Implementasi Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi dengan Model Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Ngrambe

  • Anggita Aprilliany Firdaus Universitas Sebelas Maret
  • Budhi Setiawan Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Sarwiji Suwandi Universitas Sebelas Maret Surakarta
Keywords: Pembelajaran, Menulis Teks Argumentasi, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) asesmen pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian meliputi peristiwa pembelajaran, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi pasif, analisis dokumen, dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode dan review informan. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, modul ajar yang disusun guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Ngrambe sudah lengkap dan sesuai dengan format penyusunan modul ajar yang mencakup informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Kedua, pelaksanaan pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model PBL di kelas XI SMAN 1 Ngrambe berjalan dengan baik dan sesuai dengan sintak PBL. Ketiga, asesmen pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka ini adalah asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran menulis teks argumentasi dengan model Problem Based Learning sudah berjalan dengan baik sesuai dengan modul ajar dan sintak PBL. Guru dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, I. K. S. (2023). Penilaian Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka. Stilistika : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(2), 343–359.

https://doi.org/10.59672/stilistika.v11i2.2849

Aeni, E. S., Wuryani, W., & Rostikawati, Y. (2019). Penerapan Metode Copy The Master pada Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 3(2), 50–65.

Agung, H. D., Anugrahana, A., & Ariyanti, P. B. Y. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Perubahan Cuaca dan Pengaruhnya terhadap Manusia dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas III SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2980–2984.

Ebe, A., Jumadi, Herniyastuti, & Adhari, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Tanasitolo. International Journal of Educational Research, 4(1), 13–22.

Fadilla, A. R., Suhardi, & Sudiati. (2023). Implementasi Penilaian Autentik Bahasa Indonesia Bermuatan Literasi Digital-Industri di SMK dalam Paradigma Kebijakan Edukasi 5.0. Nuansa Akademik : Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(2), 277–298. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/nuansaakademik/article/view/1681

Fadli, R. M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Gudu, S. (2020). Efektivitas Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Maumere. Journal on Teacher Education, 2(1), 101–117.

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.991

Hasibuan, S. A., & Tarigan, F. N. (2022). Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Mahasiswa dengan Metode WH-Questions. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 278–284. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.25085

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Kemendikbudristek.

Nurfidah, Rosdiyanti, E., & Khairunnisah, N. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP Harapan Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(2), 1518–1522. https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3246

Nursalam, Sulaeman, & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769

Oktaviani, R. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa STKIP BIM. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 257–276. https://doi.org/dx.doi.org/10.30651/else.v6vi2i.11095

Praptanti, I. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi Berbasis Strategi Role Audience Format Topic (RAFT) Berbantuan Media Video Peristiwa Aktual pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 31.

https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9740

Riyansyah, Suparman, F., & Agustiani, T. (2020). Analisis Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 03 Simpenan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 33–38. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra

Sidiq, U. & Choiri M.M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Sori, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 257–266.

https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1361

Tarigan, F. N., & Efrizah, D. (2022). Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Teks Argumentasi Melalui Problem Based Learning. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(4), 69–74. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i4.476

Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.

Zahara, S. F., Siregar, K., & Harahap, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 95–100.

Published
12-07-2024
How to Cite
Firdaus, A. A., Budhi Setiawan, & Sarwiji Suwandi. (2024). Implementasi Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi dengan Model Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Ngrambe. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3223-3233. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4102
Section
Articles