Kualitas Soal Bahasa Indonesia Kelas XI SMAN 2 Bangko Pusako: Analisis Butir Soal
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas butir soal ujian semester ganjil mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI di SMAN 2 bangko pusako tahun ajaran 2023/2024 ditinjau dari daya beda, tingkat kesukaran, dan pengecoh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal ujian semester ganjil bahasa Indonesia kelas XI, kunci jawaban, dan hasil jawaban siswa. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi Anates versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tingkat kesukaran soal, terdapat 17 (57%) soal kategori mudah, 9 (30%) soal kategori sedang, dan 4 (13%) soal kategori sukar. Berdasarkan daya beda, terdapat 6 (20%) soal berkategori jelek, 14 (47%) soal berkategori sedang, dan 10 (33%) soal kategori baik. Berdasarkan kualitas pengecoh terdapat 67% efektif, dan 33% tidak efektif. Soal dengan kategori yang buruk akan mengalami perbaikan dan revisi agar sesuai dengan kualitas yang diharapkan, sedangkan soal dengan kategori yang baik bisa digunakan kembali sebagai soal evaluasi berikutnya.
Downloads
References
Agustina, M., Mayrita, H., & Muchti, A. (2018). Analisis butir soal ulangan akhir semester mata pelajaran bahasa indonesia kelas XI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(01), 26-35. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.203
Amelia, M. A. (2016). Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (Hots) Matematika Materi Pecahan untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 20(2),123–131. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/869
Andini, D.P., & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Soal pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMP IT Insan Utama Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 6(2), 401-412.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arwansyah, Y. B., Putro Setiawan, K. E., & Yuda, R. K. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun (Pat) Bahasa Indonesia Kelas Xi Sma Negeri 1 Polanharjo Klaten. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 25. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6620
Ramli, R. B., Karman, A., Suparman, S., & Musriani, M. (2024). Representasi Makna Kultural dalam Gerakan Tari Seka Kontemporer Suku Kamoro Papua. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(3), 328-335.
Ashayidatina, L., & Alber, A. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X SMK Negeri 1 Mempura. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(2), 131. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.5039
Chikita, W. (2019). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran PKSM Kelas XI Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidkan Vokasi Otomotif.2(1). 23-32.
Fauzina, A., & Wulansari, D. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Jurnal Kependidikan Dasar Berbasis Sains. 6(1), 10-11.
Hanifah, N. (2024). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Butir Soal, dan Reliabilitas Tes dalam Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Sosio-Ekon. 6 (1), 41-55.
Humaria, I. U., Muti’ah, A., & Syukron, A. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 di SMAN 2 Jember. Lingua Skolastika, 2(1), 35. https://doi.org/10.19184/linsko.v2i1.38997
Iifama, R., Ashadi, & Susilowati, E. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Kimia Kelas XI Tahun Ajaran 2019/2020 SMAN 1 Sragen. Jurnal Pendidikan Kimia. 11(1), 33-37.
Ikawati, H.D., Jayadi., & Hermansyah, H. (2022). Analisis Kualitas Tes dan Butir Soal Sejarah di SMAN 1 Praya Timur. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(4). 6262-6267.
Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi. w. (2022). Hubungan antara Validitas Item dengan Daya Pembeda dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda PAS. Jurnal Natural Science Educational Research. 4(3), 249-257.
Rahmah, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran. Uwais: Inspirasi Indonesia
Saleha, Marudut, J., & Akbar, R. (2022). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 3 Kutacane Tahun Pelajaran 2020/2021. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 254–269.https://tuwah-pande.com/index.php/tuwahpande/article/view/25
Santosa, S., & Badawi, J. A. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1678–1686. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2206
Septiani, A. Q., & Yuliasma. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMPN 5 Padang Tahun Ajaran 2019/2020. e-Jurnal Sendratasik, 9(1), 1-13.
Masulili, R. R., Dama, L., & Abdul, A. (2022). Analisis Butir Soal Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Di Sman 3 Gorontalo Dan Sman 5 Gorontalo. Jambura Edu Biosfer Journal, 3(2), 57–67. https://doi.org/10.34312/jebj.v3i2.7211
Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158–164. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.417
Copyright (c) 2024 Luluk Puji Rahayu, Desi Sukenti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.