Pengembangan Purwarupa Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Strategi Literasi pada Siswa Fase D

  • Nunik Eka Sugiyanti Universitas Negeri Jakarta
  • Fathiaty Murtadho Universitas Negeri Jakarta
  • Liliana Muliastuti Universitas Negeri Jakarta
Keywords: modul projek, kurikulum merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), strategi literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan  purwarupa modul projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui strategi literasi pada siswa fase D di SMPN I Cikupa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development melalui model 4D (Define, Design, Develop,  and  Disseminate).  Analisis  data dilakukan  dengan  teknik  kuantitatif  dan kualitatif   yang   diambil   melalui   penyebaran   kuesioner,   observasi,   dan   wawancara. Proses  validasi  dilakukan  kepada  ahli  media  dan  ahli  materi.  Hasil  validasi  ahli materi yang diperoleh adalah 4,83 dengan kriteria “Sangat Layak”, sedangkan hasil validasi ahli media sebesar 4,67 dengan kriteria “Sangat Layak.” Hasil pengembangan produk ini disebarluaskan  kepada  pengguna modul, yakni siswa kelas 7 fase D dan fasilitator P5 SMP Negeri 1 Cikupa. Setelah disebarluaskan, hasil tanggapan dari dua belas orang fasilitator dan lima puluh delapan siswa terhadap modul projek sebesar 4,30 memiliki kriteria “Sangat Layak.” Berdasarkan hasil  tersebut,  disimpulkan  bahwa  modul projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui strategi literasi pada siswa fase D, khususnya siswa kelas 7 di SMPN 1 Cikupa ini sangat layak untuk digunakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliah, A. N. (2021). Strategi Literasi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Di Mi Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2021.

Fadhil, A. (2023). Pengembangan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Kelas Iii Di Sd Muhammadiyah 9 Kota Malang. July, 1–23.

Harsiati, Titik, D. (2023). Benahi Literasi melalui Pembelajaran dan Assesmen.

Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, D., Dasar, P., Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, dan, Teknologi Tahun, dan, & Pembelajaran yang Menguatkan Literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama, I. (2021). Direktorat Sekolah Menengah Pertama.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.

Macalister, J., & Nation, I. P. (2019). Language Curriculum Design. 11(3), 277–278. https://doi.org/10.1177/1748895811401979

Ministry of Education. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf

Nur’aini, F., Ulumuddin, I., Sari, L. S., & Fujianita, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Pusat Penelitian Kebijakan, 3, 1–10.

Sabir, T. A. (2022). Strategi Literasi Media Baru Dalam Mengedukasi Masyarakat Mengenai Kekerasan Seksual (Studi Kasus pada Channel Youtube Remotivi). Universitas Hasanudin, i–150.

Zulhaida, S. (2023). Pengembangan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sdn Pengasinan 1 Skripsi. UIN JKT. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/74803

Published
08-06-2024
How to Cite
Sugiyanti, N. E., Fathiaty Murtadho, & Liliana Muliastuti. (2024). Pengembangan Purwarupa Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Strategi Literasi pada Siswa Fase D . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2582-2589. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3853
Section
Articles