Kontra Ideologi Rasisme dalam Iklan Kosmetik dan Kecantikan: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough

  • Ninik Elika Universitas Diponegoro
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Diponegoro
Keywords: analisis wacana kritis, kontra, ideologi, rasisme, iklan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membedah serta mendeskripsikan kontra ideologi rasisme dalam iklan kosmetik dan kecantikan. Iklan sebagai salah satu media untuk mempersuasi seseorang dengan menawarkan suatu produk serta jasa terhadap masyarakat sasaran. Bermacam-macam produk yang ditawarkan dalam iklan seperti barang pokok, makanan, minuman hingga produk kecantikan. Iklan juga dapat digunakan untuk praktik sebuah ideologi terhadap masyarakat. Seperti, dalam produk kecantikan dimana beberapa perempuan akan membuat stigma sendiri terhadap definisi cantik melalui ideologi yang disiratkan oleh iklan atau wacana. Penelitian ini berusaha membongkar ideologi yang tersirat pada produk kosmetik dan kecantikan dalam iklan. Metode penelitian ini adalah paradigma deskriptif kualitatif menggunakan ancangan analisis wacana kritis oleh Norman Fairclough yang dibagi menjadi tiga analisis yaitu 1) analisis mikrostruktural 2) analisis mesostruktural dan 3) analisis makrostruktural. Data dikumpulkan menggunakan teknik dengar, catat dan simak. Data diambil dari youtube yang kemudian ditranskripsikan pada dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan kosmetik berusaha definisi cantik yang baru untuk perempuan yaitu kulit yang glowing bukan lagi putih sebagai bentuk kontra ideologi rasisme, karena adanya kritik pada iklan kosmetik dan kecantikan pada perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aden, Z., Syaputra, D. D., & Diva Rigata, D. E. (2021). Putih sebagai Kulit Ideal: Representasi Warna Kulit Perempuan Ideal dalam Iklan Dove Body Wash Tahun 2017. Jurnal Audiens, 3(1), 91–102. https://doi.org/10.18196/jas.v3i1.11806

Adiwi, Sri. K., Sunaryo, A., & Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Eliani, I. (2016). Ideologi Kecantikan dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotik terhadap Iklan POND’S Versi Gadis Balerina. ResearchGate.

Fairclough, N. (2010a). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language (2nd ed.). Routledge Taylor & Francis Group.

Fairclough, N. (2010b). Dialectics of Discourse: Theoritical developments. In Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language (2nd ed., pp. 163–167). Routledge Taylor & Francis Group.

Fairclough, N. (2010c). Language and Ideology. In Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language (2nd ed., pp. 56–67). Routledge Taylor & Francis Group.

Fairclough, N. (2010d). Methodology in CDA Research . In Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language (2nd ed., pp. 225–230). Routledge Taylor & Francis Group.

Gilson, Christopher. C., & Berkman, Harold. W. (1980). Adversiting Concepts and Strategies. CiNii Books.

Halliday, M. A. K., & Matthiessen, C. M. I. M. (2013). Halliday’s Introduction to Functional Grammar (4th ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203431269

Higgins, J. (1982). Raymond Williams and the Problem of Ideology. Boundary 2, 11(1–2), 145–154.

Liliweri, A. (2005). PRASANGKA & KONFLIK: Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultur (M. Alfayadli, Ed.; Vol. 1). PT. LKiS Printing Cemerlang.

Storey, J. (2014). Teori Budaya dan Budaya Pop, Memetakan Lanskap Konseptual Cultural Studies. Profetik: Jurnal Komunikasi.

Sunahrowi, N. (2019). KRITIK DAN RASISME DALAM ‘POÈME À MON FRÈRE BLANC’ KARYA LÉOPOLD SÉDAR SENGHOR. SUAR BETANG, 13(2). https://doi.org/10.26499/surbet.v13i2.84

Tirahmawan, J., Melody, B. A. L., & Ahly, M. N. N. (2021). Rasisme Terhadap Kulit Hitam dalam Iklan H&M. Jurnal Audiens, 2(1). https://doi.org/10.18196/jas.v2i1.8708

Vitriyani, N. T. (2007). Representasi Kecantikan Dalam Iklan Kosmetik The Face Shop. SCRIPTURA JURNAL ILMIAH KOMUNIKASI, 1(2).

Wahyuni, W., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 20-40.

Worotitjan, G. H. (2014). Konstruksi Kecantikan Dalam Iklan Kosmetik Wardah. JURNAL E-KOMUNIKASI, 2(2).

Published
26-06-2024
How to Cite
Ninik Elika, & Nurhayati, N. (2024). Kontra Ideologi Rasisme dalam Iklan Kosmetik dan Kecantikan: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2833-2845. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3970
Section
Articles