Gembala Manusia dalam Naskah Film The Island: Nekropolitik Mbembe

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4156

Authors

  • Maharanny Setiawan Poetri Universitas Gadjah Mada

Keywords:

nekropolitik, subjek the living death, mbembe, the island

Abstract

The Island menceritakan tentang bagaimana perusahaan bernama The Sanger Institute mengelola investasi kesehatan dengan memproduksi agnate (budak donor). Dalam perusahaan ini, para agnate terisolasi dalam matriks-matriks birokrasi totaliter. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap nekropolitik dalam naskah film The Island karya Caspian Tredwell-Owen dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Perspektif nekropolitik Mbembe digunakan sebagai lensa untuk melihat bagaimana perusahaan memiliki necropower, dan agnate sebagai subjek the living death. Hasil penelitian ini diuraikan sebagai berikut: 1)  Perusahaan sebagai kedaulatan tertinggi karena menciptakan agnate —menerapkan nekropolitik; 2) The Island merupakan istilah yang digunakan perusahaan untuk mengkonstruksi tatanan sosial-politik yang ditujukan untuk agnate —berupa tujuan akhir (terbunuh) bagi agnate sebagai subjek the living death.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aarseth, Espen J. (1997). Cybertext: Perspective on Ergodic Literature. Baltimore: The John Hopkins University Press. DOI: https://doi.org/10.56021/9780801855788

Aarseth, Espen. (2012). A narrative theory of games. Center for Computer Games Research, IT University of Copenhagen, 2300 Copenhagen, Denmark. DOI: https://doi.org/10.1145/2282338.2282365

Bram, Uri. (2023). The Best Ergodic Fiction recommended by Arianna Reiche. Diakses melalui https://fivebooks.com/best-books/best-ergodic-fiction-arianna-reiche/

Chatman, S. (1978). Story and Discourse: Narrative Structure in Fiction and Film. Cornell University Press. https://doi.org/10.1075/is.8.2.02

Agamben, G. (1998). Homo Sacer: Sovereign power and bare life, trans. Daniel Heller.

Egenfeldt-Nielsen, S., Smith, J.H., & Tosca, S. P. (2020). Understanding video games: the essential introduction (4th edition). Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780429431791

Foucault, M. (1990). The history of sexuality: An introduction, volume I. Trans. Robert Hurley. New York: Vintage, 95, 1–160.

Mbembe, A. N., & Corcoran, S. N. (2019). Durham. NC: Duke University Press Books.

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Montenegro, M., Pujol, J., & Posocco, S. (2017). Bordering, exclusions and necropolitics. Qualitative Research Journal, 17(3), 142–154. DOI: https://doi.org/10.1108/QRJ-08-2017-089

Novri, N., Rahmansyah, A., & Iskandar, M. (2015). Analisis Narasi Interaktif Pada Game Farm Ville2. eProceedings of Art & Design, 2(1).

Setiawan, F. N. (2024). Unsur Naratif Pada Permainan Seluler “Selera Nusantara–Episode: Nasi Goreng”. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 8(1), 121-132. DOI: https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14131

Umam, K. (2023). Sastra Ergodik Dalam Gim Zepeto: Kajian Ludologi. In Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS (pp. 231-235).

Walter, Damien. (2014). I tell you, ergodic is the future of fiction. Diakses melalui https://damiengwalter.com/2014/07/25/i-tell-you-ergodic-is-the-future-of-fiction/.

Tredwell-Owen, C. (2004). The Island. Daily Script, 4(4), 121–129. Retrieved from https://www.dailyscript.com/scripts/theisland.pdf

Published

2024-10-16

How to Cite

Maharanny Setiawan Poetri. (2024). Gembala Manusia dalam Naskah Film The Island: Nekropolitik Mbembe. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4213–4218. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4156

Issue

Section

Articles

Categories