Pengembangan Bahan Ajar Pandang dengar Bermuatan Budaya Melayu Riau Aspek Keterampilan Menulis untuk BIPA Tingkat Pemula
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4561
Keywords:
bahan ajar, pandang dengar, Melayu Riau, BIPAAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan desain, kualitas, dan respons pengguna serta menghasilkan bahan ajar pandang dengar bermuatan budaya Melayu Riau aspek keterampilan menulis untuk BIPA tingkat pemula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) karena sesuai dengan tujuan penelitian ini. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil angket kebutuhan, penilaian validator ahli materi, bahasa, media, dan budaya, hasil repsons pengguna (pembelajar dan pemelajar) BIPA dan nilai hasil uji pretest dan posstest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa internasional angkatan 2023 yang berasal dari Patani Selatan Thailand dan melanjutkan Pendidikan di Pekanbaru sebanyak 14 orang. Berdasarkan nilai dari validator dan respons pengguna dengan rata-rata 4,6 menandakan bahan ajar pandang dengar yang dikembangkan sangat layak digunakan dan efektif untuk pembelajaran BIPA tingkat pemula. Secara keseluruhan bahan ajar pandang dengar BIPA yang dikembangkan dapat memenuhi kebutuhan pemelajar dan sangat baik untuk meningkatkan keterampilan menulis pemelajar BIPA tingkat pemula dan menambah wawasan pemelejar BIPA tentang kebudyaan Melayu Riau.
Downloads
References
Andriani, Lati dkk. (2023). Pengaruh Proses Menulis dan Kognitif terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Vo. 6 No.2 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.585 DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.585
Anggaria, Aria Septi. (2019). Literasi Terkini Dalam Pembelajaran BIPA pada Era Revolusi Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang, hal. 29-39.
Aprelia, Dea Ayu dkk. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha Vol.7 No. 3 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyah, Jamiatul, dkk., (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbicara untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula Tinggi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol. 6 No. 4 DOI: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14719
Candra, Gede Arya Eka. (2022). Perspektif Hukum Internasional Mengenai Kerja Sama Bilateral. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan UNDIKSHA. Vol. 10 No.3. DOI: https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.52033 DOI: https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.52033
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: Islamic Education Journal. Vol. 3 No 1 DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124 DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Charlina, dkk. (2022). Electronic module as learning needs to write exposition texts for junior high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn) Vol. 16, No. 2 DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20402 DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20402
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2008). Pedoman Penyusunan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Hikmah, Wrdaniyatul & Abdul Hafidz. (2023). Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMA Bima Ambulu. JPO: Jurnal Prestasi Olahraga Volume 6 Nomer 1 Tahun 2023. DOI: https://doi.org/10.1234/jpo.v6i2.54200
Inderasari, Elen & Tiya Agustina. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Asing dalam Program BIPA IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.6 No.2 DOI: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi
Juniati, G.A.P.E., dkk. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berorientasi Wana Kerthi Loka Bali pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 7 No1, Pebruari 2023. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2018 DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2018
Kasmayanti, Nyemas Umi dkk. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Chatbot Berbasis Artifical Intelligence pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.5 No.1 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4694 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4694
Kurniasih, Dwi & Siti Isnaniah. (2019). Penerapan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) “Sahabatku Indonesia” Tingkat Dasar di IAIN Surakarta. JBIPA: Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, Vol.1 No.2 DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i2.1793 DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i2.1793
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Magdalena, Ina dkk. (2020) Analisis Bahan Ajar. Jurnal Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Volume 2 Nomor 2. DOI: https://ejurnal.stitpn.ac.id/indexpphp/nusantara.
Maknunah, Durrotul dkk. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif bagi Pendidik di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Vol. 1 No.2 DOI: https://doi.org/10.34001/khairaummah.01012022-8
Maulana, Alfarabi dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran BIPA Tingkat Dasar Berbasis Web. JBIPA: Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Vol. 4 No. 2 DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v4i2.4738
Mawadaah, Farah. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Keterampilan Membaca Berancangan Self-Directed Learning Bermuatan Kearifan Lokal Sumatera Utara bagi Pemelajar BIPA 3. S2 Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia 2022. Diakses dari http://repository.upi.edu/87124/
Muzaki, Helmi. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA Vo. 2 No.2 DOI: https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379 DOI: https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379
Nafisah, Wardatun (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif pada Materi Gaya dan Gerak di Kelas IV SDN Tanjung Jati 1. SOCARXIVE RESEARCH:Research Journal. Vol. 9 No. 1. DOI: https://osf.io DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/vmgfr
Nuur’ainii, Zahra Lintang dkk. (2024). Membangun Fondasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif bagi Penutur Asing: Studi Kasus Konten Youtube “Nihongo Mantappu”. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 10, No. 2, 2024. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3560 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3560
Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tmatik: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Purwiyanti, Yeyen dkk., (2017). Strategi Komunikasi Pemelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Asal Filipina. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa Vol. 6 No.2 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v6i2.448 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v6i2.448
Sari, Ni Kadek Bulan Mella Ayunda dkk. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 6, No. 1, Tahun 2022. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368 DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368
Septriani, Hilda & Yuyus Rustandi. (2023). Optimalisasi Media Digital Interaktif Wordwall Dalam PJJ BIPA di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bern, Swiss. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa Vol. 12 No.1 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.6208 DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.6208
Simbolon, Rosa Lamria Mardiana & Yeti Mulyati. (2024). Unsur Budaya Teks Cerita Rakyat Danau Toba dalam Buku Bahan Ajar Bipa Sahabatku Indonesia untuk Pemelajar Bipa 4 Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 10, No. 3, 2024 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3894 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3894
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sutopo, Yeri & Achmad Slamet. (2017). Statistik Inferensial. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Utami, Desi Tri. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca dan Keterampilan Menulis Pada Tema Diriku melalui Model CIRC Siswa Kelas I SDN 2 Aglik Grabag. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 5 No. 2. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13824
Widianto, Eko. (2017). Media Wayang Mini dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara bagi Pemelajar BIPA A1 Universitas Ezzitouna Tunisia. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Vol.1 No.1 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1757 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1757
Widianto, Eko. (2021). Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia oleh Pemelajar BIPA Level Dasar (BIPA 1) di Hanoi Vietnam. JBIPA: Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Vol. 3 No. 2 DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.vXiX.xxxx DOI: https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i1.3227
Yoviyani, Salis Hilda & Yeti Mulyati. (2023). Menyibak Sistem Fonetik Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab serta Implikasinya dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 9, No. 2, 2023. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2838 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2838
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.