Pengembangan Bahan Ajar Pandang dengar Bermuatan Budaya Melayu Riau Aspek Keterampilan Menulis untuk BIPA Tingkat Pemula

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4561

Authors

  • Juliana Simanjuntak Universitas Riau
  • Charlina Charlina Universitas Riau
  • Mangatur Sinaga Universitas Riau

Keywords:

bahan ajar, pandang dengar, Melayu Riau, BIPA

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan desain, kualitas, dan respons pengguna serta menghasilkan bahan ajar pandang dengar bermuatan budaya Melayu Riau aspek keterampilan menulis untuk BIPA tingkat pemula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) karena sesuai dengan tujuan penelitian ini. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil angket kebutuhan, penilaian validator ahli materi, bahasa, media, dan budaya, hasil repsons pengguna (pembelajar dan pemelajar) BIPA dan nilai hasil uji pretest dan posstest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa internasional angkatan 2023 yang berasal dari Patani Selatan Thailand dan melanjutkan Pendidikan di Pekanbaru sebanyak 14 orang. Berdasarkan nilai dari validator dan respons pengguna dengan rata-rata 4,6 menandakan bahan ajar pandang dengar yang dikembangkan sangat layak digunakan dan efektif untuk pembelajaran BIPA tingkat pemula. Secara keseluruhan bahan ajar pandang dengar  BIPA yang dikembangkan dapat memenuhi kebutuhan pemelajar dan sangat baik untuk meningkatkan keterampilan menulis pemelajar BIPA tingkat pemula dan menambah wawasan pemelejar BIPA tentang kebudyaan Melayu Riau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Lati dkk. (2023). Pengaruh Proses Menulis dan Kognitif terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Vo. 6 No.2 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.585 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.585

Anggaria, Aria Septi. (2019). Literasi Terkini Dalam Pembelajaran BIPA pada Era Revolusi Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang, hal. 29-39.

Aprelia, Dea Ayu dkk. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha Vol.7 No. 3 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyah, Jamiatul, dkk., (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbicara untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula Tinggi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol. 6 No. 4 DOI: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14719

Candra, Gede Arya Eka. (2022). Perspektif Hukum Internasional Mengenai Kerja Sama Bilateral. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan UNDIKSHA. Vol. 10 No.3. DOI: https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.52033 DOI: https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.52033

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: Islamic Education Journal. Vol. 3 No 1 DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124 DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Charlina, dkk. (2022). Electronic module as learning needs to write exposition texts for junior high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn) Vol. 16, No. 2 DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20402 DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20402

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2008). Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hikmah, Wrdaniyatul & Abdul Hafidz. (2023). Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMA Bima Ambulu. JPO: Jurnal Prestasi Olahraga Volume 6 Nomer 1 Tahun 2023. DOI: https://doi.org/10.1234/jpo.v6i2.54200

Inderasari, Elen & Tiya Agustina. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Asing dalam Program BIPA IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.6 No.2 DOI: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Juniati, G.A.P.E., dkk. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 7 No1, Pebruari 2023. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2018 DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2018

Kasmayanti, Nyemas Umi dkk. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Chatbot Berbasis Artifical Intelligence pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.5 No.1 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4694 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4694

Kurniasih, Dwi & Siti Isnaniah. (2019). Penerapan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) “Sahabatku Indonesia” Tingkat Dasar di IAIN Surakarta. JBIPA: Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, Vol.1 No.2 DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i2.1793 DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i2.1793

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Magdalena, Ina dkk. (2020) Analisis Bahan Ajar. Jurnal Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Volume 2 Nomor 2. DOI: https://ejurnal.stitpn.ac.id/indexpphp/nusantara.

Maknunah, Durrotul dkk. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif bagi Pendidik di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Vol. 1 No.2 DOI: https://doi.org/10.34001/khairaummah.01012022-8

Maulana, Alfarabi dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran BIPA Tingkat Dasar Berbasis Web. JBIPA: Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Vol. 4 No. 2 DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v4i2.4738

Mawadaah, Farah. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Keterampilan Membaca Berancangan Self-Directed Learning Bermuatan Kearifan Lokal Sumatera Utara bagi Pemelajar BIPA 3. S2 Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia 2022. Diakses dari http://repository.upi.edu/87124/

Muzaki, Helmi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA Vo. 2 No.2 DOI: https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379 DOI: https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379

Nafisah, Wardatun (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif pada Materi Gaya dan Gerak di Kelas IV SDN Tanjung Jati 1. SOCARXIVE RESEARCH:Research Journal. Vol. 9 No. 1. DOI: https://osf.io DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/vmgfr

Nuur’ainii, Zahra Lintang dkk. (2024). Membangun Fondasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif bagi Penutur Asing: Studi Kasus Konten Youtube “Nihongo Mantappu”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 10, No. 2, 2024. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3560 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3560

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tmatik: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Purwiyanti, Yeyen dkk., (2017). Strategi Komunikasi Pemelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Asal Filipina. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa Vol. 6 No.2 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v6i2.448 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v6i2.448

Sari, Ni Kadek Bulan Mella Ayunda dkk. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 6, No. 1, Tahun 2022. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368

Septriani, Hilda & Yuyus Rustandi. (2023). Optimalisasi Media Digital Interaktif Wordwall Dalam PJJ BIPA di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bern, Swiss. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa Vol. 12 No.1 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.6208 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.6208

Simbolon, Rosa Lamria Mardiana & Yeti Mulyati. (2024). Unsur Budaya Teks Cerita Rakyat Danau Toba dalam Buku Bahan Ajar Bipa Sahabatku Indonesia untuk Pemelajar Bipa 4 Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 10, No. 3, 2024 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3894 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3894

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutopo, Yeri & Achmad Slamet. (2017). Statistik Inferensial. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Utami, Desi Tri. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca dan Keterampilan Menulis Pada Tema Diriku melalui Model CIRC Siswa Kelas I SDN 2 Aglik Grabag. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 5 No. 2. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13824

Widianto, Eko. (2017). Media Wayang Mini dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara bagi Pemelajar BIPA A1 Universitas Ezzitouna Tunisia. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol.1 No.1 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1757 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1757

Widianto, Eko. (2021). Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia oleh Pemelajar BIPA Level Dasar (BIPA 1) di Hanoi Vietnam. JBIPA: Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Vol. 3 No. 2 DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.vXiX.xxxx DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i1.3227

Yoviyani, Salis Hilda & Yeti Mulyati. (2023). Menyibak Sistem Fonetik Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab serta Implikasinya dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 9, No. 2, 2023. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2838 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2838

Published

2024-10-08

How to Cite

Simanjuntak, J., Charlina, C., & Mangatur Sinaga. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Pandang dengar Bermuatan Budaya Melayu Riau Aspek Keterampilan Menulis untuk BIPA Tingkat Pemula. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4070–4088. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4561

Issue

Section

Articles

Categories