Pengaruh Model Kwl (Know, Want, And Learned) dalam Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Biografi Pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Kota Bekasi

  • Novelia Fitriyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutri Sutri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dewi Suprihatin Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Model KWL (Know Want and Learned), Pemahaman Membaca, Teks Biografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model KWL (Know Want and Learned) dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks biografi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain Pre-Test and Post-Test Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 3 Kota Bekasi dengan sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model KWL dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman membaca sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada pemahaman membaca siswa yang menggunakan model KWL dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model KWL efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks biografi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap, Syahrin. (2014). Metodeologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi. Jakarta: Prenadamedia Group. Sukirno. (2016). Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herlinyanto. (2015). Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL Pemahaman Dan Minat Membaca. Yogyakarta: Deepublish.

Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogtakarta: Graha Ilmu.

Zabadi, Fairul dan Sutejo. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparman, S., Herdiana, B., & Nuruahmad, M. (2024). Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Dengan Menggunkaan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP NegrI II Walenrang. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra, 1(2), 102-108.

Published
25-08-2024
How to Cite
Novelia Fitriyanti, Sutri, S., & Dewi Suprihatin. (2024). Pengaruh Model Kwl (Know, Want, And Learned) dalam Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Biografi Pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Kota Bekasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 3622-3628. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4266
Section
Articles