Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru

  • Musnar Indra Daulay Universitas Tuanku Tambusai
  • Nurmnalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Bahasa, Indonesia, Media, Komik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 41 Pekanbaru. Pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita anak aspek membaca pemahaman di kelas IV SDN 41 Pekanbaru masih menggunakan media teks bacaan sebagai satu-satunya acuan yang digunakan. Adapun solusi yang peneliti tawarkan yaitu mengembangkan media komik dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pretest-postest, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,56 (sangat layak). Hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,59 (sangat layak). Hasil uji coba memperoleh kriteria sangat layak yaitu uji coba awal memperoleh rata-rata skor 4,2 (sangat layak), hasil uji coba utama memperoleh rata-rata skor 4,32 (sangat layak), dan hasil uji coba lapangan operasional memperoleh rata-rata skor 4,43 (sangat layak). Sedangkan hasil uji coba praktisi guru memperoleh rata-rata skor 4,74 (sangat layak). Guna mengetahui media komik dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa, digunakan soal pretest dan postest. Sesuai tabulasi data diketahui jumlah skor rata-rata nilai pretest sebesar 53,82, kemudian mengalami peningkatan pada skor rata-rata nilai postest sebesar 17,38 menjadi 71,20. Perhitungan hasil peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa menggunakan Gain Score sebesar 0,376. kategori peningkatan sedang. Media akhir penelitian ini berupa komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rohani. (1997). Media intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dalman, (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta.: Gava Media
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Dorrell, L., Curtis, D., & Rampal, K. (1995). Studens Reading Comic Books in TheSchool House. journal of Popular Culture, 223-234.
Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Gumelar, M.S. (2004). Comic Making. Jakarta: PT. Indeks
Iskandarwassid. (2004). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya
McCloud, S. (2011). Understanding Comics, Memahami Komik. Jakarta: KPG
Merch, A. (2013). The Effect Of Comic Strips on Efl Reading Comprehension. Vol. 4 number 1, January 2013. Diambil dari: http://www.ijonte.org. (14 Agustus 2020)
Resmini, N, dkk. (2009). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press
Slamet. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Surakarta: UNS Press.
Sudjana, N., Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Suprana, J. (2009). Naskah-Naskah Kompas Jaya Suprana, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Wurianto, E. (2009). Komik sebagai Media Pembelajaran. (www.powerpoint-search.com/media-pembelajaran-komik-ppt.html
Zuchdi, D. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY Press
Published
01-05-2021
How to Cite
Musnar Indra Daulay, & Nurmnalina. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24-34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452
Section
Articles