Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 41 Pekanbaru. Pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita anak aspek membaca pemahaman di kelas IV SDN 41 Pekanbaru masih menggunakan media teks bacaan sebagai satu-satunya acuan yang digunakan. Adapun solusi yang peneliti tawarkan yaitu mengembangkan media komik dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pretest-postest, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,56 (sangat layak). Hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,59 (sangat layak). Hasil uji coba memperoleh kriteria sangat layak yaitu uji coba awal memperoleh rata-rata skor 4,2 (sangat layak), hasil uji coba utama memperoleh rata-rata skor 4,32 (sangat layak), dan hasil uji coba lapangan operasional memperoleh rata-rata skor 4,43 (sangat layak). Sedangkan hasil uji coba praktisi guru memperoleh rata-rata skor 4,74 (sangat layak). Guna mengetahui media komik dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa, digunakan soal pretest dan postest. Sesuai tabulasi data diketahui jumlah skor rata-rata nilai pretest sebesar 53,82, kemudian mengalami peningkatan pada skor rata-rata nilai postest sebesar 17,38 menjadi 71,20. Perhitungan hasil peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa menggunakan Gain Score sebesar 0,376. kategori peningkatan sedang. Media akhir penelitian ini berupa komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.
Downloads
References
Dalman, (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta.: Gava Media
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Dorrell, L., Curtis, D., & Rampal, K. (1995). Studens Reading Comic Books in TheSchool House. journal of Popular Culture, 223-234.
Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Gumelar, M.S. (2004). Comic Making. Jakarta: PT. Indeks
Iskandarwassid. (2004). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya
McCloud, S. (2011). Understanding Comics, Memahami Komik. Jakarta: KPG
Merch, A. (2013). The Effect Of Comic Strips on Efl Reading Comprehension. Vol. 4 number 1, January 2013. Diambil dari: http://www.ijonte.org. (14 Agustus 2020)
Resmini, N, dkk. (2009). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI Press
Slamet. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Surakarta: UNS Press.
Sudjana, N., Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Suprana, J. (2009). Naskah-Naskah Kompas Jaya Suprana, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Wurianto, E. (2009). Komik sebagai Media Pembelajaran. (www.powerpoint-search.com/media-pembelajaran-komik-ppt.html
Zuchdi, D. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: UNY Press
Copyright (c) 2021 Musnar Indra Daulay Musnar, Nurmnalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.