Interferensi Bahasa Tialo terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Masyarakat Kabupaten Parigi Moutung
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu bentuk interferensi yang terjadi pada masyarakat desa Taopa Barat Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutung, beserta penyebab-penyebab terjadinya interferensi yaitu 1) Kemampuan penutur dalam melafalkan dua bahasa yang menyebabkan terjadinya interferensi, 2) tipisnya kesetiaan pelafal atau penutur bahasa penerima, 3) tidak cukupnya kosakata bahasa pertama, 4) menghilangnya beberapa kosakata yang jarang digunakan, 5) kebutuhan persamaan kata/sinonim. Mengapa interferensi bahasa Tialo terhadap penggunaan bahasa Indonesia bisa terjadi pada masyarakat desa Taopa Barat? Hal itu, dikarenakan di daerah tersebut tidak hanya ditinggali oleh satu suku saja melainkan ada beberapa suku, sehingga mengharuskan masyarakat penduduk asli menggunakan bahasa indonesia yang notabenya belum mereka kuasi secara utuh. Tidak sedikit masyarakat Desa Taopa Barat yang belum menguasai bahasa Indonesia atau bisa juga sebaliknya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, yang mengharuskan peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi atau data yang diharapkan. Subjek penelitian ini adalah masyarat Desa Taopa Barat, objek pada penelitian ini yaitu Interferensi Bahasa Tialo Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Teknik pengumpilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik sadap, teknik sibat libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yaitu masih banyak masyarakat yang melakukan komunikasi dengan memasukan dua unsur bahasa di dalamnya sehingga menyebabkan terjadinya interferensi bahasa atau penyimpangan dengan berbagai bentuk interferensi, yaitu interferensi fonologi, interferensi morfologi, dan interferensi sintaksis.
Downloads
References
Albana, H. H., Marzuki, A. G., Alek, A., & Hidayat, D. N. (2020). Cohesive Devices in Student’s Writing (A Discourse Analysis on Argumentative Text). Jurnal Pendidikan Humaniora, 8(1), 6-11.
Alek, A., Marzuki, A. G., Hidayat, D. N., Islamiati, F. A., & Raharjo, A. R. (2020). ‘‘Why She Disappeared’’(A Study of Illeism in Poetic Discourse). Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 7(2), 447-453.
Ardyaksa, A. S., Thomas, D.H. 2016. Pengaruh Film Alternatif terhadap Emosi. Gadjah Mada Journal of Psychology. Vol. 2 (1): 1-7.
Ghassani, A., Catur, N. 2019. Pemaknaan Rasisme dalam Film (Analisis Resepsi Film Get Out). Jurnal Manajemen Maranatha. Vol. 18(2): 127-134.
Haucsa, G. M., Marzuki, A. G., Alek, A., & Hidayat, D. N. (2020). Illocutionary Speech Acts Analysis in Tom Cruise's Interview. Academic Journal Perspective: Education, Language, and Literature, 8(1), 11-19.
Muhamad Muasa Ala. Ahmad Miftahudin. Darul Qutni. Inteferensi fonologis dan gramatikal siswa kelas VII Mts N kudus dalam pembelajaran bahasa arab (kajian sosiolinguistik). Journal of Arabic learning and teaching. 2019. P- ISSN 2252-6269.
Surana. Interferensi dan problematika pemebelajaran analisis wacana. PS PBSI FKIP Universitas Jember. Hlm 237.
Rahmat Hidayat. Teguh Setiawan. Inteferensi bahasa jawa ke dalam bahasa
Indonesia pada keterampilan berbicara siswa negeri 1 Pleret. Bantul.
Oktober 2015. Vol 2. Hlm (156-168).
Karmila S. Karim. (2014). Inteferensi bahasa Indonesia dialek manado terhadap penggunaan bahasa Indonesia pada siswa SMPN 1 Bunobogu
Urohmah. Shifa. (2023). Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV C SDN Taktakan 1. Universitas Pendidikan Indonesia.
Metode Penelitian Bahasa. Tahapan Pelaksanaan Penelitian. Hlm. 90. Sita Anak Saleh. Analisis Data Kualitatif. Hlm 14-15. Https://osf.io/aubth/download.
Rahmat Hidayah (2015). Interferensi Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia pada Keterampilan Berbicara siswa negeri 1 Pleret, Bantul. Hlm. 156-168. Vol 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp/article/view/7374
Muhdie Amir Karim. Tita Febryta. (2022). Analisis Interferensi Morfologi Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia dalan film “Sepatu Dahlan” Karya Benni Setiawan. vol 12. No 3.
https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/article/view/16002
Rohmatul Faizah. (2019). Interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia Dalam.
Berbahasa Arab.
Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.
Mutaharoh. (2018). Interferensi Morfologi Dalam Karang Narasi Mahasiswa Thailand Semester IV Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang. Vol 1. No 1.
Irni Cahyani. (2017). Intereferensi Sintaksis Bahasa Katingan Terhadap Bahasa Indonesia di SMPN 1 Katingan Tengah Kabupaten Katingan Kalimatan Tengah. Vol 6. No 2.
Copyright (c) 2024 Ulfah Ulfah, Fatimah Fatimah, Abdul Gafur Marzuki, Juniati Juniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.