Implementasi Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi dengan Model Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Ngrambe
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) asesmen pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian meliputi peristiwa pembelajaran, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi pasif, analisis dokumen, dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode dan review informan. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, modul ajar yang disusun guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Ngrambe sudah lengkap dan sesuai dengan format penyusunan modul ajar yang mencakup informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Kedua, pelaksanaan pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model PBL di kelas XI SMAN 1 Ngrambe berjalan dengan baik dan sesuai dengan sintak PBL. Ketiga, asesmen pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka ini adalah asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model Problem Based Learning sudah berjalan dengan baik sesuai dengan modul ajar dan sintak PBL. Guru dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Downloads
References
Adnyana, I. K. S. (2023). Penilaian Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(2), 343–359.
https://doi.org/10.59672/stilistika.v11i2.2849
Aeni, E. S., Wuryani, W., & Rostikawati, Y. (2019). Penerapan Metode Copy The Master pada Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 3(2), 50–65.
Agung, H. D., Anugrahana, A., & Ariyanti, P. B. Y. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Perubahan Cuaca dan Pengaruhnya terhadap Manusia dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas III SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2980–2984.
Ebe, A., Jumadi, Herniyastuti, & Adhari, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Tanasitolo. International Journal of Educational Research, 4(1), 13–22.
Fadilla, A. R., Suhardi, & Sudiati. (2023). Implementasi Penilaian Autentik Bahasa Indonesia Bermuatan Literasi Digital-Industri di SMK dalam Paradigma Kebijakan Edukasi 5.0. Nuansa Akademik : Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(2), 277–298. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/1681
Fadli, R. M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Gudu, S. (2020). Efektivitas Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Maumere. Journal on Teacher Education, 2(1), 101–117.
https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.991
Hasibuan, S. A., & Tarigan, F. N. (2022). Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Mahasiswa dengan Metode WH-Questions. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 278–284. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.25085
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kemendikbudristek.
Nurfidah, Rosdiyanti, E., & Khairunnisah, N. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(2), 1518–1522. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3246
Nursalam, Sulaeman, & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
Oktaviani, R. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa STKIP BIM. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 257–276. https://doi.org/dx.doi.org/10.30651/else.v6vi2i.11095
Praptanti, I. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi Berbasis Strategi Role Audience Format Topic (RAFT) Berbantuan Media Video Peristiwa Aktual pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 31.
https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9740
Riyansyah, Suparman, F., & Agustiani, T. (2020). Analisis Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 03 Simpenan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 33–38. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra
Sidiq, U. & Choiri M.M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Sori, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 257–266.
https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1361
Tarigan, F. N., & Efrizah, D. (2022). Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Teks Argumentasi Melalui Problem Based Learning. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(4), 69–74. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i4.476
Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.
Zahara, S. F., Siregar, K., & Harahap, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 95–100.
Copyright (c) 2024 Anggita Aprilliany Firdaus, Budhi Setiawan, Sarwiji Suwandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.