-2017-1701-13 DOI: https://doi.org/10.17576/gema-2017-1701-13

Mahmud, M. 2018. Exploring Students' Politeness Perspectives at the State University of Makassar. Journal of Education and Learning. https://scholar.google.co.id. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.6926

Mahmud, M., Amirullah, Mansur Akil. 2019. Promoting A Balance of Harmony and Authority in Indonesian Research Seminars through Politeness Strategies. XLinguae, Volume 12, Issue 2, pp. 80-98. DOI: https://doi.org/10.18355/XL.2019.12.02.08

Mahmud, Murni. 2020. Managing Respect among English Students in Social Media Conversations (Whatsapp Chats) through Polite Expressions. Asian EFL Journal. Vol. 27, Issue 3.1, pp. 253-276

Mills, Sara. 2003. Gender and Politeness. Cambridge: Cambridge University Press DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9780511615238

Morand, D. A. 2003. Politeness and the Clash of Interaction Orders in Cross-cultural Communication, 45(October), 521–540. https://doi.org/10.1002/tie.10089 DOI: https://doi.org/10.1002/tie.10089

Pan, Yuling. 1994. Politeness Strategies in Chinese Verbal Interaction: A Sociolinguistic Analysis of Spoken Data in Official/ Business and Family Settings. A Dissertation Submitted to the Faculty of the Graduate School of Georgetown University, Washington, D.C.

Reiter, Rosina Marquez. 2000. Linguistic Politeness in Britain and Uruguay. A contrastive study of requests and apologies. Amsterdam: John Benjamins Publishing Company

Scollon, Ron & Scollon, Suzanne B. K. 1981. Narrative, literacy, and face in interethnic communication. Narwood: Ablex

Scollon, Ron & Suzanne Wong Scollon. 2001. Intercultural Communication: A Discourse Approach. Second Edition. Oxford: Blackwell Publishers

Upadhyay, Shiv Raj. 1998. Linguistic Politeness Strategies in Nepali. A Dissertation submitted to the Faculty of the Graduate School of Arts and Sciences of Georgetown University

Werkhofer, K. 1992. ‘Traditional and modern views: the social constitution and the power of politeness’, in R. Watts, S. Ide and K. Ehlich (eds), Politeness in language: studies in its history, theory and practice (Berlin: Mouton), pp. 155–199. DOI: https://doi.org/10.1515/9783110886542-009

Published

2024-11-02

How to Cite

Anugrawati, N., & Ummi Khaerati Syam. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Kesopanan dalam Konteks Akademik: Kajian Karakter di Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4305–4314. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4666

Issue

Section

Articles

Categories