Kualitas Soal Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 2 Bangko Pusako: Analisis Butir Soal

  • Luluk Puji Rahayu Universitas Islam Riau
  • Desi Sukenti Universitas Islam Riau
Keywords: kualitas soal, analisis butir soal, bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ujian semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI di SMAN 2 bangko pusako tahun ajaran 2023/2024 ditinjau dari daya beda, tingkat kesukaran, dan pengecoh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal ujian semester ganjil bahasa Indonesia kelas XI, kunci jawaban, dan hasil jawaban siswa. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi Anates versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tingkat kesukaran soal, terdapat 17 (57%) soal kategori mudah, 9 (30%) soal kategori sedang, dan 4 (13%) soal kategori sukar. Berdasarkan daya beda, terdapat 6 (20%) soal berkategori jelek, 14 (47%) soal berkategori sedang, dan 10 (33%) soal kategori baik. Berdasarkan kualitas pengecoh terdapat 67% efektif, dan 33% tidak efektif. Soal dengan kategori yang buruk akan mengalami perbaikan dan revisi agar sesuai dengan kualitas yang diharapkan, sedangkan soal dengan kategori yang baik bisa digunakan kembali sebagai soal evaluasi berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, M., Mayrita, H., & Muchti, A. (2018). Analisis butir soal ulangan akhir semester mata pelajaran bahasa indonesia kelas XI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(01), 26-35. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.203

Amelia, M. A. (2016). Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (Hots) Matematika Materi Pecahan untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 20(2),123–131. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/869

Andini, D.P., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Soal pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMP IT Insan Utama Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 6(2), 401-412.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arwansyah, Y. B., Putro Setiawan, K. E., & Yuda, R. K. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun (Pat) Bahasa Indonesia Kelas Xi Sma Negeri 1 Polanharjo Klaten. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 25. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6620

Ramli, R. B., Karman, A., Suparman, S., & Musriani, M. (2024). Representasi Makna Kultural dalam Gerakan Tari Seka Kontemporer Suku Kamoro Papua. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 328-335.

Ashayidatina, L., & Alber, A. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X SMK Negeri 1 Mempura. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(2), 131. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.5039

Chikita, W. (2019). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran PKSM Kelas XI Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidkan Vokasi Otomotif.2(1). 23-32.

Fauzina, A., & Wulansari, D. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Jurnal Kependidikan Dasar Berbasis Sains. 6(1), 10-11.

Hanifah, N. (2024). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Butir Soal, dan Reliabilitas Tes dalam Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Sosio-Ekon. 6 (1), 41-55.

Humaria, I. U., Muti’ah, A., & Syukron, A. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 di SMAN 2 Jember. Lingua Skolastika, 2(1), 35. https://doi.org/10.19184/linsko.v2i1.38997

Iifama, R., Ashadi, & Susilowati, E. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Kimia Kelas XI Tahun Ajaran 2019/2020 SMAN 1 Sragen. Jurnal Pendidikan Kimia. 11(1), 33-37.

Ikawati, H.D., Jayadi., & Hermansyah, H. (2022). Analisis Kualitas Tes dan Butir Soal Sejarah di SMAN 1 Praya Timur. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(4). 6262-6267.

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi. w. (2022). Hubungan antara Validitas Item dengan Daya Pembeda dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda PAS. Jurnal Natural Science Educational Research. 4(3), 249-257.

Rahmah, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran. Uwais: Inspirasi Indonesia

Saleha, Marudut, J., & Akbar, R. (2022). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 3 Kutacane Tahun Pelajaran 2020/2021. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 254–269.https://tuwah-pande.com/index.php/tuwahpande/article/view/25

Santosa, S., & Badawi, J. A. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1678–1686. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2206

Septiani, A. Q., & Yuliasma. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMPN 5 Padang Tahun Ajaran 2019/2020. e-Jurnal Sendratasik, 9(1), 1-13.

Masulili, R. R., Dama, L., & Abdul, A. (2022). Analisis Butir Soal Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Di Sman 3 Gorontalo Dan Sman 5 Gorontalo. Jambura Edu Biosfer Journal, 3(2), 57–67. https://doi.org/10.34312/jebj.v3i2.7211

Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158–164. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.417

Published
03-09-2024
How to Cite
Rahayu, L. P., & Sukenti, D. (2024). Kualitas Soal Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 2 Bangko Pusako: Analisis Butir Soal. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3755-3762. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4481
Section
Articles