Pemerolehan Aspek Leksikon dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia: Sebuah Studi Kasus Anak Naya di Ponorogo

  • Bambang Eko Hari Cahyono Universitas PGRI Madiun
  • Diah Ayu Sawitri Universitas PGRI Madiun
Keywords: pemerolehan bahasa, leksikon, struktur kalimat, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pemerolehan bahasa aspek leksikon dan struktur kalimat pada Naya, anak usia 4 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui sumber data, yaitu informan sebanyak 2 orang, yaitu Naya dan orang tuanya, aktivitas keseharian informan, dan dokumen atau data yang terkait dengan latar belakang informan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara secara mendalam, dan dengan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif dengan 3 tahap kegiatan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Naya sebagai informan penelitian telah menguasai kosa kata/leksikon dalam jumlah yang cukup banyak, meliputi nomina, verba, adjektiva, adverbial, dan kata tugas. Jenis kosa kata yang paling banyak dikuasai adalah nomina dan verba, sedangkan yang paling sedikit dikuasai adalah jenis kata tugas. Kosa kata yang dimiliki informan memiliki karakter kosa kata agraris karena sebagian besar masyarakat sekitar informan merupakan lingkungan pedesaan dengan mata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Dalam bidang struktur, Naya telah mampu menyusun kalimat yang bervariasi. Kalimat yang disusun sebagian besar berbentuk kalimat tunggal, dan sebagian kecil berbentuk kalimat majemuk setara dan kalimat topik-komen. Dalam tataran struktur, terjadi interferensi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dalam kalimat yang diujarkan oleh informan,  karena informan hidup di tengah-tengah lingkungan yang dwibahasawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahadiani, L., Wahyuningsih, Puspitasari, D. (2022). Pemerolehan Fonologi dan Leksikon terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 3.5-4.5 Tahun di PAUD Taman Posyandu Pelita Hati Magetan: Kajian Psikolinguistik. Shambhasana: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 30-40. file:///C:/Users/USER/Downloads/3153-8354-1-PB.pdf

Alkhaerat, M. & Juanda (2023). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2 Tahun 7 Bulan dalam Aspek Fonologi. Jurnal Pelita PAUD, 8(1),227-234. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3570

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., Moeliono, A., (2008). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Amini, M., (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id

Apriani, T., Santoso, A. B., Puspitasari, D. (2019). Pemerolehan Fonologi dan Leksikon pada Anak Usia 3.6 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 1-9. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v7i1.4531.

Bogdan, R.C. & Taylor, S.J. (1975). Introduction to Qualitative Research Method. New York: A Wiley Inscience Publication.

Bullock, B. E. & Toribio, Almeida Jacqueline (Ed.). (2009). The Cambridge handbook of linguistic code-switching. Cambridge: Cambridge University Press.

Cahyono, B.E.H. (2015). Model Pembelajaran Cerita Pendek Berbasis Pengembangan Kreativitas bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Se-Eks Karesidenan Madiun. Hasil Penelitian Hibah Doktor Kemenristekdikti (tidak diterbitkan).

Diani, I., Yunita, W., & Syafryadin, S. (2019). Interferensi Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 2 November 2019, 164-173. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10291/5169

Elberti, I. P. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun dalam Bahasa Sehari-hari. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 46–57. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3682

Fakhriyah, F. N. (2020). Media Youtube Sebagai Sarana Pemerolehan Bahasa B2 Anak Usia 3-5 Tahun (Studi Kasus Dua Orang Anak). Kadera Bahasa, 12(1), 48–57. https://doi.org/10.47541/kaba.v12i1.111

Firmansyah, M. A. (2021). Interferensi dan Integrasi Bahasa. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 8(1), 46–59. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v8n1.p46-59

Fitria, D., Sartika, R. (2021). Pemerolehan Bahasa Jenis Kalimat dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia Anak Usia 3;0-4;0 Tahun di PAUD Bimba Aiueo.Unika Atma Jaya, 13−15 Juli 2021.https://kolita.atmajaya.ac.id/assets/uploads/K19/98-103%20Dian%20Fitria%20dan%20Rina%20Sartika.pdf

Hauri, R.F. (2017). Java Language Interference In Indonesian Language In The Learning Process At Fifth Grade Students of Public Elementary Schools 83/Ix, Talang Belido Village, Sungai Gelam, Muaro Jambi, Jambi Province. Jurnal Bebasan, 4(2), 76-85.

Hidayat, R. & Setiawan, T. (2015). Interferensi Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia pada Keterampilan Berbicara Siswa SMA Negeri 1 Pleret, Bantul. Lingtera 2(2), 156-168. http://dx.doi.org/10.21831/lt.v2i2.7374

Ihsan, N. (2021). Pemerolehan Leksikon Pada Anak Usia 2 Tahun. Adabiyyat: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 244-265.file:///C:/Users/USER/Downloads/1729-4866-1-PB.pdf

Jamal, H.S. & Setiawan, H. (2021). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2,8 Tahun Berdasarkan Mean Length of Utterance dalam Aspek Fonologi Morfologi dan Sintaksis. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3816-3827. file:///C:/Users/USER/Downloads/1249-4879-1-PB%20(1).pdf

Kholilullah. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita jurnal penelitian sosial dan keagamaan. 10 (1).www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id

Lestari, P. (2022). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3-5 Tahun di Kelurahan Lubuk Lintang Kabupaten Seluma (Kajian Fonologi). Skripsi Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Tadrais, Univerasitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu (diterbitkan). Bengkulu: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9605

Mamudi, L. S. J., (2017). Analisis Struktur Kalimat dalam Jurnal The Popular Culture Studies Journal Volume 1. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi 2 (2), 1-15.https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jefs/article/view/17783

Markus, N., Kusmiyati, K., Sucipto, S. (2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. FONEMA, 4(2), 102-115. https://doi.org/10.25139/fonema.v4i2.762

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. 2nd Ed. California: Sage Publication.

Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, T., Sulistyani, S., & Herman, H. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early Children’s Critical Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992-5002. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2951

Nikolaus, M., & Fourtassi, A. (2023). Communicative Feedback in language acquisition. New Ideas in Psychology, 68, 100985. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2022. 100985

Nurmila, S. & Ntelu, A. (2023).Penguasaan Penguasaan Kosakata pada Anak Usia 2 Sampai 3 Tahun di Kecamatan Bunobogu Kabupaten Buol. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 4(1), 141-150.https://doi.org/10.37905/jjll.v4i1.20515

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.

Qalbi, S. U. (2020). Jenis Kalimat pada Tuturan Anak Usia Empat Tahun: Kajian Sintaksis. Jurnal Disastra,2(1). http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v2i1.3119

Rahardi, F.M., Audina, S.Z., Rabbani, L.A.H., Ananda, A.I., Marchelino, B., Hayati, E.N. (2023). Interferensi Dialek Bahasa Jawa Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Komunikasi. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 972972972-972972981. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.252

Yolan, Suparman, S., & Besse Herdiana. (2024). KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNKAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI II WALENRANG. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 1(2), 102-108. https://doi.org/10.51574/vokatif.v1i2.1736

Rosita. (2017). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Di Desa Mattirowalie Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru (Kajian Psikolinguistik). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar (tidak diterbitkan). Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sari, A. W., Syahrul, R., Juita, N. (2013).Penguasaan Kalimat Anak Usia Dini di TK Aisyiyah 14 Padang. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran,1(1), 21-30.https://ejournal.unp.ac.id/index.php/bsp/article/view/5030

Setyaningsih, A., & Katoningsih, S. (2022). Installation of Language In Communicating Early Children Age 5-6 Years. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(2),68–70. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i2.11879

Shaumiwaty, S., Fatmawati, E., Sari, H. N., Vanda, Y., & Herman, H. (2022). Implementation of Augmented Reality (AR) as A Teaching Media in English Language Learning in Elementary School. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6332-6339. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3398

Siregar, T. M. S. (2017). Menganalisis Kalimat pada Anak Usia Dini (2-3 Tahun / Siswa Play Group). Bahas, 27(1), 80-93. https://doi.org/10.24114/bhs.v27i1.5684

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U.,(2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama

Suktiningsih, W. (2016). Leksikon Fauna Masyarakat Sunda: Kajian Ekolinguistik. Retorika, 1(2), 142-160.https://doi.org/10.22225/jr.2.1.54.142-160

Supriatna, E. (2016). Menemukan Pemerolehan Bahasa Kelas Kata Verba, Nomina, dan Adjektiva pada Anak Usia 3 Tahun 10 Hari. Semantik, 5(1),34-54.https://doi.org/10.22460/semantik.v5i1.p34%20-%2054

Susanti, S., Rahmasandy, A. A., Supriatna, E., & Rosi, R. (2018). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 1 Tahun 6 Bulan dari Segi Sintaksis. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 11-24. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1582

Syafril, S., Kuswanto, C.W., Muriyan, O., & Syafril, S. (2020). Dua Cara Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan-Gerakan Senam. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 104–114. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1172

Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun di Paud Lestari Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 74-83. https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1346.

Zahro, U. A., Noermanzah, N., Syahryadin, S. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020, 187-198. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/ 956/.

Published
10-07-2024
How to Cite
Bambang Eko Hari Cahyono, & Diah Ayu Sawitri. (2024). Pemerolehan Aspek Leksikon dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia: Sebuah Studi Kasus Anak Naya di Ponorogo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3144-3162. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4062
Section
Articles