Kontak Bahasa dan Perubahan Dialektika: Tinjauan Sosiolinguistik di Wilayah Perbatasan Kabupaten Pinrang dan Kota Parepare
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi fenomena kontak bahasa dan perubahan dialektal di wilayah perbatasan antara Kabupaten Pinrang dan Kota Parepare, dengan pendekatan sosiolinguistik. Melalui metode penelitian kualitatif, kami menganalisis jenis kontak bahasa yang terjadi, faktor-faktor yang memengaruhinya, dan dampaknya terhadap perubahan dialektal. Berdasarkan tinjauan pustaka tentang konsep kontak bahasa dan teori perubahan dialektal, serta data primer yang kami kumpulkan, kami mengidentifikasi profil komunitas bahasa, kondisi geografis, sosial, dan kultural wilayah perbatasan. Analisis kami menunjukkan adanya perubahan dialektal yang signifikan, terutama dalam penggunaan kosakata dan sintaksis, yang dapat ditelusuri kembali ke kontak intensif antara berbagai kelompok bahasa di wilayah ini. Implikasi sosiolinguistik dari temuan kami menyoroti perlunya perhatian dalam pemeliharaan dan pengembangan bahasa. Studi ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kompleksitas dinamika bahasa di wilayah perbatasan dan memberikan sumbangan penting bagi literatur sosiolinguistik regional.
Downloads
References
Achmad, Syarifuddin. (2012). Strategi Kesopanan Berbahasa Masyarakat Bugis Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 40(1).
Amalia Sholihah, R. (2018). Kontak Bahasa: Kedwibahasaan, Alih Kode, Campur Kode, Interferensi, dan Integras. Proceeding: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(1).
Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. (2014). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Dedad, M., & Akastangga, B. (2021). Dialek Sebagai Identitas Masyarakat Bahasa di Pulau Lombok. International Seminar on Austronesian Languages and Literature IX, 9(1).
Fauziah, S. (2015). Pemakaian Bahasa Daerah Dalam Situasi Kontak Bahasa. Al-Munzir, 8(2).
Hanifah, Sarah., & Laksono, Kisyani. (2022). Variasi Bahasa Dari Segi Penutur Dalam Web Series 9 Bulan Karya Lakonde: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Bapala 9(8).
Mahsun. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Masyithah. (2017). Pergeseran Bahasa Bugis Dialek Barru Pada Penutur Bahasa Bugis Dialek Barru Di Makassar (Tinjauan Sosiolinguistik). (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar).
Ningrum, Dwi Ira. (2019). Variasi Kata “Bagaimana” dalam Bahasa Jawa di Wilayah Perbatasan Kabupaten Malang dan Blitar. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 14(3).
Nuryani., Isnaniah, Siti., M., & Eliya, Ixsir. (2021). Sosiolinguistik Dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Multikultural: Teori dan Praktik Penelitian. Bogor: Penerbit IN MEDIA.
Puspitasari, Devi A, & Mintowati. (2021). Sosiolek Dalam Channel Youtube Gitte Agatha. Jurnal Sapala, 8(3).
Sukmana, Ayu., Wardarita, Ayu., & Ardiansyah, Arif. (2019). Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode Dalam Acara Mata Najwa Pada Sasiun Televisi TRANS7. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1).
Suhendar, Nanang. (2016). Ragam Bahasa Di Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Lokabasa, 7(1).
Suparman. (2021). Split pada Bahasa Bugis dan Bahasa Tae. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2).
Copyright (c) 2024 Siti Hardianti Kahar, Mujahida Mujahida, Arief Fiddienika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.