Strategi Media Daring Kompas.com dalam Membentuk Identitas Sepak Bola Nasional: Analisis Wacana Model Theo van Leeuwen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi eksklusi dan inklusi pemberitaan Timnas Indonesia pada surat kabar Kompas.com serta untuk menganalisis implikasi strategi pemberitaan Timnas Indonesia di Kompas.com terhadap konstruksi identitas sepak bola nasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa berita yang memuat informasi mengenai timnas Indonesia pada ajang Piala AFC 2024. Sumber datanya merupakan artikel-artikel yang dipublikasikan oleh surat kabar daring Kompas.com terkait peristiwa tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian dikumpulkan dengan cara simak catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi dengan menggunakan panduan analisis wacana kritis model Theo van Leeuwen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah ditemukan ciri strategi eksklusi meliputi (1) pasivasi, (2) nominalisasi. Adapun ciri strategi inklusi yang ditemukan meliputi: (1) diferensiasi-indeferensiasi, (2) objektivasi-abstraksi, (3) kategorisasi, (4) identifikasi, (5) individualisasi, (6) asosiasi. Dalam implikasinya, pemberitaan Timnas Indonesia di Kompas.com dapat memengaruhi persepsi publik tentang sepak bola nasional dalam beberapa cara yaitu melalui pengaruh terhadap citra timnas Indonesia, pengaruh terhadap harapan, perbedaan antara citra media dan realitas lapangan, respons dan persepsi pembaca, pengaruh terhadap dukungan dan keterlibatan.
Downloads
References
Andheska, H. (2015). Ekslusi dan inklusi pada rubrik Metropolitan Harian Kompas: Analisis wacana kritis berdasarkan sudut pandang Theo Van Leeuwen. Jurnal Bahastra, 34(1), 51-68.
Badara, Aris. 2012. Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media. Jakarta: Kencana.
Eriyanto. 2009. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.
Hakim, F., Darmayanti, N., & Rachmat, A. (2018). Pemberitaan Konflik antara Viking dan Jakmania dalam viva. co. id: Suatu Kajian Wacana Kritis. Jurnal Linguistik Terapan, 33-41.
Haryatmoko. (2017). Critical Discourse Analysis: (Analisis Wacana Kritis), Landasan Teori, Metodologi dan Penerapan (Cetakan 2). Rajawali Pers.
Imron, M., Junal, J., & Masnawati, E. (2022). Wacana Rubrik Kriminal di Media Daring Jawa Pos Radar Madura. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(1), 99-110.
Kanita, E. S., Rosalina, S., Triyadi, S. (2023). Analisis Wacana Kritis Theo Van Leeuwen pada Pemberitaan Kekerasan Seksual dalam Kompas. Com Edisi September-Desember 2021 sebagai Rekomendasi Bahan Ajar Teks Berita di SMA. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 383-394.
Laily, A. I., Mulawarman, W., & Putri, N. Q. H. (2020). Analisis Wacana Kritis Teks Berita Kampus Pada Media Online Sketsaunmul. Co: Model Theo Van Leeuwen. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 3(1), 23-27.
Leeuwen, T. Van. (2008). Discourse and Practice: New Tools for Critical Analysis. Oxford University Press.
Mujianto, G. (2018). Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Tentang Ormas Islam Pada Situs Berita Online. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 155. https://doi.org/10.22219/KEMBARA.Vol4.No2.155-172.
Pauji, E. L., Rosi, R., Sudrajat, R. T. (2019). Analysis of the Critical Discussion of Theo Van Leeuwen's Inclusion Theory in News Meeting Corruption Taken from pikiran Rakyat dan Tribun Jabar Edition January 2019. Jler: Journal of Language Education Research, 2(3), 14-21. https://doi.org/10.22460/jler.v2i3.p14-21.
Putri, A. A., & Subadri, I. H. (2021). Analisis Wacana Kritis Theo van Leeuwen Kasus Baku Tembak Anggota Laskar FPI. Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 35-43.
Prasetya, R. C., & Junaidi, A. (2022). Strategi Jurnalis Olahraga dalam Meningkatkan Antusiasme Masyarakat terhadap Olahraga Sepak Bola di Indonesia. Kiwari, 1(4), 620-627.
Rika, U. N., & Khusni, S. (2024). Kajian Studi Wacana Kritis Teori Theo Van LeeuweenTerhadap Berita Palestina Pada Liputan Sindo News. Com. ARIMA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 251-255.
Rosmita, E. (2019). Strategi Inklusi dalam Berita Kriminalitas Tema Perkosaan Surat Kabar Harian Pagi Posmetro Padang: Kajian Analisis Wacana Kritis Perspektif Theo Van Leeuwen. Inovasi Pendidikan, 6(1).
Saputro, M. O., Suryono, J., & Widodo, Y. (2023). Analisis Framing Tragedi Kanjuruhan Pada Media Online CNN Indonesia. Media and Empowerment Communication Journal, 2(1), 40-48.
Sobari, T., Abdurrokhman, D., Sadiah, L. (2018). Analisis Eksklusi dan Inklusi pada Berita Pembebasan Lahan Kulon Progo Berdasarkan Model Theo Van Leeuwen. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 43-54.
Surastina. (2016). Pengkajian Wacana: Sebuah Pengantar. Elmatera.
Wati, M. L. K., Rustono, R., & Mardikantoro, H. B. (2023). Theo Van Leeuwen Critical Discuss Analysis on Murder Theme of Criminal News in Cnn. com and Detik. com. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 7(1), 137-159.
Yuliana, N., Adi Syaiful Muchtar, & Moh Atikurrahman. (2023). KUASI NARASI, KUASA GRAMATIKA: STRATEGI INKLUSI VAN LEEUWEN DALAM PEMBERITAAN MAHASISWA TOLAK KENAIKAN HARGA BBM: Narrative Quality, Gramatic Power: Van Leeuwen’s Inclusion Strategy in Student Reporting Rejecting The Increase of Fuel Price. TOTOBUANG, 11(1). https://doi.org/10.26499/totobuang.v11i1.427.
Copyright (c) 2024 Efaphras Cinta Tyas Gusti, Eti Setiawati, Warsiman Warsiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.