Ideologi dan Kekuasaan Berita Pelarangan Transaksi di Tiktok Shop: Analisis Wacana Kritis Theo Van Leeuwen
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ideologi dan kekuasaan di pemberitaan mengenai pelarangan sosial media TikTok Shop. Permasalahan tersebut di analisis secara kritis dengan pendekatan Theo Van Leeuwen yaitu (Social Actors Approach/SAA). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan pendekatan analisis wacana kritis. Materi penelitian yang merupakan data yang dicari adalah kata, frasa, kalimat dan kalimat yang berkaitan dengan model analisis wacana kritis Theo van Leeuwen. Sumber data penelitian ini adalah media massa digital kompas.com, kontan.co.id, dan belitung.tribunnews. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, baca simak dan pencatatan. Teknik analisis memiliki tahapan reduksi, penyajian dan penyimpulan. Berdasarkan analisis data peneliti memperoleh beberapa simpulan. (a) Jenis inklusi yang dipakai adalah pasivasi, nominaslisasi dan penggantian anak kalimat. Sementara itu, strategi eksklusi yang dipakai adalah deferensiasi-indeferensiasi, objektivikasi-abstraksi, nominasi-kategorisasi, nominasi-indentifikasi dan determinasi-indeterminasi. (b) Terlihat bahwa produsen teks memperlihatkan adanya keberpihakan kepada aktor atau kelompok yang dominan, dimana adalah pemerintah dan kementerian perdagangan (c) Dengan alasan tertentu atau kekurangan akan informasi produsen teks menggunakan strategi abstraksi dalam menyebutkan para korban dan kerugian finansial berkat aplikasi TikTok Shop.
Downloads
References
Aldiansyah, M. A., Putra, V. G. R., & Mukhlis, A. (2024). Variasi Bahasa Makian Dalam Konsep Interaksi Dakwah Gus Muhammad Iqdam: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1952–1963.
Amaliah, R., Mahmudah, M., & Mayong, M. (2021a). Mengungkap Ideologi Teks Berita Covid 19 Berdasarkan Pendekatan Analisis Wacana Kritis Theo van Leeuwen. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(2), 203–215.
Amaliah, R., Mahmudah, M., & Mayong, M. (2021b). MENGUNGKAP IDEOLOGI TEKS BERITA COVID 19 BERDASARKAN PENDEKATAN ANALISIS WACANA KRITIS THEO VAN LEEUWEN. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(2), 203–215.
Andheska, H. (2015). Ekslusi dan inklusi pada rubrik Metropolitan Harian Kompas: Analisis wacana kritis berdasarkan sudut pandang Theo Van Leeuwen. Jurnal Bahastra, 34(1), 51–58.
Andriana, M., & Manaf, N. A. (2022). Analisis Wacana Kritis Sara Mills dalam Novel Berkisar Merah Karya Ahmad Tohari. Deiksis, 14(1), 73.
SOLO, R., & TORAJA, M. T. (2023). Universitas Cokroaminoto Palopo, suparman@ uncp. ac. id. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).
Anshori, A. M. M., & Kholisin. (2021). Analisis Wacana Kritis Berita Online Pelarangan Mudik pada Masa Pandemi Covid-19 dari Laman Indonesia Alyoum dengan Pendekatan Theo van Leeuwen. Prosiding Konfereni Nasional Bahasa Arab VII, 1028–1039.
Azmi, W. (2021). Inklusi Pada Surat Kabar Online: Analisis Wacana Kritis Berdasarkan Sudut Pandang Theo van Leeuwen. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 20–25.
Gusti, E. C. T., Setiawati, E., & Warsiman, W. (2024). Strategi Media Daring Kompas.com dalam Membentuk Identitas Sepak Bola Nasional: Analisis Wacana Model Theo van Leeuwen. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 3099–3118.
Hafizhah, G. N. A., Hutubessy, E. D., & Muliastuti, L. (2024). Wacana Kritis Model Van Dijk pada Film Pendek Paranoid Karya Ferry Irawati. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 2492–2501.
Rahim, A., Nursalam, N., Suhartatik, S., Nurhikmah, N., & Akhiruddin, A. (2024). Konsep Ideologi Sastra Lisan Doangang Makassar dalam Persfektif Semiotika Charles Sanders Pierce. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(3), 3274–3282.
Rahmaniar, S., Amir, J., & Thaba, A. (2021). Representasi Ideologi dan Kekuasaan Teks Berita Virus Corona di Indonesia (Analisis Wacana Kritis Roger Fowler, Dkk.). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 76–81.
Rosalina, U. (2022). Analisis Wacana Kritis Teori Inklusi Theo Van Leeuwen dalam Vidio Podcast pada Channel Youtube Gritte Agatha. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 9927–9936.
Rosmita, E. (2019). Strategi Inklusi dalam Berita Kriminalitas Tema Perkosaan Surat Kabar Harian Pagi Posmetro Padang: Kajian Analisis Wacana Kritis Perspektif Theo Van Leeuwen. inovasi Pendidikan, 6(1), 16–27.
Virginia, O., Ernanda, & Triandana, A. (2023). Analisis Wacana Kritis Theo van Leeuwen dalam Pemberitaan Mengenai Isu Rasisme Terhadap Boyband Korea BTS ( Beyond The Scene) pada Media Pemberitaan Daring Kompas, Kumparan dan Republika. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2), 151–160.
Wahyuni, W., Jufri, J., & Azis, A. (2024). Analisis Representasi Aktor Perempuan dalam Berita Media Daring: Pendekatan Eksklusi Berdasarkan Model Theo van Leeuwen. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1593–1605.
Yuliana, N., Muchtar, A. S., & Atikurrahman, M. (2023). Kuasa Narasi, Kuasa Gramatika: Strategi Inklusi van Leeuwen dalam Pemberitaan Mahasiswa Tolak Kenaikan Harga BBM. Totobuang, 11(1), 29–42.
Copyright (c) 2024 Agus Milu Susetyo, Dzarna Dzarna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.