Pengembangan Bahan Ajar Semantik Berbasis Multimedia dengan Google Sites
Abstract
Penelitian ini dikaukan untuk mengembangkan bahan ajar semantik berbasis multimedia dengan menggunakan Google Sites dan mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa dalam belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui pemanfaatan teknologi, khususnya dalam pengembangan bahan ajar yang inovatif dan interaktif. Penelitian ini termasuk Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Desain, Define, Development, Desiminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa dan 2 orang dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Dari hasil validasi bahan ajar, diketahui bahwa bahan ajar semantik berbasis multimedia dengan Google Sites memenuhi kriteria sangat valid dengan rerata nilai 90, sedangkan hasil belajar mahasiswa secara keseluruhan yaitu, nilai 28 orang mahasiswa dinyatakan tuntas dengan persentase 90,3%, dan nilai 2 orang mahasiswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 9,7% dengan demikian bahan ajar semantik berbasis multimedia dengan Google Sites dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Bahan ajar semantik berbasis multimedia mendapat respons positif dari dosen dan mahasiswa, sehingga penggunaan google sites dalam pembelajaran dinyatakan praktis
Downloads
References
Afrianto, A., Parjito, P., Kasih, E. N. E. W., Azahra, R. R., & Kaban, S. P. P. 2022. Alternatif Pengelolaan Pembelajaran Dalam Jaringan: Google Sites. Madaniya, 3(4), 776-783.
Anindita, Heri, & Wening. 2024. Research and Development Journal of Education 10 no. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/23379
Corpuz, P. (2023). Integrating 7E Instructional Learning Cycle in Developing Instructional Material using Google Site in General Mathematics. Psychology and Education: A Multidisciplinary Journal, 11(5), 447-460.
Chaer, A. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah. 2019. Idaarah Jurnal Manajemen Pendidikan no. 3 https://core.ac.uk/download/pdf/276535162.pdf
Harsanto, B. (2017). Inovasi pembelajaran di Era Digital: menggunakan Google sites dan media sosial. Unpad press.
Hendriawan, W., Yunianta, T. N. H., & Setyadi, D. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Steam Untuk Materi Dimensi Tiga. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 281-295.
Ihsan, Aisyah, Tri, Nur, Maniah, Fauzan, Herni, & Ahmad. (n.d.). Multimedia dan Sains Penerapan Teknologi untuk Penelitian dan Penyampaian Informasi. Bandung: Widina Media Utama.
Johdi, H., Gunawan, G., Ayub, S., & Kosim, K. 2024. The Effectiveness of Interactive Google Sites-Based Learning Media on Students' Conceptual Understanding. Indonesian Journal of STEM Education, 6(2), 55-62.
Kurniawan, Andri dkk. 2023. Semantik. Padang Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.
Mardin, H., & Nane, L. (2020). Pelatihan pembuatan dan penggunaan google sites sebagai media pembelajaran kepada guru madrasah aliyah se-kabupaten boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2), 78-82.
Mayeer, R.E. 2009. Multimedia Learning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi. Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhammad, Ekky, & Taufik. (2023). SEIKO Journal of Management Business 6 no. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/5549
Nugroho, M. K. C., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajasan Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59-70.
Pratiwi, N. F., Istihapsari, V., & Widayati, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google Sites sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas XI. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 735-742.
Smaldino, dkk. 2014. Instructional Technology & Media For Learning (Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Susanti, E., Septiana, S., Meilinda, S., & Rosa, I. M. 2023. The Effectiveness of Using Google Sites-Based E-Modules to Optimize Critical Thinking Skills: Student Perceptions Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 10555-10561.
Sutrisno A.P., Ahmad Rozy. Penerapan Metode Sugeno dalam Memprediksikan Turun Naiknya Harga Jual pada PT.Yuki Abadi. Jurnal Minfo Polgan: Vol. 12 No. 2 (2023).
Sutopo, H. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia. Tersedia: http://www. topazart. info/teks_teaching/mat/flash/tutorialBahanAjar Multimedia. Pdf. https://repository.unibos.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/6465/ebook%20SEMANTIK.pdf?isAllowed=y&sequence=1
Copyright (c) 2024 Anin Asnidar, Junaid Junaid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.