Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan asumsi atau teori bahwa peningkatan minat baca mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo dapat dipengaruhi oleh faktor determinan, seperti lingkungan, pemberian tugas dari dosen, dan sarana dan prasarana bacaan yang mendukung keberlangsungan penumbuhan minat baca. Penelitian ini menggunakan desain penelitian ex-post facto yang bersifat kuantitatif inferensial dan dekriptif dengan menggunakan alat bantu ilmu statistik yang diarahkan meneliti dua jenis variabel penelitian, yaitu variabel prediktur (bebas) dengan simbol X dan variabel kriterium (terikat) dengan simbol Y. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo berjumlah 808 orang dengan sampel penelitian yang digunakan adalah sampel aturan praktis, berimbang, dan sampel acak. Hasil penelitian menunjukkan (1) faktor lingkungan baik dalam keluarga maupun di masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap pingkatan minat baca mahasiswa; (2) faktor pemberian tugas mata kuliah yang disampaikan oleh dosen baik secara tertulis maupun tidak tertulis dapat berpengaruh secara singnifikan terhadap peningkatan minat baca; (3) faktor sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan membaca dapat berpengaruh secara signifikan terhadap pingkatan minat baca; (4) Dari ketiga faktor determinan tersebut jika digabung secara bersama-sama dapat berpengaruh secara signifikan pada peningkatan minat baca mahasiswa semester II Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Downloads
References
Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1), Article 1.
https://doi.org/10.15294/jpp.v27i1.194
Akbar, A. (2013). Korelasi Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Cerpen di SMA.
Bakti, L., Marhaeni, M. P. A. A. I. N., & Jampel, M. P. I. N. (2014). Implementasi Metode Bermain
Menggunakan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Minat Baca Dan Kemampuan
Bahasa Anak Kelompok B Tk Tiara Kasih Kerobokan Kecamatan Kuta Utara,
Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2014-2015 [Journal:eArticle, Ganesha University
of Education]. In Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha (Vol. 4, Issue 1, p. 124161).
https://www.neliti.com/publications/124161/
Fendy, F. (2013). Upaya Dinas Pendidikan Kota Makassar Untuk Meningkatkan Minat Baca
Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Makassar [Diploma, Universitas Islam
Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5421/
Harsono, A. S. R., Fuady, A., & Saddhono, K. (2012). Pengaruh Strategi Know Want to Learn
(KWL) dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP
Negeri di Temanggung. Basastra, 1(1), 142-152–152.
Ibda, H. (2017). Gerakan Metal (Membaca Artikel) untuk Meningkatkan Kemampuan
Membaca Kritis Guru MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar
dan Keislaman, 8(1), 16–43. https://doi.org/10.31942/mgs.v8i1.1984
Idaman, N. (2015). Penerapan Metode Bermain Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2
Slempit Kedamean Gresik). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(2), Article 2.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan
jasmani/article/view/13741
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Logaritma :
Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 1(02), Article 02.
https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.219
Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age :
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Article 1.
https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689
Juniawan Hidayanto, 1201408034. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat
Melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik Di Kecamatan Ungaran Timur
Kabupaten Semarang [Other, Universitas Negeri Semarang].
https://lib.unnes.ac.id/17155/
Junining, E. (2017). Membaca Kritis, Membaca Kreatif: Panduan Praktis Bagaimana Cara
Membaca Kritis untuk Semua Kalangan. Universitas Brawijaya Press.
Khotimah, K. (2017). Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS dengan
Menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) Kelas VB MIN 9 Bandar
Lampung [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung].
http://repository.radenintan.ac.id/1019/
Latifah, U. (n.d.). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan
Perkembangannya | Latifah | Academica : Journal of Multidisciplinary Studies.
Retrieved February 5, 2021, from
http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/1052
Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). Literat melalui Presentasi. Jurnal METAEDUKASI, 1(1),
Article 1. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/metaedukasi/article/view/976
Nabila Kharisma, 7101411235. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial
Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan
Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi
di SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. [Other, Universitas
Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/21351/
Nurdjan, S. (2000). Pengaruh Minat Baca Terhadap Apresiasi Karya Sastra Cerita Rekaan
Siswa Kelas II SMA Negeri di Kabupaten Luwu. Program Pascasarjana UNM.
Sukirman Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk
Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.
Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112.
Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14
Pratita, I. I. (2017). Pengembangan Model Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (Dokkai) Mahasiswa
Jurusan Bahasa Dan Sastra Jepang Universitas Negeri Surabaya. ASA, 4(1), Article 1.
https://journal.unesa.ac.id/index.php/asa/article/view/2475
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar
Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota
Tangerang. Pujangga, 1(2), 31. https://doi.org/10.47313/pujangga.v1i2.320
Hutabarat, P.M.A. (2016). Kelayakan Media Pembelajaran E-Learning Website Terhadap
Pelajaran Tekstil di SMK Negeri 38 Jakarta Pusat [Doctoral, Universitas Negeri
Jakarta]. http://repository.unj.ac.id/2388/
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam
Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di
Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), Article 2.
https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi
Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), Article 2.
https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Sugiarti, U. (2012). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi
Pembelajaran Bahasa Indonesia. Basastra, 1(1), Article 1.
https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.201
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru
dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal
Penjaminan Mutu, 3(2), 154–163. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated
Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca
dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203–211.
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493
Umi Hanik Gustina, 17205153056. (2019, June 25). Pengaruh Minat Baca Terhadap Motivasi
dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di SDN 3 Ketanon Kedungwaru Tulungagung
[Skripsi]. IAIN Tulungagung. https://doi.org/10/BAB%20VI%20.pdf
Viora, D. (2017). Kontribusi minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa
kelas XI SMA Negeri I Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal pendidikan
rokania, 2(2), 151–163.
Vivi Nuraini, 2811133272. (2017, August 23). Penggunaan Media Pembelajaran PAI dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Smart Class (Kelas Unggulan) di SMP Negeri
3 Kota Kediri [Skripsi]. IAIN Tulungagung.
https://doi.org/10/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
Yetti, R. (2012). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau
dari Pendekatan Stres Lingkungan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 17–28.
Copyright (c) 2021 Firman Firman, Sukirman Sukirman, Nurul Aswar, Mirnawati Mirnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.