Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Tahap Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di MIS Al–Birra Pekanbaru

  • Ria Nofita Universitas Islam Riau
  • Latif Latif Universitas Islam Riau
Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, GLS, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana gerakan literasi sekolah diterapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan dampaknya terhadap proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan diperoleh dari guru Bahasa Indonesia, guru kelas dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan tahapan pembelajaran GLS pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIS Al – Birra Pekanbaru dan membahas faktor pendukung dan hambatan dalam pelaksanaan tahapan kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan GLS telah membantu meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa, terutama dalam membaca dan menulis. Kegiatan literasi diintegrasikan secara rutin ke dalam kurikulum Bahasa Indonesia dengan pendekatan yang beragam, seperti membaca pagi, menulis, mendengarkan, dan berdiskusi. Secara keseluruhan, meskipun masih terdapat beberapa tantangan, implementasi GLS di MIS Al-Birra Pekanbaru telah menunjukkan dampak positif terhadap pengembangan literasi siswa, terutama dalam kemampuan membaca dan menulis. Upaya untuk meningkatkan efektivitas program ini harus terus dilakukan agar dapat mencapai hasil yang lebih optimal di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Cetakan 2 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fianto, F., Prismayani, R., Nuradi Indra, W., Miftahussururi, Nur, H., Meyda, N., . . . Nova, A. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Gerakan Literasi Nasional. 1-41. Diambil kembali dari https://repositori.kemdikbud.go.id/11633/1/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf

Frey, N., Fisher, D., & Hattie, J. (2017). Visible Learning for Literacy: Implementing the Practices That Work Best to Accelerate Student Learning. Corwin Press.

Guthrie, J. T., Wigfield, A., & Perencevich, K. C. (2004). Motivating Reading Comprehension: Concept-Oriented Reading Instruction. Lawrence Erlbaum Associates.

Hardani, Hikmatul, A., Ardiani, H., Fardani, R., Ustiawaty, J., Utami, E., . . . Istiqomah, R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Hidayah, N., & Rahmawati, D. (2023). Gerakan Literasi dalam Menghadapi Ketrampilan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 89. doi:https://10.26858/jppsd.v3i1.48069

Krashen, S. (2004). The Power of Reading: Insights from the Research. Libraries Unlimited.

Lubis, E. L. (2019). Peran Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 050718 Cempa. Jurnal Sintaksis, 1(1), 1–7.

Malawi, I., Tryanasari, D., & H.S., A. K. (2017). Peran Guru Dalam Membudayakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Sastra Lokal. Prosiding Seminar Nasional …, 2015-2018. Diambil kembali dari http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/421

Moje, E. B. (2008). Developing Socially Just Subject-Matter Instruction: A Review of the Literature on Disciplinary Literacy Teaching. Review of Research in Education, 32, 108-143.

Nuryati. (2018). Penggunaan Alat Bantu Audio Visual dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Kegiatan Mendengarkan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 89-98.

Ramdani, A., & Suryani, N. (2021). Penerapan literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Tangerang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(3), 234-245.

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108.

Sa’diyah, D., Hendratno, & Subrata, H. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8115-8130. doi:https://10.31004/basicedu.v6i5.3746

Supriyadi. (2020). Pengaruh Tugas Menulis Terhadap Kemampuan Literasi Siswa di SD Negeri 3 Surakarta. Jurnal Literasi dan Pembelajaran, 5(3), 67-75.

Teguh , M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 18-26.

Yantik, F., Suttrisno, S., & Wiryanto, W. (2022). Desain Media Pembelajaran Flash Card Math dengan Strategi Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420-3427. doi:https://10.31004/basicedu.v6i3.2624

Published
23-09-2024
How to Cite
Nofita, R., & Latif, L. (2024). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Tahap Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di MIS Al–Birra Pekanbaru . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3964-3973. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4527
Section
Articles