Strategi Menulis Karya Ilmiah Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Problem Based Learning pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Informatika Nasional

  • Husni Bt. Salam Politeknik Informatika Nasional LP3I Makassar
Keywords: Kolaboratif; Problem Based Learning

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Admnistrasi Bisnis dalam menyusun karya ilmiah. Penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif yang berorientasi pada  pendeskripsian kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Problem Learning. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan desain PTK Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data adalah metode observasi dan metode intropeksi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, teknis tes pemberian soal dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni melakukan empat kali pertemuan setiap siklusnya kemudian menganalisis setiap hasil siklus yang didapatkan. Hasil penelitian ini menunjukkan pendekatan metode kolaboratif dan PBL dalam menulis dan menyusun karya ilmiah dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa Administasi Bisnis. Peningkatan kemampuan dan pemahaman mahasiswa dapat dilihat pada keaktifan dan keantusiasan mahasiswa dalam melakukan kolaboratif. Peningkatan dari segi kualitas tercermin dari produk hasil menulis karya ilmiah pada siklus I, dan II, . Pada siklus I nilai rata-rata 12 dengan persentase 61% untuk aspek bagian awal, 74% untuk aspek bagian isi, 63% bagian notasi ilmiah dan 61% untuk mekanisme penulisan . Pada siklus ke 2 rata-rata nilai yang diperoleh mahasiswa sebesar 16 dengan persentase 77% untuk aspek bagian awal, 80% untuk aspek bagian isi, 85% bagian notasi ilmiah dan 77% untuk mekanisme penulisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Kusmana, S., Kuntarto, E., Boeriswati, E., & Suhartono. (2019). Cerdas Berbahasa (Y. Mulyadi & A. Andriyani (eds.); 1st ed.). YRAMA WIDYA.
Mujianto, M., Zubaidi, Z., & Suprapto YM, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa program jaringan telekomunikasi digital ( JTD ) melalui problem based learning. Prosiding Seminar Nasional #3: Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 177–186. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4868
Musaljon, M., Rafli, Z., & Attas, S. G. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan Kolaborasi (Penelitian Tindakan di Program Studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor). Semnasfip, 32–39. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index
Sriyanti. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI ( Penelitian Tindakan Kelas VII MTsN 15 Ciamis ) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Diksatrasia, 1(20), 157.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (21st ed.). ROSDA.
Suryani, N., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar (A. Pratama (ed.)). Ombak.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: konsep, strategi, dan implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Published
28-11-2020
How to Cite
Husni Bt. Salam. (2020). Strategi Menulis Karya Ilmiah Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Problem Based Learning pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Informatika Nasional. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(2), 693-703. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i2.428
Section
Articles